1. Health
  2. Selain Melatih Kesabaran, Ini 5 Manfaat Jalankan Ibadah Puasa Ramadan
Health

Selain Melatih Kesabaran, Ini 5 Manfaat Jalankan Ibadah Puasa Ramadan

Selain Melatih Kesabaran, Ini 5 Manfaat Jalankan Ibadah Puasa Ramadan

Ilustrasi Puasa Ramadan. (Freepik)

Ladiestory.id - Ladies, bulan puasa Ramadan tahun ini jatuh pada tanggal 12 Maret 2024. Nah, umat muslim menjalankan kewajiban ibadah puasa Ramadan selama sebulan penuh lamanya. Puasa tentunya mengajarkan kita menahan rasa lapar, haus dan lebih sabar. Selain melatih kesabaran, ini lima manfaat jalankan ibadah puasa Ramadan yang bisa kamu dapatkan, simak yuk!

1. Detoksifikasi Tubuh

Ilustrasi Detoksifikasi Tubuh. (Freepik)

 

Selain sebagai kewajiban agama bagi umat Muslim selama bulan suci Ramadan, puasa juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Mulai dari manajemen berat badan yang lebih baik dan regenerasi sel darah yang lebih sehat hingga fungsi jantung dan kesehatan pembuluh darah yang lebih baik.  Puasa telah menjadi metode yang tepat untuk menjaga agar tubuh tetap bugar, sehat dan awet muda.

Selain itu, tidak mengonsumsi makanan padat maupun cairan selama beberapa jam lamanya merupakan cara yang bagus untuk membersihkan tubuh untuk melakukan detoksifikasi, meningkatkan fungsi organ-organ tubuh sekaligus mendorong sistem pencernaan yang bersih,  melancarkan peredaran darah dan membuang racun-racun berbahaya di dalam tubuh.

2. Mengontrol Nafsu Makan

Ilustrasi Nafsu Makan. (Freepik)

 

Selama menjalani ibadah puasa, seseorang akan terbiasa untuk menahan rasa kenyang bahkan haus dan lapar sehingga hal ini akan membuat seseorang untuk mengontrol nafsu makannya. Dengan mengatur jadwal makan harian, maka kamu akan terbiasa untuk tidak merasa lapar setiap saat. Selama bulan suci Ramadan, banyak umat Muslim akan mengalami banyak rasa lapar saat berpuasa, kemudian saat berbuka justru mereka tidak bisa makan lebih banyak.

Dilansir dari Muslim Aid, hal ini disebabkan oleh fakta bahwa semakin sedikit makanan yang dimasukkan ke dalam perut dalam jangka waktu yang lama, maka perut akan semakin menyusut seihangga  membuat seseorang justru  merasa kenyang hanya dengan sedikit makanan.

Ketika tubuh kita terbiasa dengan seberapa sering kita makan, beberapa hari puasa berselang dapat menurunkan nafsu makan kita secara drastis dalam jangka panjang. Saat berbuka puasa, tubuh manusia tidak dapat mengonsumsi makanan dalam jumlah besar dengan nyaman karena perut menyusut  dan membuat seseorang merasa puas setelah makan dalam jumlah yang lebih sedikit dari biasanya. Proses ini juga meningkatkan produksi hormon tiroid dalam tubuh untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh dalam prosesnya.

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Follow our
media updates!
Ilustrasi Meningkatkan Metabolisme Tubuh. (Freepik)

 

Seperti yang telah diterangkan sebelumnya, puasa Ramadan juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Salah satu hasil yang paling nyata dari puasa adalah mengurangi obesitas. Selain itu,  puasa mendorong enzim hati untuk memecah kolesterol dan lemak untuk mengubahnya menjadi asam empedu, kemudian diubah menjadi panas yang pada akhirnya menstimulasi metabolisme yang lebih cepat. Secara alami, puasa juga mengurangi nafsu makan yang mengurangi kadar hormon lapar dalam tubuh sehingga kamu mungkin akan mendapati porsi makan jauh lebih kecil setelah berpuasa.

4. Mengontrol Gula Darah dan Meningkatkan Fungsi Jantung

Ilustrasi Gula Darah. (Freepik)

 

Selama berpuasa, kadar glukosa menjadi lebih stabil sehingga dapat mencegah diabetes tipe 2. Selain itu, adapun manfaat lainnya berpuasa dapat membuat jantung lebih sehat, menurunkan kolesterol dan meningkatkan kinerja otot serta pertumbuhan pembuluh darah.

5. Menyehatkan Mental

Ilustrasi Wanita Bahagia. (Freepik)

 

Puasa juga sangat membantu dalam menyeimbangkan pikiran, mengurangi stres, depresi dan menjadikan mental lebih sehat. Puasa juga dikenal dapat memperkuat pikiran, mempertajam fokus dan memberikan kejernihan mental.  Hal ini terutama disebabkan oleh pengurangan asupan kalori, gula dan garam, sehingga pola pikir lebih terkontrol dan mengatur emosi degan baik.

Tag : #puasa #ramadan #tipsberpuasa #manfaatpuasa

Sumber : https://www.muslimaid.org/media-centre/blog/the-benefits-of-fasting/

 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel