1. Health
  2. Pengaruhi Kesehatan Mental, Bangun Pagi Lebih Baik Daripada Tidur Larut Malam
Health

Pengaruhi Kesehatan Mental, Bangun Pagi Lebih Baik Daripada Tidur Larut Malam

Pengaruhi Kesehatan Mental, Bangun Pagi Lebih Baik Daripada Tidur Larut Malam

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Bangun pagi atau early bird merupakan julukan bagi orang-orang yang lebih suka bangun dan tidur lebih awal. Orang yang bagun pagi seringkali terbangun sekitar atau sebelum matahari terbit tanpa jam alarm.

Early bird cenderung lebih produktif di pagi hari, dan biasanya mereka akan memanfaatkan puncak suasana hati yang lebih gembira dan ketajaman mental untuk menangani tugas-tugas penting. 

Lebih dari itu, ternyata ada banyak sekali manfaat mnjadi early bird, termasuk bagi kesehatan mental. Melansir Health Shots, menjadi early bird dapat meningkatkan kesejahteraan serta menurunkan risiko depresi dan skizofrenia.

Berikut manfaat menjadi early bird.

Turunkan Tingkat Stres

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Orang yang bangun pagi cenderung memiliki tingkat stres yang lebih rendah secara keseluruhan dan kemampuan yang lebih baik dalam menghadapi tantangan. Bangun sebelum tekanan yang biasa terjadi di pagi hari di hari kerja memberikan waktu bagi para pekerja awal untuk melakukan rutinitas yang berpusat pada diri sendiri, yang mencegah lonjakan kecemasan di kemudian hari.

Tingkatkan Optimisme

Ilustrasi Perempuan Optimis. (Freepik.com)

 

Early bird sering kali mengungkapkan perasaan harapan dan motivasi untuk mencapai tujuan di pagi hari. Mereka mungkin merasa lebih bisa mengendalikan diri dengan menghadapi tugas secara langsung dibandingkan merasa khawatir secara berlebihan. Matahari terbit melambangkan awal yang baru dan juga dapat membantu dalam memiliki pola pikir optimis.

Tingkatkan Fokus dan Konsentrasi

Ilustrasi Perempuan Fokus. (Freepik.com)

 

Pagi hari merupakan waktu puncak kinerja dengan sirkulasi alami dan perubahan hormon yang meningkatkan kewaspadaan. Early bird akan membuat seseorang bisa memanfaatkan jendela jernih ini untuk mendapatkan waktu kerja yang efisien dan bebas gangguan sebelum kelelahan mental mulai terjadi.

Tingkatkan Kreativitas

Ilustrasi Perempuan Kreatif. (Freepik.com)

 

Early bird mungkin membuat lebih banyak koneksi mental untuk menghasilkan ide-ide kreatif di pagi hari. Seiring dengan fokus yang lebih tajam, keterampilan pemecahan masalah juga mungkin mengalami peningkatan jika mereka yang bangun pagi.

Regulasi Emosi yang Lebih Baik

Ilustrasi Perempuan Emosi. (Freepik.com)

 

Bangun lebih awal memberikan waktu pemrosesan sebelum permintaan menumpuk. Jadi, early bird menghindari perasaan terbebani secara emosional.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel