Ladies, Yuk Ketahui Tentang Basic Skincare dan Tahapannya!

Senin, 8 April 2024 | 09:56:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Ladies, Yuk Ketahui Tentang Basic Skincare Dan Tahapannya!

Ilustrasi Basic Skincare. (Freepiik.com)

Ladiestory.id - Memiliki kulit yang sehat, cerah, dan bercahaya menjadi impian banyak orang, khususnya para wanita. Untuk mencapainya, tentu setiap individu perlu merawatnya dengan produk skincare yang cocok dengan kulit masing-masing.

Namun, untuk menemukan produk skincare yang cocok dengan kulit tentu memerlukan trial and error, terlebih saat ini sangat banyak ragam skincare yang bisa digunakan.

Tapi tidak perlu bingung, bagi pemula dalam dunia skincare kamu bisa mulai dengan basic skincare.

Basic skincare adalah rangkaian perawatan kulit dasar yang terdiri dari tiga langkah utama, yaitu membersihkan, menutrisi, dan melindungi kulit.

Lalu produk skincare apa saja ya yang masuk ke dalam kategori basic skincare? Yuk disimak!

Cleanser

Ilustrasi Basic Skincare. (Freepiik.com)

 

Cleanser menjadi satu tahap pertama dalam basic skincare. Kulit wajah harus dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran dan sisa-sisa minyak yang dapat menyumbat pori-pori dan membuat kulit kusam menggunakan facial wash.

Gunakanlah facial wash yang sesuai dengan tipe kulitmu. Penggunaan facial wash ini juga perlu diperhatikan. Jika kamu mempunyai tipe kulit yang kering dan sensitif, sebaiknya gunakan facial wash hanya pada malam hari, sedangkan pada pagi harinya, cukup cuci muka dengan air bersih saja.

Toner

Ilustrasi Basic Skincare. (Freepiik.com)

 

Setelah cleanser, toner adalah rangkaian produk skincare selanjutnya. Toner merupakan skincare cair yang diaplikasikan pada kulit yang kering setelah penggunaan cleanser dan sebelum menggunakan rangkaian skincare selanjutnya. Aplikasikan toner menggunakan kapas untuk hasil yang maksimal.

Tuang toner pada kapas secukupnya, kemudian usap dengan lembut ke kulit wajah. Pengaplikasian toner menggunakan kapas dapat membantu membersihkan kotoran yang masih tersisa pada kulit wajah.

Selain itu, menggunakan toner dapat membantu menyeimbangkan pH pada kulit dan dapat membantu memaksimalkan kerja skincare berbahan aktif yang akan diaplikasikan selanjutnya.

Serum

Ilustrasi Basic Skincare. (Freepiik.com)

 

Selanjutnya adalah serum. Serum paling ampuh karena mengandung bahan aktif yang dapat mengatasi permasalahan kulit wajah, seperti noda hitam hingga kerutan.

Jika memiliki bermacam permasalah kulit, kamu bisa menggunakan beberapa serum yang mengandung bahan aktif yang berbeda.

Penting untuk membaca label yang tersedia pada kemasan serum karena beberapa serum ada yang baik digunakan pada malam hari saja ataupun pagi hari saja.

Moisturizer

Ilustrasi Basic Skincare. (Freepiik.com)

 

Moisturizer adalah rangkaian produk skincare yang wajib dalam kategori basic skincare, karena moisturizer dapat membantu menghidrasi kulit dan menguatkan skin barrier. Jika kamu memiliki tipe kulit oily atau kulit acne-prone, gunakanlah moisturizer bertekstur lotion atau gel yang dapat menyerap ke kulit dengan cepat.

Namun, jika memiliki tipe kulit dry atau kering, gunakanlah moisturizer dengan formula yang tebal, seperti cream.

Sunscreen

Ilustrasi Basic Skincare. (Freepiik.com)

 

Langkah terakhir dalam perawatan wajah sekaligus menjadi produk skincare yang paling penting untuk dimiliki adalah sunscreen. Sunscreen wajib digunakan oleh semua orang, dari berbagai macam usia dan jenis kulit untuk melindungi dari sinar UV.

Ada banyak jenis dan kandungan sunscreen yang dijual di pasaran, seperti sunscreen stick, sunscreen cream, sunscreen spray, dan sebagainya. Pilihlah sunscreen yang sesuai dengan tipe kulitmu.