Putra Bungsu Menikah, Ini Pesan Jokowi untuk Kaesang Pangarep

Rabu, 14 Desember 2022 | 19:20:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Putra Bungsu Menikah, Ini Pesan Jokowi Untuk Kaesang Pangarep

Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Special)

Ladiestory.id - Kaesang Pangarep menikah dengan Erina Gudono pada Sabtu (10/12/2022). Rangkaian acara pernikahan pasangan ini dilanjutkan dengan acara ngunduh mantu di Solo, Jawa Tengah pada Minggu (11/12/2022).

Dalam acara tersebut, Joko Widodo alias Jokowi memberikan beberapa pesan untuk sang putra bungsu, Kaesang Pangarep. Jokowi pun menyampaikan pesan yang ditujukan untuk anak serta menantunya yang lain. Putra-putri Jokowi ini bersimpuh di bawah kaki ayah dan ibu.

Pesan Jokowi untuk Anak Mantu

Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Special)

Sebelum menyampaikan pesan, Jokowi berharap agar keluarga besarnya diberikan kebaikan dan kesehatan. Lantas, Jokowi memulai untuk memberikan pesan kepada anak dan menantunya.

"Aku, ibumu, dan anak cucuku semua senantiasa diberi kebaikan, kesehatan," ucap Jokowi.

“Bapak ibu akan memberi nasehat pada kalian semua," sambungnya.

Kemudian, Jokowi menyampaikan beberapa pesan menggunakan bahasa Jawa. Pesan pertama, Jokowi mengingatkan agar anak dan cucunya selalu patuh terhadap perintah Tuhan. Pasalny,a hal tersebut menjadi pedoman penting dalam membina rumah tangga, terlebih semua anak Jokowi sudah menikah.

"Pertama jangan lupa mematuhi perintah Tuhanmu dalam menjalani rumah tangga," jelasnya.

Pesan kedua terkait hubungan antara Gibran, Kahiyang, dan Kaesang. Meski ketiganya sudah berumah tangga, namun Jokowi berpesan agar mereka bisa hidup saling rukun.

"Kedua, kepada anak sulungku Gibran Rakabuming kamu bisa mengayomi menjadi teladan untuk adik-adikmu semua," tutur Jokowi.

"Sebaliknya para adik-adik berbakti dan menghormati kepada saudara tua. Rukun dalam hal bersaudara," lanjutnya lagi.

Pesan ketiga yakni meminta anak dan cucunya bisa hidup berguna untuk bangsa, negara, dan agama. Mengingat, anak dan menantunya merupakan pejabat di Indonesia. Seperti diketahui, Gibran merupakan Wali Kota Solo, sementara Bobby Nasution merupakan merupakan Wali Kota Medan.

“Untuk anak dan cucuku semua kalian semua bisa menjalani hidup rumah tangga agung berguna untuk semua, berguna untuk bangsa, berguna untuk negara, berguna untuk agama," terangnya.

Kemudian yang terakhir, Jokowi meminta kepada anak dan cucunya agar menjaga kehormatan nama orang tuanya. Mengingat hingga kini Jokowi masih menjabat sebagai Presiden Indonesia. Sebagai penutup, Jokowi pun meminta agar anak cucunya bisa menjalankan pesan tersebut dengan sungguh-sungguh.

"Selalu menjunjung tinggi dan memendam sedalam-dalamnya nama orang tua," kata Jokowi.

"Hanya ini nasihat bapak dan ibumu. Lakukanlah dengan sungguh-sungguh," pungkasnya.

Pesan Khusus Jokowi untuk Kaesang

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menggelar acara ngunduh mantu. (Special)

Dalam acara ngunduh mantu tersebut, Jokowi juga memberikan pesan khusus untuk anak bungsunya yang kini telah berganti  status menjadi seorang suami. Sebelum memberikan pesan, Jokowi mendoakan rumah tangga Kaesang dan Erina agar selalu bahagia.

Jokowi pun berpesan kepada Kaesang dan Erina agar saling melengkapi dan pengertian. Hal tersebut bisa membuat rumah tangga mereka harmonis hingga kakek dan nenek.

"Saya pesan saling pengertian, saling melengkapi kemudian rukun, harmonis sepanjang masa sampai kaken-kaken, ninen-ninen," kata Jokowi

Lebih lanjut, Jokowi menyentil sikap putra bungsunya yang ‘slengean’. Jokowi meminta agar Kaesang menjadi pribadi yang lebih serius setelah menikah.

Meski begitu, Jokowi berharap Kaesang tidak terlalu serius dalam menghadapi hidup. Menurut Jokowi, orang yang terlalu serius akan lebih cepat tua.

"Tapi secara khusus saya sampaikan kepada Kaesang. Kaesang ini kan senangnya slengean dan tidak serius. Nah ini sudah punya istri," pesan Jokowi kepada Kaesang.