1. Beauty
  2. Sering Tak Disadari, Inilah 5 Tanda Wajah Kamu Butuh Eksfoliasi
Beauty

Sering Tak Disadari, Inilah 5 Tanda Wajah Kamu Butuh Eksfoliasi

Sering Tak Disadari, Inilah 5 Tanda Wajah Kamu Butuh Eksfoliasi

Ilustrasi Eksfoliasi Wajah. (iStock)

Ladiestory.id - Wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang penting untuk diperhatikan. Sayangnya, tak banyak yang tahu tanda wajah kamu butuh eksfoliasi. 

Masalah eksfoliasi menjadi cukup penting untuk menjadikan kulit senantiasa bersih dan glowing. Selain itu, menjadikan sel kulit mati isa terhangat dan laut tergenrasi secara maksimal. 

Namun, sebenarnya apa sih eksfoliasi itu? Perawatan satu ini merupakan proses pengelupasan pada kulit secara mendalam. Efek ini juga menjadikan wajah lebih halus dan sehat. 

Nah, eksfoliasi sendiri memiliki pilihan beragam mulai secara alami maupun bahan kimia. Namun, kamu bisa memilih sesuai kebutuhan kulit sehingga tetap aman. 

Meskipun eksfoliasi pada kulit bisa dilakukan secara alami setiap 28 hari sekali. Namun, dengan mengosfalsi kuli bisa juga membantu mencegah masalah hiperpigmentasi. 

Sebelum mencobanya sendiri di rumah, kamu wajib tahu nih tanda kuli membutuhkan eksfoliasi. Berikut ini adalah rangkumannya yang dilansir dari Healthline. com; 

Kulit Menjadi Kusam dan Kasar

Ilustrasi kulit wajah kusam. (Special)

 

Tanda wajah kamu butuh eksfoliasi yang pertama adalah kulit menjadi kusam dan kasar. Jika kamu tengah merasakan masalah ini, maka ini adalah waktu yang tepat. 

Ketika kamu merasa kulit menjadi lebih kusam. Kemudian, menggunakan produk serum untuk mengatasinya namun tidak memberikan hasil terbaik? Inilah tanda kamu memerlukan eksofliasi. 

Perawatan semacam ini membantu memunculkan kembali kulit baru. Kemudian, menghilangkan lapisan sel kulit mati yang berlebih. Alhasil, kulit senantiasa terawat dan membantu meremajakannya. 

Tampak Berminyak dan Kerap Jerawatan

Ilustrasi Kulit Berjerawat. (iStock)

 

Apakah kamu sering merangsang wajah yang berminyak dan jerawatan? Jika iya, maka ini adalah waktu untuk kamu menggunakan eksfoliasi. 

Terjadinya masalah kulit berminyak dan berjerawat biasanya dikarenakan adanya penumpukan kotoran yang tersembunyi di bawah permukaan kulit. Oleh karenanya, pengelupasan kulit bisa membantu menjadi sangat efektif. 

Kamu bisa menggunakan scrub atau tiner untuk menghilangkan tumpukan sebum dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Alhasi, bakteri jerawat bisa dihilangkan dan mencegahnya berkambnag biak. Wajah juga bebas dari masalah iritasi dan kemerahan.  

Kulit Tidak Terlihat Elastis 

Ilustrasi Kerutan. (iStock)

 

Tanda wajah kamu butuh eksfoliasi berikutnya adalah kulit terlihat berkerut dan tidak elastis. Kulit yang mengalami garis halus sera kerutan terjadi akibat terbentuknya kulit yang memproduksi sedikit kolagen. 

Hal ini dipengaruhi salah satunya oleh usia. Nah, ternyata masalah seperti kulit yan kurang esladti bisa diantarsi secara efektif dengan melakukan eksfoliasi. 

Diketahui, eksfoliasi bisa merangsang produksi kolagen lebih optimal. Hasilnya bisa menjadikan warna kulit lebih merata, kencang dan elastis. 

Tampilan Pori-pori yang Membesar

Ilustrasi pori-pori wajah. (Special)

 

Siapa nih yang tengah mengalami pori-pori membesar? Jika kamu salah satunya, maka ini waktu terbaik untuk mencoba eksfoliasi. 

Pengelupasan wajah tak hanya membantu membersihkan kotoran atau sel kulit mati yang menyumbat di pori-ori. Namun, juga mencegah masalah jerawat serta hiperpigmentasi. Sehingga, mengembalikan kesehatan kulit dan melembutkannya.

Perawatan satu ini juga bisa membantu meningkatkan produksi kolagen alami di kulit. Tak hanya itu, regenerasi jaringan kulit juga bisa bekerja lebih optimal dan mengencangkan pori-pori dan membuatnya mulus kembali. 

Munculnya Bintik Hitam di Wajah

Ilustrasi Masalah Flek Hitam. (iStock)

 

Tanda wajah kamu butuh eksfoliasi yang terakhir adalah munculnya bintik hitam di wajah. Kondisi ini biasanya dipengaruhi oleh paparan sinar matahari berlebih. 

Meskipun bintik atau flek hitam akan memudar seiring nya waktu. Namun, melakukan eksfoliasi bisa mempercepat prosesnya.

Kamu dapat menggunakan jenis eksfoliasi kimiawi untuk memperbaiki dan mengembalikan kondisi kulit. Selain itu, membantu meratakan warna kulit yang kurang sempurna. Jadi, tunggu apa lagi?

Demikian informasi mengenai tanda wajah kamu butuh eksfoliasi yang telah dirangkum untuk kamu. Semoga bermanfaat dan yuk, cobain eksfoliasi dari sekarang!

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel