1. Mom & Kids
  2. Pentingnya Nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan Untuk Cegah Stunting dan Anemia
Mom & Kids

Pentingnya Nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan Untuk Cegah Stunting dan Anemia

Pentingnya Nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan Untuk Cegah Stunting dan Anemia

Talkshow oleh Danone Indonesia di IdeaFest 2024 Mengenai Nutrisi Optimal sebagai Kunci Pencegahan Anemia dan Stunting pada Anak. (Ladiestory.id / Bulan Maghfira)

Ladiestory.id - Seribu hari pertama kehidupan anak, memiliki dampak yang sangat signifikan bagi tumbuh kembang anak itu sendiri. Pemenuhan nutrisi selama 1000 hari pertama kehidupan merupakan fondasi utama bagi tumbuh kembang optimal mereka.

Periode ini mencakup masa kehamilan hingga anak berusia dua tahun, yang merupakan fase kritis di mana perkembangan otak dan fisik anak berlangsung dengan cepat. Nutrisi yang kurang memadai pada periode ini akan menyebabkan beberapa permasalahan serius, seperti stunting dan anemia, yang berdampak panjang pada anak.

Medical & Scientific Affairs Director Danone Indonesia, Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH menyampaikan bahwa 1000 Hari Pertama Kehidupan sangat krusial dalam mencegah anemia dan stunting. Kondisi tersebut bisa dicegah melalui pemenuhan nutrisi seimbang, termasuk zat besi dan vitamin C. 

“Kekurangan zat besi, yang merupakan penyebab utama anemia, dapat memperburuk risiko stunting pada anak. Zat besi sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan sel, termasuk sel-sel otak yang mempengaruhi kognisi dan kemampuan belajar anak,” ujar dr. Ray, dalam sesi talkshow di acara IdeaFest 2024, Jumat (27/9/2024).

Adapun beberapa ciri dari anak yang mengalami anemia adalah berwajah pucat, lemas, mudah lelah dan sering merasa pusing. Anemia juga bisa ditandai dengan penurunan nafsu makan serta penurunan kemampuan belajar.

Untuk mencegah kondisi tersebut, orang tua memiliki peran yang sangat penting untuk memastikan anak mendapatkan nutrisi yang seimbang, terutama asupan zat besi yang bisa diperoleh dari daging merah, sayuran hijau, dan fortifikasi makanan seperti susu dan sereal.

Talkshow oleh Danone Indonesia di IdeaFest 2024 Mengenai Nutrisi Optimal sebagai Kunci Pencegahan Anemia dan Stunting pada Anak. (Ladiestory.id / Bulan Maghfira)

 

Dalam kesempatan yang sama, Ilzam Nuzulul Hakiki selaku Co Founder dari Gaia Parenting juga turut aktif dalam memberikan informasi yang tepat melalui sosial media. Hal itu dilakukan karena pihaknya sangat menyadari peran penting komunitas dalam edukasi orang tua.

“Sebagai platform digital yang berbagi informasi seputar ibu dan anak, kami melihat konten tentang kesehatan anak selalu dapat engagement yang cukup tinggi, hal ini membuktikan bahwa para ibu muda sangat aware tentang tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, kami berusaha menghadirkan konten edukatif yang kredibel dan menarik. Kami juga bekerja sama dengan ahli kesehatan untuk memastikan informasi yang dibagikan tepat dan akurat,” jelas Ilzam.

Sebagai informasi, kesadaran masyarakat tentang pentingnya nutrisi pada 1000 hari pertama kehidupan memang masih menjadi tantangan. Danone Indonesia sebagai perusahaan yang berfokus pada kebutuhan nutrisi, berkomitmen mendukung pemerintah dalam menanggulangi stunting dan pencegahan anemia melalui edukasi yang bekerjasama dengan berbagai komunitas, serta program seperti Isi Piringku, Warung Anak Sehat, dan WASH untuk sanitasi yang lebih baik.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel