1. Mom & Kids
  2. Tak Mau Makan? Ini Penyebab dan Cara Atasi Anak Picky Eater
Mom & Kids

Tak Mau Makan? Ini Penyebab dan Cara Atasi Anak Picky Eater

Tak Mau Makan? Ini Penyebab dan Cara Atasi Anak Picky Eater

Penyebab dan cara mengatasi anak picky eater. (Special)

Ladiestory.id - Moms pernah merasa khawatir karena anak susah makan? Jika demikian, Moms tidak sendirian. Anak-anak memang kerap mengalami kondisi yang sering disebut dengan picky eater ini. 

Picky eater adalah perilaku anak menolak makan, atau kesulitan mengonsumsi makanan atau minuman dengan jenis dan jumlah sesuai usia secara fisiologis (alamiah). Keadaan ini memang wajar terjadi pada seorang anak. Namun, orang tua harus segera tanggap, mengingat makanan sangat penting bagi anak agar mendapat berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh.

Anak picky eater akan merasa kurang memiliki nafsu makan hingga tak merasa lapar. Namun, kamu tak perlu khawatir. Berikut ini tips mengatasi anak picky eater atau susah makan.

Masak Makanan Favorit Anak

Penyebab dan cara mengatasi anak picky eater. (Pinterestl)

Alasan yang umum terjadi saat anak tidak mau makan karena merasa takut mengenai makanan tersebut. Ketakutan ini bisa terjadi akibat aroma, bentuk, tampilan, tekstur atau rasa yang baru.

Trauma akibat mencoba makanan yang tidak disukainya juga bisa menjadi alasan anak picky eater. Cobalah untuk bertanya kepada anak tentang makanan favoritnya. Moms juga bisa berkreasi membuat makanan yang lucu untuk anak atau bekalnya di sekolah.

Makanan dapat dibuat kreasi menyerupai karakter kartun atau hal lainnya yang lucu. Tentu ini akan membuat anak senang dan ingin mencoba makanannya.

Tanyakan Apa yang Anak Alami

Penyebab dan cara mengatasi anak picky eater. (Special)

Penyebab lainnya anak sulit untuk makan adalah karena perasaan sakit yang dialaminya. Terkadang anak tidak bisa mengungkapkannya kepada orang tua. Oleh sebab itu, cobalah untuk bertanya apakah anak merasa sakit.

Sakit yang membuat anak tidak memiliki nafsu makan, seperti sariawan, gigi berlubang, gusi bengkak atau gigi yang mulai tumbuh. Setelah orang tua mengetahui, cobalah untuk obati penyakitnya dan sajikan makanan yang anak sukai.

Misalnya sang anak sedang sakit sariawan, Mom bisa memberikan vitamin C atau anjurkan anak untuk mengonsumsi buah. Buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi, seperti jeruk. Mom, juga bisa membuatnya menjadi jus dengan rasa manis agar anak suka.

Jangan Paksa Anak

Penyebab dan cara mengatasi anak picky eater. (Special)

Banyak orang tua yang tidak sabar saat menghadapi anak susah makan. Mereka akan berusaha untuk memaksa anak sampai akhirnya mau makan.

Padahal, sama halnya dengan orang dewasa, anak juga tidak ingin sesuatu yang dipaksakan. Orang tua bisa atur porsi makan sesuai keinginan anak terlebih dahulu. Dengan begitu, anak akan mau makan dengan porsi yang dia inginkan.

Berikan Penambah Nafsu Makan Anak

Penyebab dan cara mengatasi anak picky eater. (Special)

Susah makan memang memang wajar terjadi pada sebagian besar anak-anak. Maka tak heran banyak yang menjual obat penambah nafsu makan untuk anak.

Biasanya komposisinya sudah terdapat madu dan bahan alami lainnya. Komposisi obat inilah yang membuat anak menjadi mudah lapar dan nafsu makan yang meningkat. Moms bisa mencoba memberikan obat penambah nafsu makan untuk mengatasi anak picky eater.

Ajak Anak untuk Makan Bersama Temannya

Penyebab dan cara mengatasi anak picky eater. (Special)

Cara ini bisa kamu lakukan jika anak sulit untuk makan. Dengan mengajak makan bersama teman-temannya, maka ia akan senang dan nafsu makan meningkat. Selain itu, kamu juga bisa mengajarkan anak untuk berbagi makanan kepada temannya.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel