1. Health
  2. Penting! Ini Cara Jaga Imunitas Tubuh Setelah Vaksin Covid 19
Health

Penting! Ini Cara Jaga Imunitas Tubuh Setelah Vaksin Covid 19

Penting! Ini Cara Jaga Imunitas Tubuh Setelah Vaksin Covid 19

Foto: Ladiestory.id

Vaksin dianggap sebagai salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Meski demikian, banyak masyarakat yang masih ogah-ogahan dengan alasan takut dengan efek samping vaksin Covid-19. 

Lalu bagaimana dengan mereka sudah terlanjur vaksin? 

Pada faktanya vaksin tidak semengerikan apa yang dibayangkan. Adanya efek samping setelah suntik vaksin bisa jadi karena ketidak terbukaan mereka tentang keluhan atau penyakit yang dialami. 

Intinya saat vaksin usahakan untuk selalu jujur dengan keluhan atau penyakit yang Anda rasakan. Begitu juga, setelah vaksin usahakan untuk tetap menjaga kesehatan agar imun tubuh tetap stabil. 

Jika daya tahan dan imunitas Anda baik, maka respons tubuh terhadap vaksin pun juga akan meningkat. 

Daya tahan tubuh yang baik juga disebut bisa membantu meningkatkan respons tubuh terhadap vaksin corona. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui apa saja cara yang bisa dilakukan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh setelah vaksinasi Covid-19. Lantas, bagaimana caranya?

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh sebelum dan Setelah Vaksin 

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Pemberian vaksin Covid-19 bertujuan untuk melindungi tubuh dari serangan virus Corona dan menurunkan risiko munculnya gejala penyakit. Nah, supaya  manfaat dari pemberian vaksin tersebut menjadi maksimal, maka Anda diwajibkan  untuk selalu menjaga kesehatan baik atau sebelum vaksinasi. 

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga imunitas setelah vaksin:

Jangan olahraga secara berlebihan

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Olahraga memang hal yang sangat dibutuhkan untuk tubuh kita, namun jika itu dilakukan secara berlebihan dampaknya juga akan sangat tidak baik. Apalagi jika dilakukan setelah vaksinasi Covid-19. 

Follow our
media updates!

Hindari kegiatan olahraga secara berlebih baik sebelum atau sesudah vaksinasi. Anda juga dilarang untuk melakukan olahraga berat 2 jam sebelum vaksin dan 2 jam setelah vaksin. Selain itu, hindari juga mandi dengan air panas sebelum dan setelah vaksinasi corona.

Jangan sembarangan konsumsi obat

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Vaksin Covid-19 bisa jadi dapat  menimbulkan efek samping, yang salah satunya alergi. Jika sudah terjadi alergi, maka sebagian orang pasti akan langsung mengkonsumsi obat anti alergi. 

Padahal obat anti alergi belum tentu bisa menurunkan risiko terjadinya alergi setelah vaksin loh. Bukannya mencegah alergi, obat-obatan tersebut malah bisa mempengaruhi kinerja vaksin dan membuatnya menjadi tidak efektif. 

Jadi apa yang harus kita lakukan? Sebaiknya hindari mengkonsumsi sembarang obat seperti anti alergi sebelum atau sesudah vaksin. Anda juga tidak disarankan untuk konsumsi obat anti nyeri golongan NSAID pasca vaksinasi. 

Hindari minuman beralkohol 

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Untuk menjaga imun Anda tetap baik, disarankan untuk tidak minum minuman beralkohol sebelum atau sesudah vaksin. Karena hal ini dapat mempengaruhi kondisi tubuh dan efektivitas dari vaksin. 

Tak hanya itu, minuman beralkohol juga dapat memicu reaksi alergi setelah vaksinasi. Sebaiknya, hindari konsumsi alkohol selama 24 jam sebelum vaksin dan 24 jam setelah mendapat vaksin corona. 

Tidur yang cukup 

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Selain cara diatas, untuk menjaga imun tetap baik Anda juga disarankan untuk tidur yang cukup setelah vaksin. Cara ini dapat membuat imun tubuh bekerja dengan baik dalam melawan infeksi. 

Tidak hanya itu, tidur juga menjadi metode untuk mengendalikan stres. Jika stres dapat dikontrol dengan baik, maka secara otomatis imun dalam tubuh juga akan meningkat. 

Terakhir, Anda juga disarankan untuk selalu menjaga pola makan dengan makan makanan bergizi, olahraga teratur serta banyak mengkonsumsi vitamin.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel