1. Lifestyle
  2. Pernah Dibentak Sahabat Nabi, Inilah 3 Fakta Malaikat Munkar dan Nakir
Lifestyle

Pernah Dibentak Sahabat Nabi, Inilah 3 Fakta Malaikat Munkar dan Nakir

Pernah Dibentak Sahabat Nabi, Inilah 3 Fakta Malaikat Munkar dan Nakir

Ilustrasi malaikat. (Spesial)

Ladiestory.id - Setiap manusia yang diciptakan oleh Allah SWT pasti akan mengalami kematian dan berada di alam kubur. Dari dunia yang indah ini, kita akan dikuburkan dan beralih ke alam kubur. Disinilah para jenazah akan bertemu dengan malaikat Munkar dan Nakir. 

Memiliki Wujud Menyeramkan 

Mungkin kita sudah pernah membaca informasi tentang wujud beberapa malaikat misalnya, malaikat Jibril yang memiliki 600 sayap dan membentang dari timur ke barat, malikat Izrail mempunyai empat wajah, wajah di kepala, muka, punggung dan telapak kaki.

Allah menciptakan malaikat Munkar dan Nakir dengan wujud yang menyeramkan. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang mengatakan bahwa setiap roh di alam kubur akan berjumpa dengan dua malaikat hitam dan biru bernama Munkar dan Nakir.

"Ketika seseorang telah diletakkan di dalam kuburnya, maka malaikat Munkar dan Nakir mendatanginya. Keduanya adalah malaikat yang kasar, keras, hitam-kebiruan warnanya seperti malam yang gelap gulita, suaranya seperti petir yang menggelegar, matanya seperti api yang menyala, gigi-giginya seperti tombak, rambutnya terseret di atas tanah dan di kedua tangannya terdapat alat pemukul atau palu jika jin dan manusia semua berkumpul untuk mengangkatnya maka tidak akan mampu."

Bertugas Menanyai Manusia di Alam Kubur

Ilustrasi makam. (Spesial)

 

Tugas Malaikat Munkar dan Nakir tercantum dalam hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda : 
hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

( إِذَا قُبِرَ الْمَيِّتُ أَوْ قَالَ أَحَدُكُمْ أَتَاهُ مَلَكَانِ أَسْوَدَانِ أَزْرَقَانِ يُقَالُ لأَحَدِهِمَا الْمُنْكَرُ وَالآخَرُ النَّكِيرُ ، فَيَقُولَانِ : مَا كُنْتَ تَقُولُ فِي هَذَا الرَّجُلِ ؟ فَيَقُولُ مَا كَانَ يَقُولُ : هُوَ عَبْدُ اللَّهِ وَرَسُولُهُ ، أَشْهَدُ أَنْ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ . فَيَقُولانِ : قَدْ كُنَّا نَعْلَمُ أَنَّكَ تَقُولُ هَذَا ، ثُمَّ يُفْسَحُ لَهُ فِي قَبْرِهِ سَبْعُونَ ذِرَاعًا فِي سَبْعِينَ ، ثُمَّ يُنَوَّرُ لَهُ فِيهِ ، ثُمَّ يُقَالُ لَهُ : نَمْ ، فَيَقُولُ : أَرْجِعُ إِلَى أَهْلِي فَأُخْبِرُهُمْ ، فَيَقُولَانِ : نَمْ كَنَوْمَةِ الْعَرُوسِ الَّذِي لا يُوقِظُهُ إِلا أَحَبُّ أَهْلِهِ إِلَيْهِ حَتَّى يَبْعَثَهُ اللَّهُ مِنْ مَضْجَعِهِ ذَلِكَ .وَإِنْ كَانَ مُنَافِقًا قَالَ : سَمِعْتُ النَّاسَ يَقُولُونَ فَقُلْتُ مِثْلَهُ لا أَدْرِي . فَيَقُولَانِ : قَدْ كُنَّا نَعْلَمُ أَنَّكَ تَقُولُ ذَلِكَ ، فَيُقَالُ لِلأَرْضِ : الْتَئِمِي عَلَيْهِ ، فَتَلْتَئِمُ عَلَيْهِ ، فَتَخْتَلِفُ فِيهَا أَضْلاعُهُ ، فَلا يَزَالُ فِيهَا مُعَذَّبًا حَتَّى يَبْعَثَهُ اللَّهُ مِنْ مَضْجَعِهِ ذَلِكَ ) والحديث حسنه الألباني في صحيح الترمذي .

Artinya: “Apabila mayat atau salah seorang dari kalian sudah dikuburkan, ia akan didatangi dua malaikat hitam dan biru, salah satunya Munkar dan yang lain Nakir. Keduanya berkata, 'Apa pendapatmu tentang orang ini (Nabi Muhammad)?', maka ia menjawab sebagaimana ketika di dunia, 'Abdullah dan Rasul-Nya, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah'. Keduanya berkata, 'Kami telah mengetahui bahwa kamu dulu telah mengatakan itu'.

Kemudian kuburannya diperluas 70 x 70 hasta, dan diberi penerangan, dan dikatakan: 'Tidurlah'. Dia menjawab: 'Aku mau pulang ke rumah untuk memberitahu keluargaku'.

Keduanya berkata, 'Tidurlah, sebagaimana tidurnya pengantin baru, tidak ada yang dapat membangunkannya kecuali orang yang paling dicintainya, sampai Allah membangkitkannya dari tempat tidurnya tersebut'”.(HR. Tirmidzi).

Dari hadist diatas kita bisa mengetahui bahwa tugas malaikat Munkar dan Nakir adalah memberikan pertanyaan kepada roh di alam kubur. Sesuai dengan sabda Rasulullah mengenai 6 pertanyaan yang kelak akan diajukan oleh malaikat Munkar dan Nakir:

1. Man rabbuka? "Siapa Tuhanmu?"
2. Ma dinuka? "Apa agamamu?"
3. Man nabiyyuka?  "Siapa Nabimu?"
4. Ma kitabuka? "Apa kitabmu?"
5. Aina qiblatuka? "Di mana kiblatmu?"
6. Man ikhwanuka?  "Siapa saudaramu?"

Dibentak Umar bin Khattab

Walau memiliki wujud yang mengerikan ternyata malaikat Munkar dan Nakir pernah dibentak oleh Umar bin Khattab. Dikisahkan, bahwa setelah Umar bin Khattab wafat, para pengantar jenazah telah pergi meninggalkan makam, kecuali Ali bin Abi Thalib yang masih duduk di samping makam.

Beliau mengetahui bahwa Umar bin Khattab adalah seorang khalifah yang keras, sehingga membuatnya penasaran bagaimana Umar akan meghadapi malaikat Munkar dan Nakir.

Maka ia berdoa kepada Allah agar bisa mendengar percakapan Umar dengan kedua malaikat tersebut, dan Allah mengabulkannya. Beberapa saat kemudian Ali mendengar percakapan malaikat Munkar dan Nakir dengan Umar bin Khattab. "Man rabbuka", "Siapa tuhanmu", bentak malaikat kepada Umar.

"Hai malaikat! Engkau mendatangi aku, sahabat Rasulullah dan bertanya siapa tuhanku?", jawab Umar sambil membentak malaikat, bahkan tanpa menjawab apa yang ditanyakan malaikat.

"Aku peringatkan kepadamu, jangan lagi menakut-nakuti orang-orang beriman dengan penampilan dan wajah sangarmu itu. Ganti wajahmu yang menyeramkan dengan wajah yang lain agar tidak menakut-nakuti orang-orang muslim", tambah Umar.

Itulah tadi ulasan tentang Malaikat Munkar dan Nakir. Semoga bisa menambah pengetahuan dan keimanan kita kepada Allah, agar kita bisa menyiapkan bekal di hari akhir nanti.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel