1. Health
  2. 5 Perawatan untuk Cegah Gigi Berlubang, Yuk Lakukan!
Health

5 Perawatan untuk Cegah Gigi Berlubang, Yuk Lakukan!

5 Perawatan untuk Cegah Gigi Berlubang, Yuk Lakukan!

Ilustrasi perempuan dengan gigi sehat. (Special)

Ladiestory.id - Gigi dan mulut merupakan bagian tubuh yang harus senantiasa dijaga kebersihannya. Lalai dalam menjaga kebersihan gigi maupun mulut akan menimbulkan beragam masalah kesehatan, mulai dari sakit gigi, gigi berlubang, bahkan gusi bengkak.

Gigi yang tidak dirawat secara baik akan menyebabkan terjadinya karies dan rusaknya lapisan pada gigi. Jika dibiarkan maka lama-kelamaan akan terbentuk lubang pada gigi. 

Gigi yang berlubang juga akan menyebabkan rasa nyeri dan sensasi berdenyut. Keadaan ini akan sangat mengganggu aktivitas. Tak hanya itu, terkadang sakit gigi karena gigi berlubang juga akan membuat bagian tubuh lainnya ikut terasa sakit.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan dan merawat gigi. Menjaga kebersihan gigi bukan hanya dengan menggosok gigi saja. Namun, ada beberapa langkah perawatan untuk mencegah gigi berlubang. Ladies, yuk simak ulasan lengkapnya.

Gosok Gigi Secara Teratur

Ilustrasi gosok gigi. (Special)

Agar terhindar dari gigi berlubang, Kamu wajib menggosok gigi secara teratur. Idealnya, menggosok gigi adalah minimal dua kali dalam sehari dan dengan cara yang tepat.

Kamu bisa menggosok gigi setelah selesai sarapan. Berikan jeda sekitar 30-60 menit setelah sarapan sebelum menggosok gigi.

Hal ini bertujuan agar enamel atau lapisan pelindung gigi tidak ikut terangkat ketika menggosok gigi. Enamel akan terkikis terlebih jika Kamu mengonsumsi makanan yang sifatnya asam, seperti roti, teh ataupun kopi. 

Pada malam hari sebelum tidur, Kamu juga perlu menggosok gigi terlebih dulu. Kuman maupun plak yang tertinggal di gigi akibat sisa makanan atau minuman yang Kamu konsumsi akan hilang dengan menggosok gigi di malam hari. Selain itu, agar dapat bersih secara maksimal, kamu juga bisa menggunakan benang gigi minimal satu kali sehari.

Pilih Pasta Gigi yang Mengandung Flouride

Ilustrasi pasta gigi mengandung flouride. (Special)

Ketika memilih pasta gigi, Kamu juga perlu lebih jeli melihat kandungan bahan di dalamnya. Pilihlah pasta gigi yang mengandung flouride

Flouride dalam pasta gigi dapat membantu mengahmbat tumbuhnya bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Selain itu, flouride juga dapat membantu melindungi enamel gigi. Sehingga gigi menjadi lebih tahan terhadap asam dan dapat terhindar dari risiko gigi berlubang.

Gunakan Obat Kumur

Ilustrasi menggunakan obat kumur. (Special)

Untuk menjaga kebersihan gigi, Kamu juga bisa menggunakan obat kumur. Obat kumur dengan kandungan antiseptik dapat mencegah terbentuknya plak dan risiko gigi berlubang.

Dengan menggunakan obat kumur, maka sisa makanan yang ada di sela-sela gigi akan hilang. Biasanya sisa makanan yang ada di sela-sela gigi akan sulit dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi maupun benang gigi. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan obat kumur antiseptik.

Batasi Konsumsi Makanan atau Minuman Manis

Ilustrasi makanan dan minuman manis. (Special)

Makanan atau minuman manis mampu membuat produksi asam meningkat sehingga dapat merusak enamel gigi. Sebaiknya Kamu membatasi konsumsi jenis makanan atau minuman yang manis.

Selain itu, sisa makanan atau minuman yang menempel terlalu lama di gigi juga dapat merusak gigi. Hal ini terjadi jika Kamu tidak segera menggosok gigi setelah mengonsumsi makanan atau minuman, terutama yang memiliki rasa manis.

Agar kebersihan dan kesehatan gigimu semakin terjamin, perlu juga untuk menerapkan pola makan yang bergizi, perbanyak minum air putih serta banyak mengonsumsi buah dan sayur.

Periksa Gigi Secara Rutin

Ilustrasi periksa dokter gigi. (Special)

Selain melakukan perawatan gigi secara mandiri, Kamu juga perlu melakukan perawatan ke dokter gigi. Idealnya, pemeriksaan gigi rutin dilakukan setiap enam bulan sekali.

Hal ini bertujuan agar kebersihan dan kesehatan gigimu dapat dilihat secara langsung oleh dokter gigi. Jika di gigimu terdapat plak ataupun karang gigi yang sulit untuk dibersihkan sendiri, maka dokter gigi akan melakukan scalling.

Pergi memeriksakan kesehatan gigi ke dokter tidak perlu menunggu merasakan sakit gigi terlebih dulu. Selain gigi akan bersih secara maksimal, Kamu juga akan terhindar dari risiko sakit gigi maupun gigi berlubang.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel