1. Health
  2. Jangan Diabaikan! Kenali Penyebab Penyakit Hati, Gejala dan Pencegahannya
Health

Jangan Diabaikan! Kenali Penyebab Penyakit Hati, Gejala dan Pencegahannya

Jangan Diabaikan! Kenali Penyebab Penyakit Hati, Gejala dan Pencegahannya

Ilustrasi wanita sakit hati. (Special)

Ladiestory.id - Hati adalah organ yang dapat melakukan regenerasi dengan cepat untuk mengganti sel-selnya yang rusak. Namun, fungsi dan kerja hati akan terganggu jika mempunyai sel-sel yang rusak cukup banyak.

Kenali Penyebab, Gejala dan Pencegahan Penyakit Hati

Penyakit liver adalah nama lain yang digunakan untuk setiap gangguan hati yang menyebabkan organ ini tidak dapat berfungsi dengan baik. Tak hanya orang dewasa, penyakit liver juga bisa dialami oleh anak-anak dan bayi.

Penyebab penyakit liver sangat beragam. Berikut beberapa jenis penyakit liver berdasarkan penyebabnya:

1. Perlemakan hati

Dalam kondisi normal, sel-sel hati umumnya hanya mengandung sedikit lemak. Penumpukan lemak di sel-sel hati bisa menyebabkan gangguan liver. Perlemakan hati sering terjadi pada orang yang mengalami kenaikan berat badan berlebih atau obesitas.

lemak hati
Ilustrasi Perlemakan Hati. (Special)

 

2. Penyakit liver terkait alkohol

Penyakit liver dapat disebabkan oleh konsumsi alkohol secara berlebihan. Kondisi ini disebut dengan penyakit hati terkait alkohol. Alkohol bersifat toksik untuk sel-sel hati, terutama ketika hati menyaring alkohol dari dalam darah. Pada saat disaring oleh hati, alkohol dapat menyebabkan kematian sel-sel hati.

3. Penyakit liver yang diturunkan

Penyakit hati ini disebabkan oleh kelainan genetik yang menyebabkan gangguan fungsi organ hati. Kelain genetik bisa saja terjadi jika orang tua mengkonsumsi alkohol ketika hamil, atau bisa juga disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat.

4. Penyakit liver kolestasis

Penyakit hati akibat kolestasis bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti gangguan dari sel hati atau gangguan saluran empedu.

5. Hepatitis

Hepatitis adalah penyakit liver yang muncul akibat peradangan pada jaringan hati. Hepatitis dapat terjadi secara akut atau kronis. Hepatitis terdiri dari beberapa jenis, di antaranya hepatitis A, B, C, D, E, dan hepatitis autoimun.

6. Hepatitis toksik atau toxic hepatitis

Kondisi ini disebabkan oleh paparan senyawa kimia beracun. Jenis racun yang dapat menyebabkan hepatitis toksik bisa berasal dari suplemen makanan, obat atau zat kimia lainnya.

Mengonsumsi obat-obat atau suplemen tertentu secara berlebihan, tanpa mengikuti petunjuk dari dokter bisa menyebabkan penyakit hati. Beberapa jenis obat yang dapat menyebabkan hepatitis toksik adalah amoxicillin, paracetamol, isoniazid, fenofibrate, diclofenac, dan phenytoin.

7. Kanker hati

Kanker hati adalah jenis kanker yang berawal dari organ hati. Terdapat beberapa jenis kanker hati, namun kanker hati yang sering terjadi umumnya adalah hepatocellular carcinoma (HCC).

kanker hati
Ilustrasi wanita terkena kanker hati. (Special)

 

Gejala Penyakit Liver

Liver atau hati merupakan organ terbesar kedua di dalam tubuh manusia dengan ukuran sekitar sebesar bola rugbi dan memiliki dua bagian (lobus) kanan dan kiri. Liver terletak di perut kanan atas tepat di bawah tulang rusuk.

Gejala penyakit liver pada setiap orang berbeda-beda, tergantung pada jenis dan penyebabnya. Namun, secara umum ada beberapa gejala yang bisa muncul akibat penyakit liver, yaitu:

  • Rasa lelah yang berlebihan
  • Mual dan muntah serta nafsu makan menurun
  • Perut terasa nyeri dan membengkak
  • Gairah seksual menurun
  • Warna urine berubah menjadi gelap
  • Kulit terasa gatal dan memar
  • Kulit dan mata menjadi kuning
  • Tungkai dan kaki membengkak

Jika disebabkan oleh infeksi atau peradangan pada jaringan hati (hepatitis) akan muncul gejala lain, seperti demam atau nyeri perut kanan atas.

Solusi Pencegahan Penyakit Hati

Ilustrasi berolahraga. (Ladiestory.id)

 

Agar kita terhindar dari penyakit hati, tidak ada salahnya melakukan pencegahan sejak dini. Hal tersebut bisa meminimalisir kita agar tidak terkena penyakit hati. Berikut beberapa cara pencegahan penyakit hati:

  • Jaga berat badan.
  • Tidak mengkonsumsi minuman beralkohol.
  • Vaksin virus hepatitis.
  • Hindari seks bebas.
  • Selalu konsultasi ke dokter ketika mengkonsumsi obat, atau suplemen tubuh.
  • Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter untuk memantau kesehatan liver atau hati.
  • Jalani hidup sehat dengan pola makan yang bergizi dan olahraga secara teratur

Dengan melakukan hal-hal tersebut, diharapkan kita bisa menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit hati.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel