1. Health
  2. Sehatkan Mental, Ini 6 Manfaat Rutin Melakukan Yoga
Health

Sehatkan Mental, Ini 6 Manfaat Rutin Melakukan Yoga

Sehatkan Mental, Ini 6 Manfaat Rutin Melakukan Yoga

Ilustrasi Yoga. (Freepik)

Ladiestory.id - Ladies, menerapkan gaya hidup sehat tentu sangat penting dilakukan terlebih bagi kamu si aktif yang menjalani aktivitas padat. Meluangkan waktu untuk berolahraga dapat membantu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, salah satunya dengan melakukan aktivitas yoga.

Melakukan olahraga yoga dapat memberikan manfaat positif bagi tubuh baik secara fisik maupun mental. Nah, berikut ini enam manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan rutin melakukan gerakan yoga sehari-hari, simak yuk!

Membuat Diri Lebih Tenang

Ilustrasi Yoga. (Freepik)

 

Olahraga yoga dikenal dapat menyatukan aspek jiwa dan raga meliputi mental dan fisik agar dapat terciptanya pola hidup yang seimbang dan harmoni diantara keduanya. Maka tak heran, yoga juga identik dengan teknik olah napas, meditasi maupun peregangan. Rutin melakukan olahraga yoga maka dapat membuat jiwa dan fisikmu menjadi lebih sehat dan tenang, pikiranmu menjadi lebih positif dan kamu pun bisa mengambil keputusan dengan tenang dan tidak terburu-buru dalam bertindak.

Menjaga Kekebalan Tubuh

Ilustrasi Yoga. (Freepik)

 

Rutin melakukan olahraga yoga setiap harinya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh ataupun dapat meningkatkan imunitas tubuh. Oleh sebab itu, apabila kamu rutin melakukan gerakan yoga selama kurang lebih 15 menit setiap harinya sebelum beraktivitas maka tubuhmu pun akan lebih bugar dan dapat terhindar dari penyakit.

Melatih Pernapasan

Ilustrasi Yoga. (Freepik)

 

Follow our
media updates!

Ladies, bagi kamu yang memiliki gangguan pernapasan seperti asma maka sebaiknya kamu dapat menghindari olahraga berat dan beralih ke yoga. Melakukan gerakan yoga salah satunya dapat melatih pernapasan sehingga menjadikan tubuhmu lebih sehat, bugar serta membantu meningkatkan oksigen dalam tubuh. Tak hanya itu, dengan melakukan gerakan yoga dengan rutin pula dapat membantu memperkuat sistem pernapasan serta mendorong sirkulasi udara atau oksigen ke dalam tubuh.

Meningkatkan Otot Tubuh

Ilustrasi Yoga. (Freepik)

 

Ladies, terdapat beberapa anggapan jika gerakan yoga sangat sulit dilakukan dan akan lebih mudah bagi mereka yang memiliki tubuh lentur. Anggapan ini hanyalah mitos belaka, bagi kamu yang tidak memiliki tubuh lentur pun dapat melakukan gerakan yoga, lho. Terlebih bagi kamu si pemula, kamu bisa berlatih dengan mengikuti kelas yoga yang paling sederhana, dengan melakukan gerakan yoga pula dapat membantu meningkatkan otot-otot tubuh. Salah satu tujuan dari yoga ialah dapat menyelaraskan tubuh, jiwa dan pikiran, oleh sebab itu saat kamu melakukan gerakan yoga juga dapat memperbaiki struktur tubuh yang kurang sempurna.

Menyehatkan Mental

Ilustrasi Yoga. (Freepik)

 

Gerakan yoga juga dapat mendukung emosi spiritual serta kesehatan mental dalam diri seseorang. Dengan melakukan gerakan-gerakan yoga secara rutin setiap harinya maka dapat membantumu untuk mendorong penurunan hormon kortisol yang merupakan hormon stres dalam tubuh. Yoga juga menjadi salah satu alternatif positif untuk menghilangkan rasa cemas, stres maupun depresi. Bagi kamu yang memiliki gangguan anxiety disorder maka kamu pun bisa mencoba melakukan teknik gerakan yoga untuk membantu membuat dirimu lebih tenang dan rileks. Tak hanya itu, bagi kamu yang dipadati dengan segudang aktivitas pekerjaan yang membuat tubuh dan pikiran menjadi penat, kamu pun bisa beralih melakukan olahraga yoga untuk menghilangkan kejenuhan dan membuat tubuh dan pikiran kembali positif.

Mudah dan Murah Dilakukan

Ilustrasi Yoga. (Freepik)

 

Ladies, berolahraga yoga tentu tidak membutuhkan banyak biaya. Kamu bisa berlatih gerakan yoga dengan menonton channel Yoga di saluran online yang tersedia di rumah. Melakukan aktivitas yoga di rumah pun tentu dapat menghemat biaya, karena kamu tidak perlu lagi mengikuti kelas yoga dan bisa lebih tenang melakukannya secara mandiri di rumah.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel