1. Lifestyle
  2. Sering Boros? Ini 5 Cara Kurangi Kebiasaan Belanja Online
Lifestyle

Sering Boros? Ini 5 Cara Kurangi Kebiasaan Belanja Online

Sering Boros? Ini 5 Cara Kurangi Kebiasaan Belanja Online

Ilustrasi Belanja Online. (Freepik)

Ladiestory.id - Berbelanja anti ribet dan bisa dilakukan kapan saja dengan genggaman smartphone sudah sangat praktis dan mudah kamu lakukan kapanpun dan dimanapun. Berbelanja tentu memberikan kepuasan tersendiri bahkan tak jarang banyak orang mengartikannya dengan self reward. Alih-alih ingin menghilangkan stres dengan berbelanja online, justru membuat keuangan menjadi boros.

Barang dan harga promo yang melimpah membuat seseorang tergiur bahkan ketagihan untuk berbelanja online secara terus-menerus. Jika dibiarkan saja kebiasaan ini pun bisa membuat siklus keuanganmu memburuk. Oleh karena itu, kamu pun bisa mengurangi kebiasaan berbelanja online dengan lima cara berikut ini, simak yuk!

1. Buat Jadwal Belanja

Ilustrasi Belanja Online. (Freepik)

 

Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kebiasaan berbelanja online ialah dengan mengatur jadwal belanjamu. Jika biasanya dalam sebulan kamu bisa berbelanja beberapa kali maka kebiasaan ini harus segera kamu hentikan, sebaiknya buat jadwal khusus untuk berbelanja, misalnya kamu bisa berbelanja segala keperluan yang kamu butuhkan cukup satu kali dalam seminggu dan membatasi diri untuk lebih disiplin mengeluarkan banyak uang setiap bulannya.

2. Buatlah Tantangan pada Dirimu

Ilustrasi Belanja Online. (Freepik)

 

Ladies, cobalah buat tantangan untuk tidak berbelanja demi  menyenangkan diri. Apalagi bagi kamu yang memiliki kebiasaan berbelanja online dan tanpa sengaja memasukkan barang yang kamu pilih ke dalam keranjang belanjaan, karena takut habis terjual kamu pun langsung membelinya, padahal barang tersebut tidaklah sangat kamu butuhkan.

Daripada sibuk untuk mencari barang baru, lebih baik kamu lihat kembali barang-barangmu yang menumpuk, jangan sampai barang yang kamu beli hanya menjadi kesenanganmu sesaat. Coba tantan dirimu untuk tidak membeli sesuatu yang belum tentu kamu butuhkan, kamu bisa mengalihkannya dengan melakukan hal lain yang bermanfaat atau mulai mencoba mengatur budgeting agar pengeluaranmu tidak habis percuma dari berbelanja online.

3. Kurangi Kebiasaan Komsumtif

Ilustrasi Belanja Online. (Freepik)

 

Ada banyak faktor yang membuat seseorang sangat gemar bahkan kecanduan untuk berbelanja online, misalnya adanya promo gratis ongkir, reputasi brand yang baik, harga yang jauh lebih murah serta keinginan untuk memanjakan diri sendiri. Kegiatan berbelanja online ini bahkan sudah menjadi hobi bagi banyak orang, bahkan banyak diantaranya yang menghabiskan waktu untuk mengakses situs e-commerce dalam waktu dua hingga tiga jam saat scroll barang belanjaan ataupun berbelanja.

Maka tak heran jika seseorang pun bisa bertransaksi sebanyak lima hingga sepuluh kali dalam satu hari. Nah, kebiasaan konsumtif dan impulsif ini sebaiknya harus dibatasi apalagi bagi kamu yang baru memiliki penghasilan, jangan sampai keuanganmu terkuras percuma demi memenuhi gaya hidup semata. Mulai saat ini cobalah lebih bijak saat berbelanja sesuaikan pula dengan kebutuhan dan keinginanmu.

4. Matikan Notifikasi Aplikasi

Ilustrasi Belanja Online. (Freepik)

 

Ladies, biasanya jika kamu sudah mendownload aplikasi belanja online maka akan ada banyak notifikasi yang masuk ke smartphone kamu baik dari e-mail maupun notifikasi aplikasi belanjamu dengan menawarkan harga promo, diskon, maupun voucher pengiriman gratis ongkir yang tidak boleh kamu lewatkan.

Bagi kamu yang memiliki jiwa shopaholic tentu hal ini akan menjadi tantangan bagimu, namun apabila kamu ingin meredam nafsu belanjamu supaya tidak lebih boros maka kamu bisa mematikan fitur notifikasi aplikasi tersebut untuk sementara waktu. Cara ini pun ampuh dilakukan bagi kamu yang ingin berhemat.

5. Uninstall Aplikasi

Ilustrasi Belanja Online. (Freepik)

 

Selain cara diatas, bagi kamu yang kini sadar akan pentingnya keuangan dan berbelanja sewajarnya sesuai dengan budget dan kebutuhanmu, supaya kamu terhindar dari perilaku konsumtif yang membahayakan keuanganmu maka sebaiknya yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kebiasaan berbelanja online ialah dengan uninstall aplikasi belanja tersebut. Yup, cara ini pun akan sangat berguna bagi kamu yang ingin menjalani kehidupan yang lebih baik untuk jangka panjang.

 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel