1. Health
  2. Sering Dianggap Sepele, Ini Bahaya Catcalling
Health

Sering Dianggap Sepele, Ini Bahaya Catcalling

Sering Dianggap Sepele, Ini Bahaya Catcalling

Ilustrasi perempuan mengalami catcalling oleh laki-laki. (Special)

Ladiestory.id - Dalam kehidupan sehari-hari, pastinya kita pernah menjumpai ada seorang atau segerombol cowok yang bersiul atau menggoda cewek yang lewat di depannya. Padahal cowok tersebut tidak kenal sama sekali dengan cewek yang mereka goda atau siuli.

Kejadian seperti ini mungkin dianggap sepele, namun tahukah Kamu jika itu termasuk salah satu bentuk pelecehan seksual di ranah publik yang sering dikenal juga dengan istilah catcalling.

Bahaya dari Catcalling

Catcalling adalah siulan, seruan, komentar, atau gestur bertendensi seksual dan membuat orang merasa tidak nyaman, terganggu, malu, atau bahkan juga ketakutan. Tindakan cat calling ini biasanya dilakukan oleh cowok seorang diri atau beramai-ramai kepada cewek yang lewat di jalan. Namun yang perlu diketahui juga, cat calling bisa terjadi pada siapa saja, baik cowok maupun cewek.

Sekilas catcalling mungkin dinilai sebagai tindakan biasa yang dianggap wajar, padahal hal ini tidak sepenuhnya dibenarkan.

Diketahui juga tindakan catcalling sudah masuk ranah pelecehan seksual karena bisa mengakibatkan hal berbahaya berikut ini pada korbannya:

1. Memunculkan Perasaan Takut

Mendapatkan perlakuan catcalling dari orang asing tidak dikenal di jalan pastinya memunculkan rasa takut. Rasanya ingin segera lenyap dari tempat tersebut atau bahkan kapok untuk lewat jalan itu lagi ke depannya. Hal ini wajar terjadi karena tindakan catcalling memang sesuatu yang menjurus ke pelecahan seksual.

2. Mengganggu Privasi

Pernah kita mendengar ucapan “Cantik, mau kemana nih? Sendirian aja? Abang temenin ya”. Tindakan yang demikian tentunya cukup membuat risih karena memiliki niatan menggoda. Dan pastinya juga sudah mengganggu privasi seseorang. Jika kamu sering mendapatkan perlakukan seperti ini di kehidupan sehari-hari, sebaiknya lebih waspada dan berhati-hati.

3. Bisa Dijadikan Objek Seksual

Jika kamu pernah mengikuti berita di dunia entertainment Indonesia, pernah ada salah satu akstris yang mendapatkan kejadian tidak mengenakkan berupa cat calling. Sang aktris bercerita pernah digoda dan bahkan sampai dipegang bagian dadanya oleh orang lewat. Meskipun mengaku kaget, namun dirinya tidak bisa berbuat apa-apa. Sejak saat itu, artis yang diketahui bernama Hannah Al Rasyud mulai aktif melakukan kampanye tentang bahaya cat calling.

4. Berbeda dengan Bercandaan

“Manis, kok cemberut aja sih. Sini main sama abang”. Apakah kamu pernah mendengar atau pernah digoda demikian oleh seseorang? Jika iya, maka kamu sedang menjadi korban dari tindakan catcalling.

Sekilas mungkin terdengar seperti bercandaan biasa sampai-sampai orang-orang yang tersinggung karena ucapan ini dikatakan baper. Padahal yang sebenarnya contoh ucapan tersebut berbeda dengan bercanda dalam hal positif. Jika kamu sampai mendapatkan perlakukan catcalling yang demikian, sebaiknya waspada.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel