1. Health
  2. Jangan Sepelekan, Ini Penyebab dan 7 Cara Hilangkan Jerawat di Punggung
Health

Jangan Sepelekan, Ini Penyebab dan 7 Cara Hilangkan Jerawat di Punggung

Jangan Sepelekan, Ini Penyebab dan 7 Cara Hilangkan Jerawat di Punggung

Ilustrasi jerawat di punggung. (Special)

Ladiestory.id - Jerawat ternyata bukan hanya tumbuh di wajah, tapi juga bisa tumbuh di bagian tubuh lainnya seperti di leher, dada dan punggung. Untuk jerawat di punggung, jarang orang yang menyadarinya, karena tidak terlihat oleh mata.

Namun, bila dibiarkan akan timbul masalah kesehatan yang serius lhoLantas kenapa jerawat bisa tumbuh di punggung dan bagaimana cara untuk menghilangkannya? Simak yuk informasinya di bawah ini.

Penyebab Jerawat Tumbuh di Punggung

Ilustrasi jerawat di punggung. (Special)

Ini lho beberapa penyebab tumbuhnya jerawat di punggung.

  • Pengaruh hormon
  • Faktor genetik
  • Penggunaan pakaian yang terlalu ketat
  • Mengkonsumsi obat tertentu
  • Pemakaian produk skincare yang tidak cocok
  • Tidak menjaga kebersihan tubuh
  • Tempat tidur yang tidak bersih
  • Tubuh yang sering berkeringat dan tidak segera dibersihkan

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Nah, setelah tahu penyebabnya Kamu bisa menghindarinya agar tidak sampai tumbuh jerawat punggung. Untuk Kamu yang sudah terlanjur tumbuh, bisa dihilangkan dengan cara berikut.

1. Mengenakan Pakaian yang Bersih dan Tidak Terlalu Ketat

Ilustrasi orang pakai baju longgar. (Spesial)

Salah satu cara menghilangkan jerawat punggung adalah dengan memakai pakaian yang benar-benar bersih dan tidak terlalu ketat.  Bila Kamu berkeringat, segera ganti pakaian Kamu, agar tidak memicu tumbuhnya bakteri pada area tubuh. 

Kamu juga bisa pilih deterjen yang aman buat kulit sensitif. Karena terkadang deterjen yang terlalu kuat kandungan bahannya bisa membuat pakaian yang Kamu pakai menimbulkan iritasi pada tubuh. .

2. Menjaga Kebersihan Tubuh

Ilustrasi mandi menggunakan air hangat. (Special)

Cara untuk menghilangkan jerawat punggung berikutnya adalah dengan rajin membersihkan tubuh dan menjaga tubuh tetap bersih. Salah satunya dengan rutin mandi minimalnya dua kali sehari, terlebih setelah Kamu berolahraga. Karena saat berolahraga tubuh mengeluarkan banyak keringat dan kotoran, jadi jangan biarkan keringat itu menempel lama pada tubuh Kamu ya. 

3. Mengikat Rambut

Ilustrasi cepol rambut. (Spesial)

Buat Kamu yang punya rambut panjang dan sering terurai, mungkin tanpa sadar rambut Kamu mengenai kulit punggung. Dan bisa saja rambut Kamu ada kotoran atau debu yang menempel. Untuk itu sebaiknya ikat atau cepol rambut Kamu agar tidak sampai menempel ke area punggung. 

4. Kompres dengan Air Hangat

Cara lainnya yang bisa Kamu lakukan untuk hilangkan jerawat punggung ini adalah dengan mengompresnya dengan air hangat. Kompres area yang berjerawat dengan menggunakan kapas atau kain lembut selama 15 hingga 20 menit. Cara seperti ini akan membuka pori-pori punggung dan mengempiskan jerawat. 

5. Ganti Sprei Secara Rutin

Ilustrasi mengganti sprei. (Spesial)

Cara ini mungkin banyak diabaikan orang, pasalnya mereka tidak sadar sprei yang jarang diganti juga bisa memicu tumbuhnya jerawat punggung. Untuk itu, mulai sekarang gantilah sprei Kamu secara rutin seminggu sekali.

6.  Gunakan Bahan Alami

Mengoleskan bahan-bahan alami seperti tea tree oil, ekstrak teh hijau dan lidah buaya juga bisa jadi cara lainnya untuk menghilangkan jerawat punggung. Ketiga bahan alami tersebut mengandung bahan antiseptik dan anti radang yang cukup ampuh mengatasi peradangan dan menghilangkan jerawat di punggung.

7. Konsumsi Makanan Bergizi

Ilustrasi konsumsi makanan bergizi. (Spesial)

Cara berikutnya yang bisa Kamu lakukan untuk hilangkan jerawat punggung adalah dengan selalu konsumsi makanan yang bergizi. Pastikan Kamu memasukan sayuran, buah, protein dan biji-bijian dalam daftar menu makan Kamu setiap hari. 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel