1. Health
  2. Redakan Nyeri Haid, Ketahui 5 Manfaat Magnesium
Health

Redakan Nyeri Haid, Ketahui 5 Manfaat Magnesium

Redakan Nyeri Haid, Ketahui 5 Manfaat Magnesium

Ilustrasi Nyeri Haid. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Saat sedang mengalami masa menstruasi, perempuan kerap kali mengalami beberapa gejala seperti kram menstruasi atau nyeri haid. Keadaan ini adalah sensasi nyeri yang dialami di perut bagian bawah. Nyeri yang disebabkan oleh haid bisa juga dirasakan di punggung bawah atau paha.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri haid, seperti memakai kompres di perut, hingga meminum teh. Selain itu, mengonsumsi magnesium juga dapat bantu meredakan nyeri haid.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Magnesium Research, magnesium efektif dalam mencegah dismenore atau kram perut, serta mencegah sindrom pramenstruasi atau PMS.

Melansir Healthshots, berikut ini manfaat magnesium untuk meredakan nyeri haid.

Rilekskan Otot

Manfaat Magnesium Untuk Redakan Nyeri Haid: Rilekskan Otot. (Freepik.com)

 

Magnesium bisa membantu untuk merilekskan otot karena dapat mengatur kadar kalsium dalam otot. Kalsium akan mendorong kontraksi otot, sementara magnesium membantu membuat otot menjadi rileks.

Magnesium akan mengurangi intensitas dan frekuensi kontraksi di rahim. Karenanya, magnesium membantu mengurangi rasa sakit yang terkait dengan kram menstruasi.

Atur Kadar Prostaglandin

Manfaat Magnesium Untuk Redakan Nyeri Haid: Atur Kadar Prostaglandin. (Freepik.com)

 

Kadar prostaglandin yang tinggi, akan memicu kontraksi rahim untuk membantu meluruhkan lapisan rahim, yang menyebabkan kram menstruasi yang lebih parah. Magnesium dapat membantu mengatur produksi dan aktivitas prostaglandin, dan mengurangi tingkat keparahan kram yang terjadi.

Kurangi Peradangan

Manfaat Magnesium Untuk Redakan Nyeri Haid: Kurangi Peradangan. (Freepik.com)

 

Berdasarkan studi pada bulan April 2024 yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition, ditemukan hubungan antara asupan magnesium yang lebih tinggi dan tingkat peradangan yang lebih rendah. 

Magnesium memiliki sifat anti peradangan yang membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Sehingga dapat meredakan ketidaknyamanan dan rasa sakit yang terkait dengan kram menstruasi. 

Seimbangkan Hormon

 

Manfaat Magnesium Untuk Redakan Nyeri Haid: Seimbangkan Hormon. (Freepik.com)

 

Magnesium juga berperan membantu menyeimbangkan hormon, termasuk estrogen dan progesteron, yang diketahui berfluktuasi selama siklus menstruasi. 

Kadar hormon yang seimbang, yang dicapai melalui pola makan sehat, termasuk makanan kaya magnesium, dan aktivitas fisik teratur, dapat menyebabkan kram menstruasi yang lebih teratur dan tidak terlalu parah.

Tingkatkan Aliran Darah

Manfaat Magnesium Untuk Redakan Nyeri Haid: Tingkatkan Aliran Darah. (Pinterest)

 

Magnesium membantu melebarkan pembuluh darah, yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Peningkatan aliran darah, terutama ke area rahim dapat mengurangi keparahan kram dengan memastikan pengiriman oksigen dan nutrisi yang cukup ke jaringan rahim.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel