Tampak Serupa, Ternyata Ini Perbedaan Kung Fu dan Karate

Sabtu, 18 Desember 2021 | 12:00:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Tampak Serupa, Ternyata Ini Perbedaan Kung Fu Dan Karate

Ilustrasi kung fu dan karate. (Special)

Ladiestory.id - Jika Kamu pernah melihat orang sedang berlatih kung fu atau karate pasti sangat sulit membedakan gerakan satu dengan yang lainnya. Sekilas hampir mirip yaitu sama-sama seni bela diri menggunakan tangan atau kaki.

Perbedaan Kung Fu dan Karate

Namun ternyata kung fu dan karate memiliki banyak perbedaan. Apa saja perbedaanya? Yuk simak lebih lanjut penjelasannya.

Asal

karate
Ilustrasi karate. (fightsports.tv)

Asal seni bela diri kung fu berasal dari Cina sedangkan karate berasal dari Kerajaan Ryukyu di Jepang. Awal mulanya kung fu hanya jenis latihan spiritual yang membutuhkan konsetrasi tinggi dan kedisplinan, kemudian dikembangkan menjadi salah satu seni bela diri yang kuat.

Sedangkan karate merupakan gabungan beberapa teknik bela diri, yaitu bela diri Kerajaan Rukkyu, kempo Cina dan seni bela diri tradisional Jepang. Secara harfiah karate artinya tangan kosong.

Gerakan

Dalam kung fu gerakan yang dominan adalah melingkar yang sering disebut teknik gerakan lembut. Seorang ahli kung fu masih bisa terlihat tenang saat memberikan perlawanan. Kung Fu memiliki kekuatan yang lebih besar dibandingkan karate, sebagian besar gaya dalam kung fu diadopsi dari  hewan katak, kuda, ular dan naga. Dalam kung fu tujuannya adalah menyebabkan kerusakan tanpa harus kehilangan keseimbangan.

Pergerakan karate sendiri sangatlah mendasar, dan linear. Gerakan dalam karate cenderung ringan, pendek dan tekniknya cepat. Dalam karate penyerang tidak pernah menyerang terlebih dahulu, dia menunggu lawan melakukan serangan. Meskipun kekuatannya tidak lebih besar dibandingkan dengan kung fu namun memberikan dampak yang sama terhadap lawan.

Pakaian

kung fu
Ilustasi kung fu. (news.cgtn.com)

Kamu juga bisa membedakan orang yang berlatih kung fu atau karate hanya dengan melihat pakaiannya saja. Umumnya mereka yang berlatih karate menggunakan kimono dan bertelanjang kaki, warna kimono tidak terlalu diperhatikan melainkan sabuk kimono yang menunjukkan tingkat kemahiran dalam karate. Sedangkan orang yang berlatih kung fu cenderung mengenakan pakaian atasan Cina dan sepatu datar yang lembut.

Instuktur

Dalam belajar seni bela diri tentu kita memiliki instruktur atau guru yang membantu kita agar bisa lebih mahir. Dalam seni bela diri kung fu instrukturnya disebut dengan Si Fu. Sedangkan dalam karate instuktunya disebut dengan Sensei.

Jenis

karate
Ilustrasi karate. (punchermedia.com)

Seni bela diri kung fu memiliki tiga jenis bentuk yang mematikan di antaranya: Wing Chun, Belalang Sembah dan Monyet. Sedangkan karate memiliki empat jenis ilmu standar karate, yaitu Shotokan, Goju-ryu, Shito-ryu dan Wado-ryu.

Asosiasi dan Federasi

Asosiasi besar dalam kung fun ada dua yakni Federasi Kung Fu Internasional (IKF) dan Federasi Wushu Internasional (IWUF). Sedangkan Karate memiliki Asosiasi Karate Internatiol dan dua Federasi yakni Federasi Karate dan Federasi Karate Dunia WKF.