1. Mom & Kids
  2. 6 Pola Asuh Anak pada Periode Golden Age
Mom & Kids

6 Pola Asuh Anak pada Periode Golden Age

6 Pola Asuh Anak pada Periode Golden Age

Pola Asuh Golden Age (Special)

Ladiestory.id - Periode golden age anak (1-5 tahun) merupakan suatu tahapan di mana anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang paling penting dan berpengaruh pada awal masa kehidupannya. Biasanya, ada beberapa hal penting yang wajib diketahui orang tua dalam mendidik anak di periode golden age ini.

Orang tua harus menentukan pola asuh yang cocok pada anak. Jangan sampai salah, karena nanti akan memengaruhi karakter, sifat, dan perilaku anak kedepannya. Bagaimana sih pola asuh periode golden age yang benar? Berikut ini informasinya.

Didik dengan Penuh Kasih Sayang dan Kelembutan

Pola Asuh Golden Age (Special)

Pada periode golden age ini, sel-sel otak yang ada pada anak sedang berkembang dengan pesat. Menurut penelitian, sebuah bentakan yang didapat anak pada masa ini dapat menyebabkan kerusakan miliaran sel pada otak yang sedang berkembang.

Bahkan kekerasan verbal maupun kekerasan fisik pada periode golden age ini juga dapat menghambat perkembangan psikologi anak. Akibatnya, anak akan menjadi pribadi yang kurang percaya diri atau sebaliknya bisa menjadi anak yang agresif.

Berikan Contoh yang Baik

Pola Asuh Golden Age (Special)

Pada periode golden age ini, sangat dianjurkan untuk memberikan anak sebuah contoh atau teladan yang baik. Karena pada periode ini, anak masih sangat suka meniru. Mereka akan suka meniru hal-hal yang dilihat, dirasakan, bahkan yang dia dengarkan dari orang-orang disekitarnya, terutama orang tuanya. 

Maka dari itu, pastikan untuk selalu mencontohkan atau memberikan teladan yang baik untuk sang anak. Misalnya saja seperti, menunjukkan perilaku sopan kepada sesama atau mengajak anak untuk ibadah tepat waktu.

Menjadi Pendengar yang Baik untuk Anak

Pola Asuh Golden Age (Special)

Begitu anak sudah mulai bisa berbicara, maka peran orang tua di sini sangatlah dibutuhkan. Orang tua harus aktif dalam memperhatikan anak. Ketika dia sudah mulai berbicara, dia akan menceritakan apapun kepada orang terdekatnya, terutama orang tuanya.

Oleh karena itu, jadilah pendengar yang baik untuk dirinya. Setelah anak selesai berbicara dan bercerita, Kamu bisa berikan respon positif kepadanya. Hal ini dilakukan supaya anak merasa dihargai dan kepercayaan diri yang ada dalam dirinya tumbuh dengan baik.

Berikan Apresiasi Terhadap Perilaku Positifnya

Pola Asuh Golden Age (Special)

Pengalaman anak pada periode golden age sangatlah berpengaruh bagi tumbuh kembangnya. Selain itu pengalaman pada periode ini juga memengaruhi pembentukan konsep dan citra sang anak. Saat anak melakukan sesuatu yang positif, maka sebagai orang tua sebaiknya berikanlah apresiasi yang bisa dalam bentuk pujian atau pelukan terhadap anak.

Sebaliknya, jika anak melakukan sebuah kesalahan, jangan buru-buru langsung memarahinya. tetapi jelaskan kepada anak dengan perlahan dan lemah lembut, bahwa tindakannya itu salah dan tidak harus dia lakukan. Ingat, bahwa anak saat itu sedang dalam masa belajar.

Berikan Rasa Nyaman dan Aman

Pola Asuh Golden Age (Special)

Memberikan rasa nyaman dan aman pada anak dalam periode ini adalah suatu hal yang sangat penting. Kedekatan dan kelekatan hubungan anak dengan orang tua akan memberikan anak rasa nyaman dan aman. Kualitas hubungan dengan orang tua pada periode ini akan menentukan kualitas hubungan anak dengan orang tua pada fase berikutnya.

Luangkan Waktu untuk Bermain Bersama

Pola Asuh Golden Age (Special)

Mainan terbaik anak bukanlah mainan yang mahal, tetapi orang tuanya. Ini memiliki arti bahwa permainan yang paling mengasyikkan menurut anak bukanlah aneka games dalam gadget tetapi permainan yang dilakukan bersama orang tua dan keluarganya.

Maka, luangkanlah waktu untuk mendampingi anak bermain. Selain itu, Kamu juga dapat membiarkan anak bermain dengan bebas tanpa mengekangnya dengan berbagai peraturan yang nantinya justru menghalangi kreativitasnya.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel