1. Mom & Kids
  2. Sedang Hamil? Ketahui 7 Fakta Gerakan Bayi dalam Kandungan Sebelah Kanan
Mom & Kids

Sedang Hamil? Ketahui 7 Fakta Gerakan Bayi dalam Kandungan Sebelah Kanan

Sedang Hamil? Ketahui 7 Fakta Gerakan Bayi dalam Kandungan Sebelah Kanan

Ilustrasi ibu hamil dan pasangan. (Special)

Ladiestory.id - Mengandung merupakan hal yang paling membahagiakan bagi sepasang suami istri. Hal ini karena akan bertambah momongan ataupun menjadi orang tua baru.  Bahkan seorang ibu akan merasa terharu jika dalam kehamilannya ia dapat merasakan sensasi janin gerak dalam rahim.

Bukan sesuatu hal yang perlu dikhawatirkan, sebab tanda janin gerak sangatlah penting sebab memberi tanda bahwa bayi tersebut  hidup dan berkembang. Namun pernahkah Kamu mengalami gerakan bayi dalam kandungan sebelah kanan?

Beberapa mitos beredar mengenai gerakan bayi tersebut. Namun Kamu juga perlu mengetahui beberapa fakta di balik gerakan bayi dalam kandungan sebelah kanan.

7 Fakta Gerakan Bayi dalam Kandungan Sebelah Kanan

1. Kelak Menjadi Anak Aktif

Pada dasarnya setiap manusia sudah memiliki kecenderungan kepribadian saat dia masih berbentuk janin di dalam kandungan. Jadi untuk seorang ibu yang sedang mengandung tidak perlu khawatir jika anak tumbuh menjadi pribadi yang aktif. Jika di dalam kandungan saja gerakan bayi sudah aktif.

Terlebih jika gerakan bayi dalam kandungan sebelah kanan. Sebab sebelah kanan merupakan tempat dimana banyak rongga untuk janin bergerak.

2. Usia Kandungan Lebih dari 3 Bulan

Pada 3 bulan pertama kehamilan, aktivitas janin mulai terlihat. Oleh sebab itu jika sang ibu merasakan gerakan bayi dalam kandungan sebelah kanan, dapat disimpulkan bahwa usia kandungan lebih dari 3 bulan. Apalagi jika ada gerakan-gerakan “halus” seperti pukulan dan tendangan janin.

3. Janin Sedang Belajar Tidur Miring ke Kanan

Gerakan bayi dalam kandungan sebelah kanan menandakan bahwa dia sedang belajar tidur miring ke kanan. Nah ketika gerakan bayi dalam kandungan sebelah kanan, sang ibu akan merasakan berat pada perutnya. Oleh sebab itu, sang ibu perlu memberi ganjalan seperti guling atau bantal yang empuk dan tidak berat. Hal ini akan membantu kepala janin tersangga dengan baik dalam kandungan.

4. "Berperang" dari Sisi Kanan

Siapa sangka, janin juga sudah belajar berperang sejak dalam kandungan. Biasanya, ketika gerakan bayi dalam kandungan sebelah kanan, kita akan melihat gerakan-gerakan seperti sedang mengayun pedang. Hal ini biasanya dapat dilihat ketika sedang melihat pergerakan janin lewat USG.

Nah, itulah tanda bahwa bayi sedang berperang dari sisi kanan. Maksudnya berperang? Ya, janin di dalam kandungan sedang berusaha memerangi zona amannya yakni rahim ibu dan plasenta yang membungkus selaput kulitnya.

5. Moody Seorang Janin

Memang terdengar lucu bahwa janin sudah memiliki mood sejak dalam kandungan. Namun itulah faktanya. Terbukti dari gerakan bayi dalam kandungan sebelah kanan.  Ini bisa dirasakan oleh ibu dari perut yang memiliki sensasi seperti menari-nari.

6. Menandakan Kepala di Atas Rahim

Letak anggota tubuh janin ikut berpindah-pindah seiring dengan perpindahan gerakan janin dalam kandungan. Kadang kala kepala janin berada di bawah rahim, namun terkadang kakinya yang berada di atas, ataupun sebaliknya. Janin akan terus berputar selama belum waktunya bagi si ibu untuk melahirkan. Untuk gerakan bayi dalam kandungan sebelah kanan biasanya menunjukan bahwa kepala janin sedang berada di atas rahim.

7. Lebih Nyaman di Sebelah Kanan

Gerakan bayi yang aktif di sebelah kanan atau kiri menjadi preferensi janin itu sendiri hingga dewasa nanti. Sebab beberapa orang lebih memilih kanan dibanding kiri, dan sebaliknya. Nah, sama halnya dengan gerakan bayi dalam kandungan sebelah kanan. Janin sudah memilih dan nyaman untuk di sebelah kanan dibanding sebelah kiri.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel