1. Lifestyle
  2. Tidak Sulit, Ini Resep Kwetiau Kuah Pedas
Lifestyle

Tidak Sulit, Ini Resep Kwetiau Kuah Pedas

Tidak Sulit, Ini Resep Kwetiau Kuah Pedas

Ilustrasi kwetiau kuah pedas. (Spesial)

Ladiestory.id - Salah satu makanan yang berbentuk sejenis dengan mie adalah kwetiau. Sebenarnya untuk memasak makanan ini bisa susah-susah gampang. Tentu saja ada dua kemungkinan ketika keliru memasak maka hasilnya kurang mantap bahkan kurang mengundang selera.

Ilustrasi kwetiau kuah. (spesial)

 

Pasalnya, menu yang sering dijadikan andalan adalah kwetiau kuah pedas yang memiliki aroma dan cita rasa yang bisa menggoda selera kita. Biasanya, kwetiau disajikan tanpa kuah dengan bumbu pedas manis yang dikombinasikan dengan rasa bumbu pedas gurih sehingga membuat ketagihan.

Namun, ada sedikit banyak memengaruhi kualitas rasa dari kwetiau kuah pedas, mulai dari jenis bahan, pemilihan bahan fresh, mengolah dan menghidangkannya. Makanan ini dapat dibuat di rumah, asal sudah tahu trik dalam menyajikan hidangan sehingga menjadi sajian yang laris.

Kelihatanya Kwetiau kuah pedas hampir mirip dengan seblak dengan cita rasa gurih pedas dengan aroma kencur. Jika seblak berbahan dasar kerupuk rebus, maka kwetiau dengan mi. Tapi perlu diperhatikan jika ada sebagian kwetiau yang diaduk terlalu lembut oleh pembuat membuat rasanya kurang memuaskan seperti mentah.

Resep Kwetiau Kuah Pedas

Ilustrasi kwetiau kuah. (spesial)

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan:

  • 1 bungkus Mie kwetiau basah
  • 7 butir cabai rawit, 5 butir cabai keriting
  • Masing-masing 4 butir bawang putih dan merah
  • Masing-masing 2 butir kemiri dan telur
  • 1 sdm ketumbar, 3 sdm mrica dengan butiran yang lebih terasa pedas
  • Masing-masing  1/2 ruas jari kelingking jahe dan kencur
  • Masing-masing 3 sdm kecap manis, saus tiram, dan saos extra pedas
  • 2 sdm gula pasir, 1.5 sdt garam, 2 genggam kerupuk udang
  • 1 buah wortel, 4 sdm macaroni, penyedap rasa
  • cesim/sawi hijau/pokcay/kubis secukupnya 

Langkah-langkah menyiapkan Kwetiau kuah pedas:

  1. Rebus kwetiau dengan air panas kemudian diamkan sebentar dan tiriskan.
  2. Siapkan bumbu seperti bawang merah, bawang putih dan cabai untuk direbus supaya lebih enak matang dan mudah diuleg. Taruh pada uleg ketika sudah direbus dan masukan ke garam, gula dan bumbu-bumbu lainnya.
  3. Mulai panaskan wajan yang sudah diberikan margarine/minyak. Jika menggunakan margarine mulai dengan menggoreng telur yang di oseng-oseng kemudian  bumbu uleg campurkan hingga wangi.
  4. Tambahkan air 5 gelas belimbing untuk yang  nyemek. Jika ingin berkuah banyak, bisa memasukkan  7 gelas ketika rasanya kurang pas bisa menambahkan bumbu.
  5. Masukkan toping seperti kol, wortel, kerupuknya dan makaroni lalu rebus sampai matang dan campurkan kwetiau basah masak hingga matang. Supaya menambah cita rasa kita bisa memasukkan saos, kecap manis, saus tiram, dan penyedap rasa yang dapat disesuaikan dengan lidah
  6. Memasak kwetiau kuah pedas dapat menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Jika terlalu suka makanan yang pedas, maka bisa menambahkan cabai agar kuah pedas kwetiau semakin terasa.

Waktu Penyajian yang Tepat 

Sebenarnya jika diamati dalam memahami dari segi waktu, penyajian kwetiau kuah memang lebih enak dan nikmat ketika disantap saat hujan. Suasana dari dinginnya udara diiringi dengan tetesan air yang turun memang menjadi momen pas untuk menikmati kwetiau rebus kuah.

Apalagi jika ada tambahan sambal yang menciptakan rasa pedas sudah jelas kwetiau kuah pedas dijadikan sebagai  hidangan favorit. Perpaduan makanan ini akan semakin nikmati dengan tambahan minum teh hangat. Selain itu, kwetiau kuah pedas pun cocok untuk dihidangkan ketika sakit agar tubuh makin lebih baik dan keringatmu pasti keluar dengan derasnya.

Selamat mencoba! 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel