1. Health
  2. 5 Penyebab Ejakulasi Dini dan Cara Mengatasinya
Health

5 Penyebab Ejakulasi Dini dan Cara Mengatasinya

5 Penyebab Ejakulasi Dini dan Cara Mengatasinya

Ilutrasi pasangan. (Spesial)

Ladiestory.id - Ejakulasi dini adalah ketidakmampuan dalam mempertahankan ereksi dan hal ini menjadi momok menakutkan bagi sebagian kaum pria.

Karena akan mengakibatkan rasa ketidakpuasan dari pasangan saat berhubungan seks, lalu apa penyebab ejakulasi dini pada pria? Simak informasinya disini.

Ilustrasi merenung. (Spesial)

 

Penyebab Ejakulasi Dini 

Ejakulasi dini yang dialami pria dewasa dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu :

1. Adanya Gangguan Prostat

Gangguan prostat yang dialami pria dapat menjadi penyebab ejakulasi dini, terlebih lagi bila gangguan prostat tersebut menjelma menjadi sel kanker.

Dan pengobatan dengan terapi hormon dapat menurunkan jumlah testosteron dalam tubuh sehingga gairah seks pun menjadi melemah.

2. Konsumsi Alkohol dan Rokok Berlebihan

Mengkonsumsi alkohol dengan berlebihan, narkoba dan kebiasaan merokok secara rutin juga dapat menjadi pemicu terjadinya ejakulasi dini.

3. Faktor Psikologis

Gangguan psikologis misalnya depresi, stress, cemas berlebihan juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya ejakulasi dini.

Kurangnya percaya diri takut tidak dapat memuaskan pasangan lalu timbulnya perasaan bersalah justru akan semakin memperkuat timbulnya ejakulasi dini.

4. Adanya Gangguan Pada Hormon Serotonin

Hormon serotonin adalah hormon yang berfungsi memberikan kepuasan, kenikmatan dan gairah saat terjadi orgasme, dan hormon ini diproduksi oleh otak tengah dan batang otak. 

Agar otak dapat memproduksi hormon ini dengan normal dapat mengonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat, vitamin dan mineral, dengan begitu kadar tryptophan meningkat lalu akan meningkat pula kadar serotonin. Namun bila hal ini tidak dilakukan maka akan mengganggu kadar hormon serotonin.

Follow our
media updates!
Ilustrasi konsultasi. (Spesial)

 

5. Stamina yang Kurang Baik

Stamina yang kurang baik karena kurangnya olahraga dapat menyebabkan ejakulasi dini. Dengan rajin olahraga akan menghasilkan tubuh yang sehat dan berstamina. 

Sebuah riset di Universitas Harvard menyebutkan bahwa seseorang yang rutin berolahraga mempunyai resiko 30 persen lebih rendah untuk mengalami ejakulasi dini dibanding mereka yang tidak suka berolahraga.

Cara Mengatasi Ejakulasi Dini

Setelah anda mengetahui penyebab terjadinya ejakulasi dini yang kemungkinan Anda alami, Anda bisa mengatasi ejakulasi dini tersebut dengan cara-cara dibawah ini:

1. Konsentrasi dan Jangan Stres

Seperti yang telah disebutkan diatas stres dapat menjadi faktor terjadinya ejakulasi dini, karena itu penting bagi Anda untuk menghilangkan perasaan cemas dan tidak percaya diri. Fokus dan berkonsentrasi pada hubungan seks Anda serta yakinlah bahwa Anda dapat memuaskan pasangan Anda.

Ilustrasi konsultasi. (Spesial)

Dengan begitu aktivitas seks Anda akan berjalan normal dan mengurangi resiko terjadinya ejakulasi dini saat berhubungan.

2. Latihan Senam Kegel

Anda dapat melakukan latihan senam kegel yang gunanya untuk memperkuat otot bagian bawah panggul, caranya bisa Anda lakukan saat buang air kecil hentikan aliran air kencing 3 detik lalu keluarkan lagi selama 3 detik, lakukan cara ini minimal 3 kali sehari dengan 10 kali latihan senam kegel.

3. Pakai Kondom

Menggunakan kondom dapat menjadi solusi mengatasi ejakulasi dini, karena kondom bisa mengurangi sensitivitas penis sehingga dapat membuat pria bertahan lama saat berhubungan intim.

4. Konsultasikan pada Ahlinya

Bila masalah ejakulasi dini Anda cukup serius dan tidak dapat diatasi dengan cara-cara diatas, Anda bisa konsultasikan pada ahlinya atau dokter yang khusus mengatasi masalah seks. Biasanya dokter akan memberikan obat, vitamin atau terapi untuk masalah ejakulasi dini yang serius.

Itulah informasi seputar masalah penyebab ejakulasi dini pada pria dan bagaimana cara mengatasinya, semoga informasi ini bermanfaat.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel