Ladiestory.id - Salah satu girl group asal Korea Selatan yang tenang menjadi perbincangan publik yaitu NewJeans. Grup yang berada di bawah asuhan ADOR, sub label asuhan HYBE ini berhasil mencuri perhatian pecinta musik melalui karya yang telah dirilis.
Tak hanya terkenal di Korea Selatan saja, NewJeans juga populer di kalangan Internasional. NewJeans yang beranggotakan Minji, Hanni, Danielle, Haerin serta Hyein baru saja melakukan comeback melalui lagu mereka yaitu album single “OMG”.
Setelah sebelumnya sukses dengan album debutnya, NewJeans juga kembali sukses melalui album terbarunya. Meski merupakan grup baru generasi 4, NewJeans tak gentar dalam mengukuhkan diri sebagai salah satu girl group yang menjanjikan di masa depan.
Lalu, apa saja prestasi yang telah dicapai NewJeans? Yuk, simak ulasannya berikut ini.
Raih Penjualan Album Pre-Order Tertinggi
Sebelum meresmikan debutnya pada 1 Agustus 2022, NewJeans diketahui telah merilis terlebih dahulu beberapa lagu dari albumnya melalui kanal YouTube Hybe Labels. Lagu yang dirilis seperti “Attention”, “Hypeboy”, serta “Hurt”.
Kemudian, disusul perilisan album digital pada tanggal debutnya. Uniknya, hanya dalam waktu tiga hari pre-order, album debut NewJeans dibuka penjualan telah menjadi 440 ribu kopi. Hal ini pun menjadikan NewJeans sebagai girl group dengan jumlah penjualan pre-order tertinggi sepanjang sejarah K-Pop kala itu.
Selain itu, hampir keseluruhan lagu dari album debut juga berhasil masuk dalam berbagai tangga lagu. Salah satunya yaitu "MelOn top 100". Hebat bukan?
Gen Ke-4 yang Tercepat Raih Real Time All-Kill
Tak berhenti hanya pada prestasi penghargaan, NewJeans pun mampu menjadi girl group gen ke-4 yang mampu meraih real time all-kill tercepat. Hal ini lantaran grup asuhan ADOR tersebut mampu merajai tangga lagu dalam 10 hari sejak resmi debut.
NewJeans sendiri meraih posisi 1st RAK melalui lagu “Attention” yang terhitung sejak 11 Agustus 2022. Lagu debut ini berhasil berada di posisi pertama pada chart musik harian terbesar di Korea Selatan seperti Bugs, Genie, MelOn serta Flo.
Menangkan Berbagai Penghargaan Musik
Kemenangan pertama yang diraih NewJeans yaitu melalui lagu debut “Attention” pada program musik “M-Countdown”. Meski merupakan girl group baru yang belum berusia tepat satu tahun, NewJeans tetap mampu menunjukkan taringnya dalam industri musik Korea Selatan.
Tak ayal, pada momen acara penghargaan, NewJeans pun berhasil meraih berbagai kemenangan. Beberapa di antaranya seperti pada ajang "Asia Artist Award 2022" pada nominasi Best New Artist dan Performance of the Year (Grand Prize), "Melon Music Award 2022" kategori Top 10 Artist dan New Artist of the Year.
Selain itu, mereka juga menang di ajang "The Fact Music Award 2022" pada kategori Rookie of The Year. Jadi, tak heran jika grup satu ini banyak disebut sebagai monster rookie.
Jadi Brand Ambassador Produk Ternama
Seiring kesuksesan NewJeans di dunia musik Korea Selatan dan Internasional membuat grup ini pun mencuri perhatian beberapa produk ternama dunia. Idol K-Pop memang dikenal sebagai salah satu figur yang cocok untuk menjadi wajah produk-produk kenamaan dunia mulai dari fashion, otomotif, hingga produk makanan.
NewJeans sendiri juga mengalami hal serupa. Tigabernya yaitu Hanni, Hyein, serta Danielle kini resmi menjadi Brand Ambassador dari produk ternama. Setelah 3 bulan debut, Hanni pun langsung didapuk sebagai Brand Ambassador dari produk kenamaan Gucci.
Sementara, Hyein sendiri diketahui menjadi Brand Ambassador Louis Vuitton yang merupakan merek fashion mewah asal Percansi. Uniknya, Hyein menjadi wajah publik brand tersebut diusia yang masih terbilang muda yaitu 14 tahun. Ia pun menjadi Brand Ambassador termuda dari Louis Vuitton.
Terakhir, Danielle resmi diumumkan menjadi Brand Ambassador dari produk fashion Burberry asal Inggris. Berita ini pun disampaikan dengan rilisnya foto Danielle dalam busana serta item fashion koleksi Spring/Summer 2023 Burberry.
Berhasil Raih 1 Juta Penjualan Album
Setelah sukses melalui album debutnya, NewJeans kembali berhasil raih penjualan album yang tinggi. Diketahui, album single pertama NewJeans berjudul “OMG” telah terjual sebanyak 1.013.462 kopi per Jumat (27/1/2023).
Penjualan tinggi ini pun kembali membuat NewJeans mengukir prestasi sebagai girl group K-Pop ketujuh dalam sejarah yang berhasil meraih penjualan album lebih dari 1 juta kopi. Tak hanya itu, NewJeans juga menjadi grup termuda dan tercepat yang mampu meraih prestasi tersebut.