1. Health
  2. Jarang Diketahui, Ini Perbedaan Jahe Putih dan Jahe Merah
Health

Jarang Diketahui, Ini Perbedaan Jahe Putih dan Jahe Merah

Jarang Diketahui, Ini Perbedaan Jahe Putih dan Jahe Merah

Ilustrasi jahe putih. (Special)

Ladiestory.id - Jahe menjadi salah satu rempah yang banyak dijumpai di Indonesia. Memiliki nama latin Zingiber officinale, jahe kerap digunakan sebagai bumbu dapur hingga pengobatan.

Banyak orang yang tidak tahu jika jahe memiliki beberapa jenis, yaitu ada jahe putih dan jahe merah. Namun selama ini sebagian besar orang hanya tahu mengenai jahe putih saja. Padahal jika melihat dari khasiat yang dimiliki, jahe merah juga tidak kalah bagus dari jahe putih atau jahe biasa.

Jahe putih memiliki beberapa perbedaan dengan jahe merah. Sehingga jika Kamu ingin memanfaatkan salah satu rempah populer ini, sebaiknya ketahui dulu beberapa perbedaannya.

Berikut ini rangkuman perbedaan antara jahe putih dan jahe merah yang perlu Kamu ketahui.

Warna

Ilustrasi jahe merah.(Special)

Dari segi warna, antara jahe putih dengan jahe merah memiliki perbedaan yang signifikan. Jahe putih tampak putih kekuningan dengan serat daging yang lebih sedikit dan lembut. Berbeda dengan jahe merah yang memiliki ciri khas rimpangnya yang tampak jingga muda hingga merah.  

Rimpang

Ilustrasi jahe putih. (Special)

Jahe putih memiliki ukuran rimpang yang lebih besar dan gemuk, dengan potongan melintang, berserat sedikit dan lembut. Rimpang jahe putih biasanya dipanen saat masih muda untuk kebutuhan bumbu masak.

Berbeda dengan jahe merah yang biasanya dipanen saat sudah tua. Rimpang jahe merah pun juga cukup berbeda dengan jahe putih, yangmana ukurannya lebih kecil.

Aroma

Ilustrasi jahe putih dan jahe merah. (Special)

Dari segi aroma, jahe putih tidak terlalu tajam saat dicium. Jika dirasakan pun kurang pedas.

Berbeda dengan jahe merah yang memiliki aroma tajam dengan rasa yang sangat pedas. Hal ini lantaran pada jahe merah mengandung oleoresin yang lebih tinggi dibandingkan dengan jahe putih.

Kandungan Nutrisi

Ilustrasi jahe putih dan jahe merah. (Special)

Kandungan nutrisi antara jahe putih dan jahe merah sebenarnya sama, yaitu vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, vitamin C, besi, fosfor, dan kalsium. Hanya saja jahe merah memiliki kandungan minyak atsiri yang lebih banyak. Begitu juga untuk kandungan zat oleoresin, gingerol, dan zingeron. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa jahe merah sangat bagus untuk meredakan batuk dan mencegah peradangan pada usus.

Khasiat

Ilustrasi minuman teh jahe. (Special)

Jika melihat dari khasiatnya, kedua jenis jahe ini memiliki beberapa manfaat berbeda, meskipun sama-sama bagus untuk kesehatan atau pengobatan. Jahe putih memiliki khasiat untuk memerangi infeksi, membantu mencegah kanker, meningkatkan fungsi otak, melindungi dari risiko penyaki alzheimer, hingga untuk membantu menenangkan otot yang sakit.

Sedangkan jahe merah berkhasiat untuk menghangatkan tubuh, mengobati sakit kepala, meningkatkan kekebalan tubuh, mengobati batuk, mengatasi mual, membantu meningkatkan nafsu makan, membantu menurunkan berat badan, juga untuk menjaga kesehatan jantung.

Untuk penggunaan sehari-hari, jahe putih dan merah biasanya banyak dijumpai sebagai bumbu dapur dan pembuatan obat maupun jamu.

Harga

Ilustrasi jahe putih. (Special)

Harga jahe merah di pasaran biasanya jauh lebih mahal dibandingkan dengan jahe putih. Hal ini kemungkinan besar lantaran jahe putih lebih mudah didapatkan dan banyak dibudidaya dibandingkan dengan jahe merah.

Jika Kamu tertarik untuk memanfaatkan jahe putih maupun jahe merah untuk kebutuhan kesehatan atau pengobatan, sebaiknya konsumsi secukupnya saja. Karena, konsumsi jahe secara berlebihan bisa menimbulkan efek samping tertentu. Agar lebih aman, sebaiknya konsultasikan ke dokter jika ingin mengonsumsinya jangka panjang.

Follow our
media updates!
Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel