Ladiestory.id - TikTok menjadi platform yang digandrungi masyarakat dalam menemukan cara baru untuk belajar, saling menginspirasi lewat cerita, juga mengekspresikan diri dan terhubung dengan komunitas TikTok yang suportif.
Para kreator perempuan di TikTok juga terus mendorong perubahan positif dan bermakna melalui konten dan upaya mereka untuk merangkul dan menginspirasi sesama, baik di dalam TikTok maupun melalui profesi mereka sehari-hari.
Mengambil contoh, kreator TikTok Christie Basil, (@christiebasil) yang juga merupakan seorang pengusaha dan desainer pakaian tidak hanya berbagi cerita menarik dan menyentuh di balik pembuatan gaun untuk para kliennya di TikTok, tapi juga menggandeng para perempuan berbakat di dunia fesyen untuk mengembangkan bakat mereka melalui usaha milik Christie.
Ada juga kreator sekaligus dokter, Nadia Alaydrus (@nadialaydr) yang sering berbagi konten edukasi seputar kesehatan untuk membantu lebih banyak orang mendapatkan informasi yang lebih akurat seputar kesehatan pribadi mereka dengan penuturan yang mudah dipahami oleh orang awam.
Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Sedunia, TikTok ingin merayakan perempuan inspiratif lewat kampanye bertajuk #PerempuanBisa. Kampanye ini menyorot para perempuan, khususnya kreator TikTok, yang telah memberikan dampak positif kepada komunitas global TikTok, hingga masyarakat lebih luas lewat kreativitasnya, semangatnya dan pengaruh positifnya.
#EmbraceEquity untuk Tunjukkan #PerempuanBisa
Hari Perempuan Sedunia menjadi momen penting untuk menghargai dan merayakan pencapaian perempuan di seluruh dunia yang telah membawa perubahan.
Tema Hari Perempuan Sedunia tahun ini adalah #EmbraceEquity, yang mengajak semua orang untuk aktif mendukung dan merangkul kesetaraan dengan menantang stereotip dan diskriminasi gender.
Sejalan dengan tema #EmbraceEquity, TikTok juga mengusung kampanye lokal bertajuk #PerempuanBisa yang mengajak siapa pun untuk mendukung, merangkul, dan mengapresiasi para perempuan yang berhasil mendorong perubahan positif dan bermakna bagi masyarakat.
Komunitas perempuan di TikTok tergabung dalam tagar #WomenofTikTok. Tagar yang telah memiliki lebih dari 4 miliar views secara global ini telah mengumpulkan perempuan pembawa perubahan, pelopor, pemimpin, dan para pendukung dalam menggunakan suara mereka yang beragam untuk mendobrak batasan, stereotip gender, dan juga menggerakkan keadilan atau equity bagi perempuan setiap harinya.
Mulai dari tagar populer #WomeninSTEM yang memiliki lebih dari 3 miliar views dan #WomeninSporty ang memiliki lebih dari 1 miliar views, perempuan pemilik usaha kecil dan menengah yang memanfaatkan TikTok untuk memulai dan mengembangkan bisnisnya, hingga aktivis perempuan yang mendedikasikan dirinya dalam pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender. Lewat #WomenofTikTok, TikTok ingin mendukung dan menghubungkan perempuan di seluruh dunia.
Beberapa #WomenofTikTok di Indonesia yang telah menginspirasi komunitas TikTok dan membawa dampak positifnya, baik di dalam platform maupun kepada masyarakat luas, antara lain:
- Renny Antonious (@renny.antonious), seorang kreator beauty yang sering berbagi informasi seputar kecantikan sejak tahun 2021. Selain berbagi konten di seputar beauty di TikTok, Renny juga aktif berkolaborasi dengan lebih dari 50 brand untuk melakukan LIVE Shopping di TikTok Shop. Berkat konsistensinya, Renny pernah menghasilkan penjualan senilai lebih dari 1 miliar rupiah pada Maret 2022. Selain itu, Renny juga berhasil memenangkan beberapa penghargaan seperti Kreator Terpopuler di TikTok Shop Award tahun 2022. Tidak hanya fokus pada mengembangkan dirinya, sebagai kreator affiliate, Renny juga mengajak kreator perempuan lain untuk ikut berjualan dan mendapatkan penghasilan tambahan bersama TikTok Shop.
- Fanny Tjandra (@fanny.tjandra), mantan pegawai kantoran yang beralih menjadi kreator gaming profesional. Fanny memulai perjalanannya sebagai konten seputar gaming di TikTok sejak awal pandemi. Melalui kontennya, Fanny terus membuktikan bahwa profesi sebagai kreator gaming tidak hanya terbatas untuk kreator laki-laki. Pembawaan Fanny yang menghibur, positif, juga edukatif menjadi angin segar bagi komunitas gaming di TikTok. Fanny juga sering mendapat pujian dari komunitas, terutama para Ibu, karena kontennya yang membangun dan tidak toxic seperti kebanyakan konten gaming di luar sana.
- Gisela Sabrina (@selasidoo), perempuan berusia 21 tahun yang menggeluti profesi sebagai musisi dan produser musik. Sebagai bagian dari komunitas musik di TikTok, Gisela rajin mengunggah konten seputar musik mulai dari produksi musik hingga kebolehannya saat membawakan lagu lawas. Berkat karakter vokal dan dan pembawaannya yang unik, beberapa konten saat Gisela membawakan lagu Indonesia berhasil menghibur komunitas TikTok. Sound dari salah satu lagu yang dibawakan oleh Gisela berjudul "Dia" yang dipopulerkan oleh penyanyi legendaris Vina Panduwinata juga digunakan di lebih dari dari 14 ribu video yang dibuat oleh komunitas TikTok secara organik.
- Shania Nayaga (@shaninayaa), kreator perempuan yang bergelut di dunia olahraga sedari kecil. Shania yang memegang gelar Sarjana Kepelatihan Olahraga dan berprofesi sebagai pelatih ini terus membuktikan bahwa olahraga tidak hanya didominasi oleh pria. Melalui konten seputar olahraga yang menghibur dan menginspirasi komunitas TikTok, Shania menunjukan bahwa perempuan juga bisa meraih prestasi di bidang olahraga yang mereka sukai.
Angkat Suara Komunitas Perempuan TikTok yang Beragam
Sebagai platform yang merayakan kreativitas dan menginspirasi kebahagiaan, TikTok telah membuka peluang tanpa batas bagi semua perempuan untuk maju dan berkembang bersama TikTok. Bertepatan dengan Hari Perempuan Sedunia yang jatuh pada bulan Maret, TikTok akan menghadirkan serangkaian program dan kegiatan menarik di Indonesia bersama para kreator populer sebagai sosok perempuan inspiratif hebat saat ini.
Beberapa kegiatan yang dilaksanakan di bawah kampanye #PerempuanBisa oleh TikTok antara lain:
- Kompetisi hashtag challenge dengan tema #WomenofTikTok di dalam aplikasi yang dilaksanakan mulai 1-14 Maret 2023.
- Perayaan Hari Perempuan Sedunia secara luring di MBloc Space pada tanggal 8 Maret yang berisi aktivitas seru bagi perempuan, antara lain pameran Wall of Fame yang menyorot para kreator perempuan #WomenofTikTok yang inspiratif, serta sesi talk show bersama kreator inspiratif TikTok yang akan membahas topik seputar perempuan, termasuk bagaimana kreator perempuan dapat memberikan dampak sosial dan ekonomi di dalam platform maupun kepada masyarakat luas.
Bangun Ruang Aman dan Nyaman Bagi Perempuan
Sebagai platform yang menginspirasi kreativitas dan menghadirkan kebahagiaan, TikTok terus berkomitmen untuk terus membangun ruang yang aman dan nyaman bagi seluruh perempuan dari berbagai latar belakang untuk maju dan berkembang, termasuk mereka yang merasa kurang terwakili dan diakui dengan mengangkat cerita inspiratifnya ke permukaan.
TikTok memiliki komitmen untuk mendobrak segala batasan dan menyediakan alat atau toolsguna mendukung perempuan, baik di dalam platform maupun di luar platform, bersama dengan para mitra dan komunitas di seluruh dunia.
Sebagai bagian dari komitmen yang berkelanjutan ini, TikTok sangat senang untuk mengumumkan kolaborasi bersama The Circle (@thecirclengo), sebuah organisasi non-profit yang fokus memperjuangkan hak perempuan, didirikan oleh penyanyi, penulis lagu dan aktivis perempuan, Annie Lennox.
Kolaborasi ini akan fokus mendukung gerakan-gerakan yang dipimpin oleh perempuan-perempuan hebat di Afrika, Asia, dan Eropa dalam bentuk pemberdayaan perempuan dan anak-anak perempuan yang pernah mengalami ketidakadilan dan kekerasan berkaitan dengan perbedaan gender.
Di TikTok, komunitas dan kreator merupakan pusat dari setiap hal yang kami lakukan. Mari bersama rayakan Hari Perempuan Sedunia selagi mengangkat berbagai cerita dan menggaungkan suara perempuan yang kuat, hebat, dan kreatif melalui tagar #WomenofTikTok.