1. Health
  2. Penyebab Ketombe Kering dan Cara Mengatasinya
Health

Penyebab Ketombe Kering dan Cara Mengatasinya

Penyebab Ketombe Kering dan Cara Mengatasinya

Foto: halodoc

Ladiestory.id – Masih ada orang yang belum memahami penyebab ketombe kering. Bahkan, terkadang mereka tampak mengabaikannya. Ketombe atau capillitis simplex merupakan salah satu masalah rambut yang menjadi masalah bagi setiap orang. 

Karena ketombe dapat mengotori pakaian, membuatnya tampak seperti "salju". Selain itu, ketombe kering bisa membuat kulit kepala kamu gatal. Hal ini sering disertai dengan kerontokan rambut yang parah. Ketombe kering yang membandel sedikit lebih sulit untuk dihilangkan. Berikut penyebab ketombe kering atau berkerak

Apa itu Ketombe Kering?

Ketombe adalah kondisi kulit yang ditandai dengan pengelupasan sel-sel kulit, yang biasanya berwarna kuning-abu-abu.

Ketombe kering adalah hasil dari kulit kepala yang gatal dan teriritasi karena kelenjar sebaceous yang terlalu aktif di bawah permukaan folikel rambut. Ini disebabkan oleh kombinasi faktor termasuk genetika, hormon, stres, kekeringan dan kerusakan kulit kepala dari produk rambut atau hal lainnya.

Apa saja tanda dan gejala ketombe kering?

ketombe kering dapat menyebabkan gatal dan kemerahan. Ini lebih sering terjadi pada bulan-bulan musim dingin dan dapat disebabkan oleh perubahan suhu atau kelembaban rendah.

Kulit kepala kering dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti: panas, udara kering; terlalu sering menggunakan sampo; dan produksi minyak yang tidak mencukupi

  • Kelembaban rendah karena cuaca panas
  • Sensitivitas terhadap bahan kimia
  • Kurangnya minyak alami
  • Terlalu sering keramas
  • Perubahan suhu

1. Ketombe Kering Bisa Disebabkan oleh Perubahan Cuaca

Ketombe kering adalah kondisi kulit kepala yang umum dan menjengkelkan. Di sini kita akan membahas penyebab ketombe kering dan cara mengobatinya.

Ketombe kering dapat disebabkan oleh banyak hal seperti kebersihan yang buruk, mencuci berlebihan, pola makan yang buruk, perubahan cuaca, kurangnya kelembaban di udara dan lain lain.

Jika kamu memiliki ketombe kering maka ada beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk menghilangkan atau mencegahnya terjadi. Kamu harus mulai dengan mengganti sampo kamu dengan sampo yang memiliki sifat lebih melembabkan. Kamu juga harus mencukur kepala kamu sesekali dan menggunakan lotion yang menenangkan di kulit kepala kamu setiap hari setelah mandi.

2. Ketombe Kering Bisa Disebabkan Karena Produk atau Aktivitas Tertentu 

Ketombe kering mungkin disebabkan oleh produk atau aktivitas tertentu yang kamu lakukan sehari-hari tetapi tidak menyadarinya. Di bawah ini adalah beberapa penyebab paling umum dari ketombe kering.

Jika ketombe kering dan berkerak, penyebabnya mungkin karena terlalu sering keramas, terlalu sering mencuci rambut, atau menggunakan sampo keras. Kamu harus membatasi seberapa sering kamu mencuci rambut dengan menggunakan air hangat untuk membilasnya setelah setiap keramas..

Cara Terbaik Mengatasi Ketombe Kering

Sebagai solusi untuk masalah ini, seseorang harus mulai dengan mencuci rambut dan menggosok kulit kepala dengan sampo yang khusus dibuat untuk kulit kering. Hindari sampo yang mengandung bahan kimia dan pilih produk organik sebagai gantinya. Minum lebih banyak air untuk menjaga kulit kepala tetap terhidrasi dan oleskan minyak alami atau krim pelembab di kepala.

Terkadang, ketombe kering bisa menjadi pertanda kondisi kulit. Banyak orang percaya bahwa kamu dapat menyembuhkannya hanya dengan mencuci rambut setiap hari dengan sampo dan menggunakan kondisioner setelah setiap keramas. Ini tidak benar karena sampo dan kondisioner mengandung bahan kimia keras. 

Nah itulah penyebab ketombe kering atau berkerak dan perlunya kamu untuk mengatasinya karena akan berpengaruh pada aktivitas kamu terutama saat di luar ruangan. Semoga bermanfaat.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel