1. Health
  2. Sering Diabaikan, Ini Ciri-citi Kulit Kepala Kering
Health

Sering Diabaikan, Ini Ciri-citi Kulit Kepala Kering

Sering Diabaikan, Ini Ciri-citi Kulit Kepala Kering

Ilustrasi rambut rontok. (Special)

Ladiestory.id – Kulit kepala kering sering dianggap masalah sepele padahal ini sangat mengganggu jika sudah parah karena akan menimbulkan banyak efek, seperti gatal, bau, rambut rontok dan ketombe.

Kulit kepala yang sehat akan membuat Kamu percaya diri dan tidak khawatir jika akan mewarnai rambut atau mengubah gaya rambut. Lalu apa saja penyebab kulit kepala kering dan bagaimana ciri-ciri serta mengatasinya?

5 Penyebab Kulit Kepala Kering

Penyebab kulit kepala kering sangat bervariasi dari faktor internal dan eksternal, kamu tidak boleh mengabaikannya begitu saja, yuk simak apa saja yang membuat kulit kepala kamu kering nih:

1. Udara yang kering dan cuaca dingin

Ilustrasi orang menggunakan selimut. (Special)

Salah satu penyebab kulit kepala kering adalah cuaca dingin dan udara kering. Kondisi cuaca yang tidak stabil dapat mengeringkan kulit pada tubuh, termasuk kulit kepala. Selain itu, udara kering dari kontak yang terlalu lama dengan ruangan ber-AC dapat menyebabkan kulit kepala kering.

2. Perawatan Rambut yang Berganti-ganti

Ilustrasi perawatan rambut. (Special)

Membiasakan mengganti produk perawatan rambut juga dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering karena bahan keras yang dikandungnya. Ini juga bisa terjadi karena penggunaan sampo yang terlalu banyak.

3. Eksim

Ilustrasi mengubah belahan rambut. (Special)

 Eksim tidak hanya mempengaruhi bagian tubuh yang paling terlihat, tetapi juga kulit kepala. Eksim kulit kepala adalah jenis eksim yang menyebabkan kulit kepala kering, meradang, dan gatal. 

 Eksim kulit kepala sering terjadi pada anak-anak dan bayi. Ketika terjadi pada bayi, kondisi ini dikenal sebagai cradle cap. Eksim kulit kepala pada bayi ini biasanya hilang dengan sendirinya sebelum bayi berusia 1 tahun. 

Jika kamu menderita eksim kulit kepala yang parah, dokter akan meresepkan krim atau salep yang mengandung bahan tertentu, seperti kortikosteroid. Selain itu, kamu dapat menggunakan shampo anti ketombe yang dijual bebas dan menghindari untuk menggaruk kulit kepala.

4. Kulit Kepala Kering akibat Dermatitis Seboroik

Dermatitis seboroik juga disebut eksim seboroik atau psoriasis seboroik. Kondisi ini dapat menyebabkan kulit kepala terkelupas, kemerahan, dan ketombe. Selain kulit kepala, dermatitis seboroik dapat menyerang bagian tubuh lainnya, seperti wajah, hidung, alis, telinga, kelopak mata, dan dada. 

Penyebab pasti dari kekeringan kulit kepala akibat dermatitis seboroik tidak diketahui secara pasti, tetapi diperkirakan karena peradangan terkait psoriasis atau jamur terkait Malassezia yang terjadi pada kulit kepala. 

Cara mengobati dermatitis seboroik ringan, Anda bisa menggunakan sampo yang mengandung ketoconazole, selenium sulfide, dan zinc pyrithione dua kali seminggu.

5. Psoriasis

Kulit kepala kering akibat psoriasis dapat menyebabkan gejala kemerahan dan pengelupasan kulit kepala akibat kulit kepala terkelupas dan menggumpal. Kondisi ini tidak hanya terjadi di kulit kepala, tetapi juga bisa muncul di tengkuk, belakang telinga, dan di dahi. 

Penyebab pasti psoriasis tidak diketahui, tetapi diperkirakan karena sistem kekebalan yang melemah yang menyebabkan kulit tumbuh terlalu cepat dan mudah terkelupas. Psoriasis tidak hanya mengeringkan kulit kepala, tetapi juga menyebabkan gatal, penebalan, dan pengerasan kulit. 

Kulit kepala kering yang disebabkan oleh psoriasis ringan dapat diobati dengan krim anti ketombe, gel, salep, atau sampo yang dibuat dengan tar batubara dan asam salisilat, atau dengan antibiotik. 

Jika kamu menderita psoriasis sedang hingga berat, dokter kamu akan meresepkan obat suntik atau obat oral, seperti kortikosteroid, metotreksat, vitamin D dan vitamin A, dan siklosporin. Selain obat-obatan, terapi ultraviolet juga dapat digunakan untuk mengobati psoriasis.

Ciri- ciri Kulit kepala kering yang harus diperhatikan 

Sebelum semakin parah kamu harus segera mengenali ciri ciri ketika kulit kepala kamu kering. Lalu apa saja ciri-ciri kulit kepala kering? Beberapa di antaranya adalah: 

1. Rambut rontok 

Ilustrasi rambut rontok. (Special)

Alopecia adalah gejala paling umum dari penyakit kulit kepala ini. Pasalnya, hidrasi di kulit kepala menurun, sehingga mengering dan disertai dengan kerontokan rambut. 

2.  Kulit kepala yang gatal 

Kulit kepala yang kering sering disertai dengan kulit kepala yang gatal. Dalam hal ini, serpihan putih kecil sering muncul, yang sering disalah artikan sebagai ketombe. 

3. Serpihan putih 

Tidak seperti ketombe, kulit kepala kering biasanya memiliki serpihan putih akibat pengelupasan sel kulit kepala kering. Jika kamu mengalami gejala ini, kamu juga perlu tahu cara mengatasi rambut kering. Hal ini untuk menghindari masalah infeksi luka yang lebih serius akibat gatal.

Cara Mengatasi kulit kepala kering dengan bahan tradisional dan herbal

Beberapa solusi untuk keringnya kulit kepala ini bisa didapatkan dengan pengobatan alami. Namun, jika kondisinya sangat mengkhawatirkan, segera periksakan ke dokter. Ada beberapa cara untuk menghilangkan kulit kepala kering secara alami. 

Aloe Vera adalah herbal yang terbukti efektif mengatasi masalah kulit, termasuk kulit kepala kering. Hal ini karena sifat anti inflamasi dari lidah buaya membantu mengatasi masalah kulit. 

Minyak zaitun dan soda kue adalah kombinasi alami terbaik untuk menenangkan kulit kepala dan kulit kepala gatal karena memiliki sifat antijamur dan antibakteri. Penggunaan yang benar dan teratur akan membantu menjaga kesehatan kulit kepala kamu. 

Minyak kelapa adalah salah satu alternatif perawatan alami kulit kepala kering. Cara pemakaiannya pun cukup sederhana, karena cukup dioleskan ke kepala, diamkan selama 10 menit dan bilas.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel