1. Mom & Kids
  2. Jangan Lupa Bacakan Anak Buku Sebelum Tidur, Ini Manfaatnya
Mom & Kids

Jangan Lupa Bacakan Anak Buku Sebelum Tidur, Ini Manfaatnya

Jangan Lupa Bacakan Anak Buku Sebelum Tidur, Ini Manfaatnya

Ilustrasi ibu dan anak membaca buku. (Special)

Ladiestory.id - Beberapa orang tua mungkin tidak punya waktu untuk membacakan buku anak untuk buah hati mereka. Padahal manfaat membaca buku bagi anak sebenarnya cukup penting bagi tumbuh kembangnya. Bunda atau Ayah harus mulai membiasakan diri dengan kegiatan ini sebelum tidur karena kebiasaan ini dapat meningkatkan kualitas tidur anak.

Mungkin Anda berpikir bahwa anak itu tidak mengerti ketika Anda membaca sebuah buku anak untuk mereka. Namun, manfaat membacakan buku anak tidak hanya untuk menghibur mereka, tetapi juga untuk merangsang kemampuan mereka dalam mendengar dan mengenali suara. Berikut kami rangkum manfaat membacakan buku anak sebelum tidur:

1. Buku Anak Sebelum Tidur Untuk Melatih Daya Ingat 

Ilustrasi ibu dan anak membaca buku. (Special)

Salah satu manfaat membaca buku bagi anak adalah melatih kemampuan mengingat hal-hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, Anda mungkin tiba-tiba bertanya kepada anak Anda di tengah cerita  apa yang baru saja dia baca. Cara lain adalah dengan mengundangnya untuk menceritakan  keseluruhan cerita pada hari berikutnya. 

2. Melatih Keterampilan Mendengarkan 

Ilustrasi anak tidak mau mendengarkan orang tua. (Special)

 

Manfaat lainnya adalah dapat mengasah keterampilan mendengarkan anak  dan membantu mereka belajar bagaimana mengekspresikan diri dengan  percaya diri. Anak-anak dapat belajar berperilaku dalam menghadapi situasi atau lingkungan baru. Ketika Anda membaca buku anak sebelum tidur, anak-anak akan dapat memahami ritme dan melodi bahasa, bahkan sebelum mereka dapat memahami kata yang diucapkan atau ditulis.

3. Buku Anak Sebelum Tidur Untuk Merangsang Kreativitas 

Ilustrasi anak kreatif. (Special)

Salah satu manfaat terpenting dari membaca buku anak  adalah anak akan belajar tentang segala sesuatu yang ada di sekitarnya, mulai dari warna, huruf, angka, bentuk atau benda. Semakin banyak Anda membacakan untuk anak Anda, semakin aktif otak mereka.

Kinerja otak seperti ini tidak sama apakah anak sedang mendengarkan cerita dari TV atau dari gadget. Membacakan cerita untuk anak-anak juga baik untuk merangsang imajinasi dan  kreativitas mereka. Bagi anak yang  terbiasa membaca buku  orang tua sejak kecil akan lebih mudah untuk belajar membaca. Membaca cerita sebelum tidur juga membantu mengembangkan keterampilan berpikir kognitif anak-anak.

4. Buku Anak Sebelum Tidur Untuk Melatih kecerdasan emosional 

Dengan sering membacakan buku anak sebelum tidur, anak Anda juga akan meningkatkan perkembangan rentang perhatian (attention), daya ingat, keterampilan memecahkan masalah dan keterampilan penalaran. Ini sangat penting bagi anak-anak untuk  bersosialisasi saat mereka tumbuh dewasa. Untuk membangun hubungan fisik dan emosional yang lebih dekat  dengan anak-anak, Anda juga dapat membacakan buku untuk mereka. Bahkan beberapa ahli percaya bahwa manfaat membacakan buku bagi Anak dapat menumbuhkan rasa empati dan kecerdasan emosional. Saat membaca buku cerita, Anda bisa  memeluknya, bercanda dan dimanjakan

Rekomendasi Buku Anak Pengantar Tidur

Kita sudah membahas berbagai manfaat membacakan buku anak untuk pengantar tidur dan sangat luar biasa sekali ya manfaatnya. Nah sekarang apa saja sih rekomendasi buku anak yang bisa Anda bacakan untuk buah hati sebelum tidur? Check it out

1. Buku Anak Seri Berkata Baik

Serangkaian buku cerita mengatakan bahwa ada baiknya memiliki 4 jenis buku yang mengajarkan nilai-nilai dasar baik yang harus dimiliki setiap individu dalam berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya. Cara mengucapkan  maaf, tolong, terima kasih dan permisi, 4 kata ini harus diajarkan kepada anak sejak dini. Selanjutnya buku  mengajarkan kebaikan dan rasa hormat terhadap orang lain, sedangkan dalam mendidik anak kita harus mengajarkan dua hal tersebut. Adanya buku ini dapat mengajarkan anak-anak untuk mengajarkan perilaku santun sejak dini. Ini adalah seri di Let's Say Good:

  • Sisi bilang terima kasih 
  • Tiko bilang tolong 
  • Elpa bilang maaf 
  • Mimi bilang permisi

2. Wortel sayuran buah

Cerpen ini menceritakan tentang wortel yang sedih, dia yang bingung  karena itu buah atau sayuran. Sementara itu dia berbagi masalahnya dengan temannya, alpukat, tetapi alpukat memiliki jawaban bijak untuk wortel, yaitu "Kamu bilang seseorang memanggilmu sayur dan buah. Bukankah itu istimewa? Kamu bisa menjadi sayur dan buah dan kamu bisa memanennya. dengan jenis apa pun." Pesan moral dari buku anak tersebut adalah wortel, sayur atau buah  seperti apapun fisikmu, yang terpenting hatimu Tetaplah menjadi anak yang baik dan cintai perbuatan baik. Jadi dimanapun Anda berada, orang lain akan menyukai Anda.

3. Ubur Ubur yang Jujur

Dongeng ini menceritakan tentang ubur-ubur yang ingin bermain dengan teman-temannya. Namun teman-temannya enggan mengajaknya bermain, karena Ubur-ubur itu terlalu jujur. Saat bermain petak umpet, misalnya, ubur-ubur dengan polosnya menceritakan tentang persembunyian Gurita. Tapi ternyata kejujuran Ubur-ubur menguntungkan teman-temannya. Bagi orang tua, ubur-ubur yang bersikap terlalu jujur ​​bisa menjadi salah satu rekomendasi buku anak, karena cerita ini bisa menginspirasi anak untuk selalu berkata jujur. , meski jujur ​​terkadang menyakitkan, tapi kita dapat mengajarkan anak untuk lebih  jujur.

Itulah fakta membacakan buku anak sebelum tidur lengkap dengan manfaat dan rekomendasi buku anak. Semoga Bermanfaat dan Menginspirasi.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel