1. Health
  2. 7 Penyebab Kulit Leher Hitam yang Perlu Kamu Ketahui
Health

7 Penyebab Kulit Leher Hitam yang Perlu Kamu Ketahui

7 Penyebab Kulit Leher Hitam yang Perlu Kamu Ketahui

Ilustrasi kulit leher hitam. (Special)

Ladiestory.id - Salah satu permasalahan kulit yang sering dikeluhkan adalah leher bagian belakang berwarna hitam. Tentu kondisi ini cukup mengganggu penampilan seseorang.

Rupanya permasalahan kulit ini tidak selalu menunjukkan gaya hidup yang kurang bersih dari pemiliknya. Namun, kulit leher hitam bisa mengindikasikan beberapa penyakit seperti di bawah ini. 

Hiperpegmentasi

Kulit leher hitam. (Special)

Salah satu penyebab kulit leher hitam karena adanya hiperpigmentasi. Hal ini menjadi salah satu penyebab yang paling umum terjadi. Penyebab hiperpigmentasi pun terjadi karena beragam hal. Namun beruntungnya hiperpigmentasi ini tidak berbahaya.

Salah satu penyebab hiperpigmentasi adalah berat badan yang berlebih. Sehingga, hiperpigmentasi ini sering dialami oleh orang-orang yang memiliki tubuh gemuk.

Selain itu, ibu hamil pun akan rentan mengalami hiperpigmentasi. Pasalnya, berat badan yang bertambah dan hormon bisa mengakibatkan leher menjadi hitam.

Akantosis Nigrikans

Kulit leher hitam. (Special)

Penyebab kedua leher jadi hitam adalah akantosis nigrikans. Kondisi ini memang menyebabkan kulit menebal di sekitar leher. Biasanya kondisi ini ditunjukkan dengan kulit leher yang mirip seperti beludru. Selain itu, kondisi kulit di bagian leher akan menghitam.

Kondisi ini memang akan muncul secara tiba-tiba. Namun tidak perlu khawatir, pasalnya kondisi akantosis nigrikans ini tidak menular.

Kadar Insulin Tinggi

Kulit leher hitam. (Special)

Kulit leher hitam bisa menjadi salah satu indikasi kadar insulin di tubuhmu sangat tinggi. Bahkan, pengidap kadar insulin kronis bisa membuat efek samping leher menjadi hitam.

Biasanya kondisi ini dialami oleh wanita yang mengidap sindrom ovarium polikistik (PCOS). Selain itu, kondisi leher menghitam bisa juga menjadi salah satu gejala seseorang mengidap diabetes.

Penyakit Hypothroidism

Kulit leher hitam. (Special)

Hypothroidism merupakan penyakit yang menyerang kelenjar tiroid. Biasanya penyakit ini ditandai dengan kulit leher belakang berwarna hitam. Selain menghitam, biasanya kulit juga berubah menjadi lebih kering.

Bahkan, kondisi ini tidak hanya berlaku di leher bagian belakang saja. Namun juga bisa ke beberapa bagian kulit tubuh lainnya.

Penyakit Addison

Kulit leher hitam. (Special)

Addison merupakan penyakit yang menyerang kelenjar adrenal. Penyakit ini membuat tubuh tidak dapat menghasilkan hormon yang dibutuhkan.

Biasanya penyakit addison ditandai dengan perubahan kulit jadi berwarna hitam. Bahkan, kulit menghitam ini tidak hanya terjadi di leher saja. Namun, juga dapat terjadi di seluruh tubuh.

Selain kulit menghitam, penyakit addison ditandai pula dengan gejala lain, yakni tidak nafsu makan.

Gaya Hidup Jorok

Kulit leher hitam. (Special)

Kulit leher hitam tidak selalu mengindikasikan suatu penyakit. Namun, kondisi ini juga bisa menandakan bahwa seseorang memiliki gaya hidup yang jorok.

Pasalnya, leher hitam menunjukkan gaya hidup tidak sehat, yaitu malas mandi. Jika pun tidak, kemungkinan penyebabnya adalah tidak benar-benar menggosok tubuh dengan bersih ketika mandi, terutama di bagian leher.

Pasalnya, aktivitas seharian akan membuat kotoran menempel dan menumpuk. Jika tidak dibersihkan dengan baik, kotoran ini akan mengendap di kulit. Nantinya, kotoran inilah yang akan menutupi warna asli kulit dan mengubah leher menjadi hitam.

Paparan Sinar Matahari

Kulit leher hitam. (Special)

Selain orang gemuk, para pria juga rentan memiliki kulit leher belakang berwarna hitam. Hal ini disebabkan karena pria umumnya tidak memiliki rambut panjang.

Saat beraktivitas di ruangan terbuka, maka leher yang tidak tertutupi akan dengan mudah terpapar sinar matahari. Bagian belakang leher akan terbakar sinar matahari yang membuat kulit menjadi lebih hitam.

Berbeda dengan wanita yang memiliki rambut lebih panjang. Sehingga, leher bagian belakang mereka akan lebih bersih dan putih karena terlindung dari sinar matahari.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel