1. Lifestyle
  2. Savage! Ini Cara Elegan Hadapi Orang Arogan
Lifestyle

Savage! Ini Cara Elegan Hadapi Orang Arogan

Savage! Ini Cara Elegan Hadapi Orang Arogan

Ilustrasi menghadapi orang arogan dengan elegan. (Special)

Ladiestory.id - Bisa dibilang, orang arogan adalah orang yang paling melelahkan untuk diajak bicara. Orang arogan akan selalu berpikir bahwa mereka tau segalanya dan bisa melakukan apa saja.

Saat kamu bercerita tentang suatu hal, orang arogan akan memotong kata-katamu dengan cara menimpali kisah yang telah mereka lewati seolah-olah adalah yang terbaik. Mereka itu adalah orang-orang konyol karena tidak menyadari sifat itu.

Di sisi lain, seseorang bisa arogan karena ia punya masalah dalam hal pengakuan dan penghargaan diri di masyarakat atau kelompok tertentu.

Dilansir dari aconsciousrethink, orang-orang arogan ini memiliki kesulitan untuk merasa baik dengan diri mereka yang apa adanya. Mereka membuat sebuah pengakuan yang bisa membuktikan bahwa mereka layak diterima. Seseorang menjadi arogan juga bisa terjadi karena ada kisah masa lalu di mana ia kurang diterima dan dihargai oleh orang-orang sekitarnya.

Mustahil dalam hidup ini kamu tidak bertemu dengan sosok manusia yang arogan. Tidak perlu dijauhi, kamu hanya perlu tahu cara terbaik bagaimana menghadapi mereka. Mungkin beberapa tips di bawah ini bisa membantu kamu.

Miliki Kepercayaan Diri yang Utuh

Ilustrasi percaya diri. (Special)

Senjata terbaik untuk melawan orang arogan adalah punya kepercayaan diri yang utuh. Rasa percaya diri yang tinggi membuat kamu tidak lemah di hadapan mereka dan kamu tidak insecure  atau overthinking dengan serangan-serangan kecil yang keluar dari mulut mereka.

Orang arogan kadang-kadang juga menjatuhkanmu di belakang. Tapi tidak perlu takut, orang-orang yang percaya padamu tidak akan pernah percaya pada omong kosong si manusia arogan.

Cobalah Bersikap Bodoh Amat

Ilustrasi bodoh amat. (Special)

Orang arogan akan memakai cara apapun untuk menekan dan menjatuhkanmu. Tidak perlu marah apalagi membalas, bersikaplah bodoh amat. Biarkan ia bermain dengan permainan bodoh yang ia buat sendiri.

Jika kamu merespon sikap mereka, percayalah kamu akan kalah. Ia suka kamu marah dan akan menggunakan kemarahanmu sebagai alat untuk mengintimidasimu, melakukan playing victim seolah mereka korban, lalu menyerangmu kembali dengan memperlihatkan bahwa ia adalah orang yang baik.

Diam dan Mundur

Ilustrasi diam dan mundur. (Special)

Sekali lagi, orang arogan adalah orang yang krisis identitas, butuh pengakuan atas  keberadaan mereka. Mereka akan melakukan banyak manipulasi dan kebohongan besar untuk mencapai keinginan itu. Jika kamu terganggu, lebih baik diam dan mundur.

Don’t Say Anything With Them

Ilustrasi tidak mengatakan apapun. (Special)

Batasi segala informasi yang berkaitan denganmu pada mereka yang memiliki sifat arogan. Alangkah baiknya jika tidak mengatakan apa-apa padanya. Bisa saja informasi tentangmu yang mereka dapatkan itu akan digunakan untuk memutarbalikkan fakta. Ingat, mereka itu manipulatif!

Batasi percakapan seperlunya saja, jangan terlalu banyak basa-basi dan juga jangan terlibat hubungan terlalu jauh.

Change the Topic

Ilustrasi mengubah topik pembicaraan. (Special)

Orang yang arogan akan selalu mendominasi percakapan dan terkesan membanggakan diri sendiri. Cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah ganti topik pembicaraan saat informasi yang kamu butuhkan sudah kamu dapatkan.

Kamu juga tidak perlu memancing-mancingnya untuk menjawab sesuatu yang membuatnya berbicara lebih banyak, karena akan menghabiskan waktumu dengan percuma.

Biarkan Mereka Hidup di Dunianya

Ilustrasi tidak ikut campur. (Special)

Cara terbaik menghadapi orang-orang arogan adalah dengan tidak ikut campur dengan urusan mereka. Tidak perlu takut kehilangan mereka.

Masalahnya hidupmu akan lebih sulit jika terkungkung dalam ikatan pertemanan bersama mereka. Itu akan lebih bahaya lagi. Hidupmu akan jauh lebih berantakan. Jadi, lebih baik kalau kamu tidak usah berteman dengannya.

Fokus saja dengan masalahmu sendiri, dan kerjakan apa saja yang menjadi tanggung jawabmu. Suatu hal yang mudah untuk dilakukan, bukan?

Buatlah Batasan

Ilustrasi membuat batasan. (Special)

Terlepas dari realitas bahwa manusia adalah makhluk sosial, kadang kamu perlu membuat jarak dan batasan pada orang-orang tertentu. Bukan untuk bemusuhan dengannya, tapi untuk menghindari konflik yang mungkin terjadi.

Saat bersalah, orang normal tentu akan mengerti arti sebuah nasehat. Tapi, tidak demikian dengan orang arogan. Mereka akan menyerangmu dan tidak akan menghargai pendapatmu. 

Lebih baik dari awal membuat batasan dan tidak perlu terlalu dekat dengannya. Hati-hatilah, jangan sampai suatu hari nanti kamu yang dirugikan olehnya.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel