1. Lifestyle
  2. Personal Growth, 6 Cara Agar Pengembangan Diri Tumbuh Lebih Cepat
Lifestyle

Personal Growth, 6 Cara Agar Pengembangan Diri Tumbuh Lebih Cepat

Personal Growth, 6 Cara Agar Pengembangan Diri Tumbuh Lebih Cepat

Siapa sih, Ladies, yang tidak ingin perkembangan dirinya bisa tumbuh lebih baik dan bahagia dengan cara yang lebih cepat? Namun, seperti halnya mie instan yang kerap dianggap memiliki efek buruk bagi kesehatan, hal-hal yang disebut instan atau lebih cepat biasanya akan dianggap memiliki efek yang tidak baik. Tapi, kamu tak perlu khawatir. Makna cepat tak melulu instan, kok. Akan tetapi, bisa lebih mempercepat proses dari yang biasanya kerap membuatmu malas untuk tumbuh berkembang. Sebab itulah, berikut ini ada 6 cara agar perkembangan diri tumbuh lebih cepat, supaya rasa malas di dalam diri bisa segera memudar seketika!

1. Pelajarilah kisah kegagalan orang lain

Pelajarilah kisah kegagalan orang lain
sumber: freepik.com

Jika kisah kesuksesan seseorang kerap membuatmu iri atau merasa tak sanggup menjadi sehebat dirinya, maka pelajarilah cerita jatuh bangun seseorang yang merasa gagal, Ladies. Kegagalan seseorang tak melulu memberikan pelajaran yang buruk sebab ia gagal. Justru, kamu bisa menganalisis step by step dari cerita kegagalan tersebut dan ambillah hikmahnya. Melalui cerita kegagalan orang lain, kamu pun bisa mengetahui kesalahan-kesalahan yang pernah ia perbuat dan kamu bisa lebih waspada agar tidak melakukan kesalahan tersebut di kemudian hari. Selain itu, pikiranmu pun akan terlatih untuk mencari solusi dari setiap kesalahan yang ada dalam cerita kegagalan seseorang.

2. Lakukan yang kamu suka, tak perlu mengikuti apa yang sedang hits

Lakukan yang kamu suka, tak perlu mengikuti apa yang sedang hits
sumber: freepik.com

Kamu tak perlu mengikuti keinginan pasar jika itu tidak sesuai dengan apa yang kamu cintai, Ladies. Misalnya saja, akhir-akhir ini banyak sekali kedai kopi yang berjejer di pinggir jalan maupun di dalam komplek perumahan. Lantas, bukan berarti kamu juga harus membuka usaha kopi supaya laris seperti mereka, padahal kamu tidak suka minum kopi dan lebih suka minum teh. Sehingga, kamu pun akan setengah-setengah ketika harus memperdalam ilmu membuat kopi yang enak dan tentu harus dicicipi terlebih dulu olehmu. Sementara kamu saja tidak suka minum kopi. Nah, daripada melakukan hal yang sama sekali tidak kamu sukai, mendingan kamu membuka kedai minuma teh yang diolah dengan berbagai bahan tambahan, seperti susu, perasa cokelat dan buah, serta lainnya. Tentu, kamu akan lebih bersemangat melakukan hal yang kamu suka, kan?

3. Berpura-puralah percaya diri ketika melakukan setiap usaha sampai ada hasilnya

Berpura-puralah percaya diri ketika melakukan setiap usaha sampai ada hasilnya
sumber: freepik.com

Kalau kamu bukan tipe orang yang percaya diri, maka mulai saat ini berpura-puralah untuk percaya diri dalam melakukan kegiatan apapun. Berpura-pura bukan berarti kamu menipu orang lain, Ladies. Akan tetapi, ketika kamu berusaha untuk berpura-pura percaya diri demi menyelesaikan misimu, lama-kelamaan kamu pun akan terbiasa menjadi seseorang yang percaya diri tanpa perlu berpura-pura lagi. Tanpa kamu sadari, pura-pura percaya diri akan menjadi sebuah kebiasaan yang menempel dalam karaktermu. Pastinya, pura-pura yang kamu lakukan kali ini tidak merugikan siapapun, kok. Justru malah bisa memperbaiki sifat rendah dirimu!

4. Bertemulah dengan banyak orang, belajarlah mendengar

Bertemulah dengan banyak orang, belajarlah mendengar
sumber: freepik.com

Seorang introvert bukan berarti mereka tak perlu bertemu banyak orang. Sebab, senyaman-nyamannya seseorang dalam keadaan menyendiri, ia akan tetap butuh orang lain untuk sekadar mendengarnya bercerita, membantunya ketika sakit, atau sekadar menjadi media belajar tentang pengalaman hidup yang dialami oleh orang yang bercerita tentang pengalamannya itu. Nah, ketika kamu bertemu dengan orang lain lalu membicarakan banyak hal, maka jadilah seorang pendengar yang baik. Sebab, dengan menjadi pendengar yang baik, kamu bisa mendengarkan setiap detail cerita, dan tentu akan mendapatkan pelajaran yang tak terduga!

5. Tak perlu ragu dan malu bertanya, setiap orang berhak mempertanyakan pertanyaan yang bodoh sekalipun

Tak perlu ragu dan malu bertanya, setiap orang berhak mempertanyakan pertanyaan yang bodoh sekalipun
sumber: freepik.com

Kerap kita jumpai adanya beberapa orang yang menertawai seseorang yang sedang bertanya dalam sebuah seminar, dan mengatakan bahwa pertanyaan orang tersebut adalah pertanyaan bodoh. Padahal, mungkin saja hanya dirinyalah yang mengatakan pertanyaan seseorang itu adalah pertanyaan bodoh, dan barangkali bagi orang lain pertanyaan tersebut malah bisa menjawab segala kegalauannya. Jadi, bertanyalah segala hal yang membuatmu ingin tahu apa jawabannya. Tak perlu ragu atau takut salah. Namanya juga bertanya. Kamu bisa menganggap dirimu bodoh dan perlu bertanya. Tak mengapa, Ladies. Sebab, ketika kamu sudah terbiasa senang bertanya, kamu pun akan terlepas dari kesesatan berpikir yang jarang disadari banyak orang.

6. Pelajari banyak hal baru, setelah menguasainya ajarkan kepada orang lain

Pelajari banyak hal baru, setelah menguasainya ajarkan kepada orang lain
sumber: freepik.com

Hindarilah sifat mudah puas ketika belajar dan berkarya. Sebab, masih banyak keahlian lain yang bisa kamu pelajari dan kuasai. Nah, jika kamu sudah menguasai satu langkah dalam sebuah perlajaran tersebut, sebisa mungkin ajarkanlah kembali pelajaran itu kepada orang lain, Ladies. Sebab, kegiatan seperti itulah yang dimaksud dengan mengasah pisau tetap tajam dan tidak membiarkannya tumpul.

Jadi, mau mulai menerapkan yang mana dulu nih, Ladies?

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel