1. Health
  2. Perempuan Wajib Tahu! Ini 5 Jenis Teh Terbaik Untuk Redakan Kram Menstruasi
Health

Perempuan Wajib Tahu! Ini 5 Jenis Teh Terbaik Untuk Redakan Kram Menstruasi

Perempuan Wajib Tahu! Ini 5 Jenis Teh Terbaik Untuk Redakan Kram Menstruasi

Ilustrasi Perempuan Kram Menstruasi. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Menstruasi kerap kali menimbulkan beragam gejala, salah satunya adalah kram perut. Adapun sensasi nyeri di perut bagian bawah sebelum atau selama menstruasi berlangsung disebabkan karena adanya kontraksi rahim saat lapisan rahim meluruh. 

Kram menstruasi atau dismenore memiliki intensitas yang berbeda-beda pada tiap perempuan, mulai dari ringan hingga nyeri berat. Itulah mengapa bermunculan obat pereda nyeri dan terapi panas untuk meredakan kram menstruasi.

Selain mengonsumi obat pereda atau terapi panas, kram menstruasi juga bisa diredakan dengan minum teh. Minum teh beberapa hari sebelum menstruasi akan mempengaruhi kram pada perut saat menstruasi berlangsung.

Melansir Healthshots, berikut ini beberapa jenis racikan teh yang bermanfaat untuk meredakan kram menstruasi.

Teh Chamomile

Jenis Teh Terbaik Untuk Redakan Kram Menstruasi: Teh Chamomile. (Freepik.com)

 

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Community Based Nursing And Midwifery pada tahun 2021, teh chamomile dapat dianggap sebagai cara yang efektif untuk mengobati dismenore dan mengurangi pendarahan menstruasi. 

Teh chamomile mengandung sifat antiperadangan dan bertindak sebagai pelemas otot, yang dapat meredakan kram menstruasi dan meningkatkan relaksasi.

Teh Hijau

Jenis Teh Terbaik Untuk Redakan Kram Menstruasi: Teh Hijau. (Freepik.com)

 

Dalam sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan di BMJ Open, ditemukan hubungan antara minum teh hijau dan rendahnya prevalensi dismenore. Kaya akan antioksidan pada teh hijau dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, yang berpotensi meredakan nyeri haid.

Teh Adas

Jenis Teh Terbaik Untuk Redakan Kram Menstruasi: Teh Adas. (Shutterstock)

 

Teh adas dipercaya dapat membantu mencegah kontraksi rahim, yang dikenal sebagai penyebab nyeri haid. Khasiat antispasmodik adas dapat membantu meredakan kram menstruasi. Selain itu, mengonsumsi teh adas juga dapat membantu mengurangi kembung yang disebabkan saat menstruasi berlangsung.

Teh Daun Raspberry Merah

Jenis Teh Terbaik Untuk Redakan Kram Menstruasi: Teh Raspberry. (Freepik.com)

 

Daun raspberry merah dipercaya bisa membantu mengencangkan otot rahim, yang dapat membantu mengurangi nyeri kram menstruasi. Racikan teh dari daun raspberry bisa digunakan untuk meredakan ketidaknyamanan saat menstruasi.

Teh Kunyit

Jenis Teh Terbaik Untuk Redakan Kram Menstruasi: Teh Kunyit. (Freepik.com)

 

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Korean Journal of Family Medicine pada Maret 2024, kurkumin yang merupakan senyawa aktif dalam kunyit dapat membantu meringankan keparahan kram menstruasi. Kurkumin memiliki sifat antiperadangan yang kuat yang dipercaya dapat membantu meredakan nyeri haid.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel