Ladiestory.id - Akhir-akhir ini fenomena Citayam Fashion Week menjadi perbincangan hangat di masyarakat. Istilah Citayam Fashion Week ini sendiri diketahui ditujukan bagi sekumpulan anak muda berpakaian nyentrik yang biasa berkumpul di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat. Kegiatan tersebut mereka lakukan untuk mencari hiburan serta eksistensi dengan menggunakan outfit yang nyentrik.
Tentu saja fenomena ini menarik perhatian banyak orang, mulai dari TikTokers, selebgram hingga pejabat pemerintah. Berikut 5 fakta seputar Citayam Fashion Week yang tengah viral.
Berawal dari Video TikTok
Fenomena ini berawal dari beberapa konten TikTok yang berisi interview kepada remaja yang sedang berkumpul di MRT Dukuh Atas. Tempat tersebutlah yang menjadi pusat berkumpulnya pengunjung Citayam Fashion Week.
Pertanyaan yang diajukan dalam interview tersebut tidak hanya mengenai harga outfit. Namun, juga membahas mengenai perjodohan, biaya pacaran hingga mengenai kehidupan mereka.
Banyak hal unik selain fashion yang berhasil mencuri perhatian masyarakat. Salah satunya, yaitu jawaban-jawaban lucu yang keluar dari remaja tersebut ketika diwawancarai.
Asal Nama Citayam Fashion Week
Kawasan SCBD sebelumnya dikenal dengan kepanjangan Sudirman Central Bussiness District. Namun, setelah viral Citayam Fashion Week (CFW), SCBD diplesetkan menjadi Sudirman, Citayam, Bojonggede dan Depok.
Hal tersebut terjadi karena tempat tersebut kini berubah menjadi tempat berkumpulnya anak-anak yang berasal dari Sudirman, Citayam, Bojonggede dan Depok.
Nama Citayam Fashion Week sendiri muncul karena anak remaja yang mendominasi berasal dari Citayam. Kata Fashion Week sendiri muncul karena terinspirasi dari berbagai acara peragaan busana yang menampilkan gaya unik layaknya acara fashion show profesional. TikTokers bernama Radita Pradana merupakan sosok yang mempopulerkan fenomena ini.
Berasal dari Berbagai Daerah
Jika sebelumnya pengunjung CFW hanya berasal dari kawasan penyangga ibukota. Kini, hampir berbagai daerah di Indonesia mengunjungi MRT Dukuh Atas yang menjadi pusat dari CFW.
Seperti remaja asal Jawa Barat hingga Bali, yang rela menempuh jarak untuk bisa menjangkau lokasi yang tengah menjadi viral ini. Tak hanya pengunjung, pedagang pun kini ramai menyerbu lokasi tersebut untuk mengais rezeki.
Lahirkan Nama-Nama Terkenal
Meski dipandang sebelah mata bagian sebagian orang, nyatanya CFW telah berhasil mencetak nama-nama baru. Citayam Fashion Week melahirkan nama terkenal dan populer di media sosial, seperti Jeje Slebew yang dianggap memiliki paras seperti Fuji, serta Bonge yang memiliki penampilan nyentrik, juga lantaran kisah percintaannya dengan sang kekasih, Kurma.
Bahkan, berkat kepopulerannya kini Jeje Slebew sering terlihat di berbagai layar, seperti acara podcast hingga televisi. Fansnya pun semakin bertambah, dilihat dari jumlah pengikut media sosialnya.
Dapat Perhatian dari Berbagai Kalangan
Saat CFW mulai mengalami kepopuleran di masyarakat, beberapa content creator pun tak mau ketinggalan untuk terjun langsung dan membuat konten di kawasan tersebut.
Sebut saja seperti Ria Ricis, Marshel Widianto, Paula Verhoeven hingga Valerie dan Veronika yang terkenal melalui ajang pencarian bakat modelling.
Konten yang dibuat pun beragarm, mulai dari interview secara langsung, catwalk, berfoto dengan pose layaknya model hingga mengajak berkunjung ke rumah.
Selain content creator maupun artis, remaja Citayam Fashion Week kini juga mendapat perhatian dari Pemerintah. Gubernur Jakarta, Anies Baswedan hingga Menteri Sandiaga Uno berencana memberikan beasiswa kepada beberapa remaja CFW.
Lokasi yang tertata apik, sepi lalu lintas serta penuh pemandangan gedung pencakar langit membuat kawasan ini mendukung sebagai tempat berkumpul bagi remaja-remaja ini.
Namun, bagi yang tertarik datang ke sana, jangan lupa untuk selalu menjaga keamanan, ketertiban serta kebersihan wilayah Citayam Fashion Week agar tetap sedap dipandang dan nyaman dikunjungi.