1. Beauty
  2. 5 Pemicu Masalah pada Kulit Wajah
Beauty

5 Pemicu Masalah pada Kulit Wajah

5 Pemicu Masalah pada Kulit Wajah

Illustrasi masalah pada kulit wajah (istock)

Ladiestory.id - Kamu sering tidak menyadari kebiasaan-kebiasaan yang ternyata dapat memicu masalah kulit. Dalam pengertiannya, kulit wajah merupakan daerah lapisan terluar yang menutupi tubuh. Setiap manusia memiliki jenis kulit wajah yang berbeda, seperti normal, berminyak, kering, dan sensitif. Sudah semestinya kamu menjaga kulit wajah dengan baik.

Menjaga kulit bisa dilakukan melalui dalam dan luar. Merawat kulit dari dalam, contohnya seperti menjaga pola makan. Kamu bisa mengurangi konsumsi makanan berminyak dan gula yang tinggi. Sedangkan merawat kulit dari luar, contohnya seperti menggunakan produk skincare yang cocok untuk kulit. Agar kulit tetap sehat, berikut 5 hal yang tanpa kamu sadari dapat memicu masalah pada kulit.

Jarang Mengganti Sarung Bantal

Ilustrasi perempuan tidur. (Special)

Mungkin hal ini sering kali terlupa akibat sibuknya aktivitas seseorang. Dalam menjaga kebersihan, seperti mengganti sarung bantal dan tempat tidur memanglah sepel,e namun penting. Hal itu karena sarung bantal memiliki kontak langsung dengan kulit terutama wajah.

Tanpa kamu sadari, sarung bantal yang jarang dibersihkan akan berdebu. Akibatnya, keringat dan minyak yang menempel pada guling memungkinkan bakteri dan ragi untuk berkembang. Sehingga, mengiritasi kulit dan memicu permasalahan pada kulit wajah, salah satunya bruntusan bahkan jerawat.

Lupa Membersihkan Makeup Sebelum Tidur

Ilustrasi makeup. (Special)

Membersihkan wajah merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Sering kali saat ingin tidur, kamu lupa untuk membersihkan wajah dengan benar. Padahal, kulit perlu bernapas dengan baik agar kesehatan kulit dapat tetap terjaga. Bahaya yang terjadi jika lupa membersihkan makeup sebelum tidur sangatlah banyak. Sisa dari riasan yang masih menempel pada kulit wajah akan menghalangi sel kulit mati untuk regernerasi.

Akibatnya, makeup pada wajah akan bercampur dan dapat menyumbat pori-pori yang akan memincu berkembangnya bakteri, sehingga memicu jerawat.

Mengutip Daily Mail, sebuah eksperimen yang dilakukan pada 2013 bahwa orang yang tidak membersihkan riasan wajah sebelum tidur selama 1 bulan akan mengalami perubahan tampilan kulit wajah yang membuat wajahnya terlihat lebih tua. Menurut para ahli, tidur dengan riasan juga dapat menyebabkan munculnya kerutan halus lebih awal dan menyebabkan penuaan dini.

Lalu bagaimana cara membersihkan wajah dengan benar? Yakni dengan double cleansing. Caranya, bersihkan wajah dengan dua tahap, yaitu micelar water dan facial wash yang cocok sesuai dengan kulitmu.

Tidak Teliti dalam Memilih Skincare untuk Wajah

Ilustrasi skincare. (Special)

Saat ini, banyaknya brand lokal maupun luar yang mengeluarkan berbagai jenis produk skincare dengan kandungan yang berbeda-beda. Banyak orang yang membeli berbagai macam skincare hanya karena viral, promosi iklan yang banyak, bahkan hanya ikut-ikutan teman. Tanpa kamu sadari, apa yang orang lain cocok untuk dipakai belum tentu cocok pada kulit wajah kamu.

Permasalahan ini sering terjadi untuk orang yang sering mencoba berbagai skincare tanpa melihat kandungan yang sesuai dengan wajahnya. Alhasil, kulit wajah yang awalnya jarang mengalami masalah kulit malah menjadi sering berjerawat.

Telitilah dalam membeli skincare pada kandungannya, kenali kandungan yang membuat sensitif pada wajahmu. Jika sudah terjadi permasalahan kulit, jangan mencoba-coba skincare lainnya, melainkan fokuslah pada basic skincare seperti double cleansing, moisturizer, dan sunscreen.

Kurang Minum Air Putih

Foto: Ladiestory.id

Sudah banyak anjuran dari banyak orang tentang pentingnya minum air putih untuk kesehatan, terutama kesehatan pada kulit wajah. Banyak orang yang mengalami permasalahan kulit seperti jerawat yang dapat sembuh akibat rutin minum air putih. Kekurangan air putih dapat mengakibatkan banyak hal buruk pada kesehatan kulit wajah, seperti kulit menjadi kering dan kusam.

Permasalahan ini akibat kurangnya asupan yang sangat penting yang mengakibatkan kulit mengalami dehidrasi dari dalam dan akan lebih cepat mudah menimbulkan masalah kulit. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk minum air putih di pagi hari untuk menghindari dampak buruk pada masalah kulit.

Tidak Menjaga Pola Makan 

Ilustrasi perempuan sehat. (Special)

Kebiasaan makan-makanan yang kurang sehat tidaklah baik bagi tubuh. menjaga pola makan sehat sangat penting untuk kesehatan kulit. Ingat, kulit adalah investasi untuk setiap perempuan. Kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula dan lemak. Jika dibiarkan terus-menerus, kulit akan kering dan kusam, bahkan timbul kerutan di wajah. 

Itulah 5 hal yang sering dianggap remeh yang dapat memicu berbagai masalah pada kulit, jagalah selalu kebersihan dan rutin menjaga pola makan untuk kesehatan pada kulit wajah.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel