1. Health
  2. Sama-sama Menyehatkan, Ini 5 Perbedaan Berlari dan Berjalan
Health

Sama-sama Menyehatkan, Ini 5 Perbedaan Berlari dan Berjalan

Sama-sama Menyehatkan, Ini 5 Perbedaan Berlari dan Berjalan

Foto: Ladiestory.id

Olahraga merupakan salah satu upaya untuk menjaga kebugaran dan kesehatan. Aktivitas olahraga pun ada berbagai macam. Namun, kegiata berlari dan berjalan menjadi olahraga ringan yang tak membutuhkan alat khusus.

Kedua olahraga ini juga mudah dilakukan dan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Sehingga, olahraga berjalan dan berlari menjadi salah satu olahraga yang banyak dilakukan sebagian besar orang.

Baik berlari atau berjalan sama-sama memiliki manfaat untuk menyehatkan tubuh, namun tahukah Anda apa perbedaan berjalan dan berlari?

Perbedaan Berlari dan Berjalan

Perbedaan utama dua aktivitas ini ialah mekanisme gerakan yang nantinya akan berdampak bagi tubuh. Selain itu, berikut 5 perbedaan lari dan jalan.

      1. Kecepatan

Perbedaan yang paling kentara antara di antara berlari dan berjalan ialah kecepatan. Kecepatan orang berjalan rata-rata sekitar 5 km/jam. Sedangkan kecepatan orang berlari mencapai 15-20 km/jam. Jika orang berjalan cepat, kecepatan rata-ratanya berkisar 8 km/jam.

      2. Kontak kaki

Saat berjalan, telapak kaki lebih banyak kontak ke tanah dalam intensitas waktu yang cukup lama. Sebaliknya, berlari minim kontak kaki dan tanah serta jangka kontaknya pun relatif singkat.

      3. Sudut lutut

Saat berlari, lutut lebih banyak tertekuk dan banyak menahan beban dibandingkan saat berjalan yang mana lutut lebih sedikit tertekuk.

      4. Tenaga

Berjalan tidak membutuhkan tenaga sebanyak berlari, karena aktivitas ini membutuhkan tenaga yang lebih ditambah dorongan gerakan tangan, lutut, hingga langkah. Itulah sebabnya berlari lebih cepat membuat lelah dibanding berjalan.

      5. Risiko

Berlari memiliki risiko cedera yang lebih tinggi dibandingkan berjalan. Beberapa risiko yang mungkin dapat terjadi saat berlari antara lain, keseleo, terkilir, memar, hingga kram.

Agar meminimalisir risiko cedera, ada baiknya untuk memilih alas kaki yang nyaman, melakukan pemanasan, mencari trek lari yang minim hambatan, serta gunakan teknik lari yang baik. Uniknya, Anda dapat berjalan kaki tanpa henti namun risiko cederanya cukup minim.

Manfaat Berlari dan Berjalan

Berlari dan berjalan sama-sama bermanfaat untuk kesehatan. Lari disebut memiliki manfaat yang lebih efisien dibandingkan berjalan, karena perbedaan kecepatan pada dua aktivitas ini. Manfaat berlari akan lebih terasa jika dilakukan oleh orang yang tepat, sebab tak semua orang cocok dengan olahraga tersebut.

5 menit berlari sama dengan 15 menit berjalan. Artinya, berlari cenderung cocok bagi orang yang memiliki waktu yang minim dan memiliki kondisi kesehatan yang prima. Sedangkan untuk mendapatkan manfaat yang sama seperti berlari, seseorang perlu menambah durasi waktu berjalan.

Selain itu, karena tenaga yang dibutuhkan untuk berlari lebih besar, olahraga ini memiliki manfaat untuk membakar kalori 2 kali lipat lebih efisien dibanding berjalan. Berikut ini, beberapa manfaat dari olahraga berlari dan berjalan.

Beberapa manfaat dari berjalan, antara lain :

  • Menurunkan berat badan
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mengurangi stress
  • Menguatkan sendi
  • Melatih jantung, dsb

Manfaat belari, antara lain:

  • Menghindari penyakit kardiovaskular
  • Mengurangi depresi
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Mengurangi kecemasan, dsb

Demikian ulasan tentang perbedaan berlari dan berjalan. Semoga setelah membaca tulisan ini jadi lebih semangat untuk berolahraga. Salam sehat!

Follow our
media updates!
Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel