1. Travel
  2. Pecinta Masakan Padang Merapat! Kenali 6 Ciri Rumah Makan Padang Asli
Travel

Pecinta Masakan Padang Merapat! Kenali 6 Ciri Rumah Makan Padang Asli

Pecinta Masakan Padang Merapat! Kenali 6 Ciri Rumah Makan Padang Asli

Ilustrasi masakan khas Padang. (Special)

Ladiestory.id - Indonesia merupakan negara yang punya beragam sajian kuliner. Dari Sabang hingga Merauke memiliki makanan khas yang unik dan menggugah selera. Salah satu kuliner Indonesia yang populer adalah masakan Padang. Masakan Padang terkenal dengan cita rasa yang pedas dan gurih. Beragam rempah digunakan dalam pembuatan masakan Padang yang membuatnya terasa lezat. 

Karena kepopuleran dan rasanya yang lezat tersebut, hampir di setiap wilayah kamu akan mudah menemukan rumah makan Padang yang menyajikan beragam masakan Padang. Namun ternyata, tidak semua rumah makan Padang tersebut asli milik orang Padang lho.

Nah, berikut ini enam ciri rumah makan Padang asli yang telah dirangkum oleh Ladiestory.id.

Sajian Rendang yang Khas

Ilustrasi rendang. (Special)

 

Rendang merupakan salah satu makanan khas Padang yang menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Rendang khas Padang memiliki cita rasa yang pedas dan gurih. Jadi, jika kamu menemukan rendang dengan rasa yang manis dan berkuah di salah satu rumah makan Padang, maka bisa dipastikan bahwa rumah makan Padang tersebut bukan milik orang Padang asli. 

Jeroan yang Lezat

Ilustrasi olahan jeroan. (Special)

 

Selain Rendang, rumah makan Padang asli juga umumnya menyajikan hidangan jeroan dan juga udang. Olahan masakan jeroan yang disajikan di rumah makan Padang asli punya cita rasa yang khas dan lezat. Selain itu, jeroan yang disajikan juga empuk, tidak bau, dan nikmat. Dijamin kamu pasti akan tergoda untuk mencicipinya. 

Ada Dua Macam Sambal

Ilustrasi sambal khas Padang. (Special)

 

Ciri selanjutnya rumah makan Padang asli adalah memiliki dua macam sambal, yaitu sambal hijau dan sambal merah. Sambal hijau menjadi salah satu ciri khas masakan Padang. Sambal ini terbuat dari campuran cabai hijau dan bawang yang diulek kemudian diberi garam secukupnya.

Sementara sambal merah terbuat dari cabai merah dan umumnya digunakan untuk campuran berbagai masakan seperti tumis teri, maupun tumis kentang. Jadi, jika kamu hanya menemukan satu jenis sambal saja yaitu sambal hijau dan tidak ada sambal merah sebagai campuran bumbu, maka dapat dipastikan rumah makan Padang tersebut bukan milik orang Padang asli. 

Ada Menu Olahan Ikan

Ilustrasi menu olahan ikan. (Special)

 

Ciri khas selanjutnya rumah makan Padang asli adalah menyediakan beragam menu selain rendang. Umumnya rumah makan Padang asli menyediakan menu olahan ikan seperti ikan mas, patin, gurame, atau kakap. Ikan tersebut dimasak dengan kuah gulai yang lezat. Rumah makan Padang asli juga sangat jarang menyajikan olahan ikan lele. Jadi, jika ada menu ikan lele maka kemungkinan besar rumah makan tersebut bukan milik orang Padang asli. 

Rasa Teh yang Khas

Ilustrasi teh khas Padang. (Special)

 

Selain dilihat dari makanan yang disajikan, ciri rumah makan Padang asli dapat dilihat dari minuman yang dihidangkan yaitu teh manis. Teh yang digunakan oleh rumah makan Padang asli adalah jenis teh hitam yang memiliki warna gelap kehitaman, pahit, dan tidak asam. Jika kamu berkunjung ke rumah makan Padang dan disajikan teh berwarna coklat terang dan rasanya sama dengan teh celup, maka besar kemungkinan rumah makan tersebut bukan milik orang Padang asli. 

Pakai Bahasa Minang

Ilustrasi rumah makan Padang. (Special)

 

Ciri terakhir rumah makan Padang asli adalah penjual maupun juru masaknya fasih berbahasa Minang. Jadi, jika menemukan rumah makan Padang yang penjualnya fasih menggunakan bahasa Minang maka sudah tidak diragukan lagi bahwa rumah makan tersebut adalah rumah makan Padang asli. Sehingga otomatis rasa masakannya otentik khas Padang. 

Nah, itulah enam ciri rumah makan Padang asli. Kamu bisa mengetahuinya dari hidangan yang disajikan, rasa tehnya dan juga penjualnya yang fasih berbahasa Minang.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel