Perhatikan! Kebiasaan Makan Makanan Ini Bisa Sebabkan Rambut Rontok

Rabu, 31 Januari 2024 | 15:04:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Perhatikan! Kebiasaan Makan Makanan Ini Bisa Sebabkan Rambut Rontok

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Rambut rontok merupakan masalah umum yang terjadi pada seseorang. Hal ini bisa disebabkan dari gaya hidup yang tidak sehat, stres berlebihan, dan kebiasaan makan makanan yang tidak sehat.

Untuk mengatasinya, maka perlu diperhatikan juga untuk memilih makanan yang lebih sehat dan bergizi. Hal ini karena mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi sangat penting bagi tubuh, yang juga menyediakan nutrisi untuk rambut.

Melansir Health Shots, berikut daftar makanan yang bisa sebabkan rambut rontok.

Makanan yang Digoreng atau Berminyak

Ilustrasi Wanita Makan Makanan Digoreng. (Freepik.com)

 

Lemak yang ditemukan pada makanan yang digoreng memiliki keterkaitan dengan peningkatan kadar dihidrotestosteron (DHT) dan testosteron yang bisa sebabkan kerontokan rambut. 

Selain itu, saat mengonsumsi makanan yang dimasak dengan suhu tinggi, akan menyebabkan peningkatan stres oksidatif dalam tubuh, yang bisa menyebabkan peradangan dan berefek pada rambut rontok.

Makanan dengan Kadar Merkuri Tinggi

Ilustrasi Wanita Makan Sushi. (Freepik.com)

 

Beberapa jenis ikan seperti makarel, sushi, dan tuna, mengandung merkuri yang cukup tinggi. Kadar merkuri yang tinggi sangat berkaitan dengan kerontokan yang terjadi pada rambut.

Oleh karena itu, perhatikanlah makanan apa saja yang dikonsumsi, jangan sampai berlebihan memakan makanan dengan kadar merkuri tinggi.

Pola Makan Rendah Protein

Ilustrasi Wanita Makan Daging Sapi. (Freepik.com)

 

Protein mengandung asam amino yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Folikel rambut membutuhkan pasokan protein agar dapat tumbuh dan berfungsi dengan baik. Kekurangan protein menyebabkan rambut menipis, rambut rontok dan rambut rapuh.

Untuk mengurangi rambut rontok, maka cukupilah kebutuhan protein dalam tubuh.

Makanan Tinggi Gula Olahan

Ilustrasi Wanita Makan Makanan Tinggi Gula Olahan. (Freepik.com)

 

Mengonsumsi gula olahan dengan kadar cukup tinggi bisa menyebabkan peningkatan insulin, yang dapat menyusutkan folikel rambut. Hal ini berdampak pada kerontokan pada rambut. Sebaiknya, hindarilah makanan yang dipanggang dan makanan kemasan.

Rendah Asupan Zinc dan Zat Besi

Ilustrasi Wanita Makan Makanan Mengandung Zat Besi. (Freepik.com)

 

Zinc dan zat besi membantu pembentukan keratin yang penting untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut. Rendahnya asupan nutrisi tersebut berdampak buruk pada rambut dan menyebabkan kerontokan pada rambut.

Zinc adalah mineral penting yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, seseorang harus mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat. Sementara kekurangan zat besi dalam makanan dapat menyebabkan anemia, yang menghambat pasokan nutrisi ke folikel rambut dan mengganggu siklus pertumbuhan rambut.