1. Health
  2. Olahraga Mengecilkan Perut yang Bisa Dilakukan Dalam Ruangan
Health

Olahraga Mengecilkan Perut yang Bisa Dilakukan Dalam Ruangan

Olahraga Mengecilkan Perut yang Bisa Dilakukan Dalam Ruangan

Foto: Ladiestory.id

Memiliki perut buncit adalah salah satu momok menyebalkan bagi banyak orang. Untuk bisa menghilangkan lemak di perut, dibutuhkan serangkaian usaha mulai dari menjaga pola makan, stress manajemen yang baik, dan melakukan olahraga mengecilkan perut.

Terdapat beberapa alasan kenapa kita harus menghindari perut buncit. Pertama, orang dengan perut buncit lebih berisiko terserang penyakit seperti serangan jantung, tekanan darah tinggi, hingga kanker payudara. Kedua, perut buncit bisa membuat kita menjadi tidak percaya diri dengan penampilan.

Diperlukan serangkaian usaha dan kedisiplinan agar tujuan mengecilkan perut dapat tercapai. Menjaga pola makanan, sering bergerak, hindari stress berlebih, dan rajin olahraga adalah hal yang bisa dilakukan untuk terhindar dari perut buncit.

Olahraga Mengecilkan Perut Dalam Ruangan

Semua orang ingin memiliki perut yang rata, tapi tidak semua orang bisa atau sempat pergi ke gym untuk berolahraga. Tapi tahukah kamu kalau olahraga untuk mengecilkan perut juga bisa dilakukan di rumah?

Olahraga mengecilkan perut adalah olahraga yang secara khusus menargetkan otot di bagian lower abdoment. Meskipun pada dasarnya semua jenis olahraga itu baik, namun jika kamu ingin fokus pada bagian perut terdapat beberapa olahraga atau latihan khusus yang disarankan.

Jika kamu overweight, disarankan untuk memadukan olahraga aerobik dan olahraga yang bertujuan melatih serta menambah massa otot. Tapi jika kamu cenderung underweight atau memiliki berat ideal tapi berperut buncit, cukup fokus pada olahraga yang menargetkan otot saja.

Berikut ini adalah beberapa olahraga untuk mengecilkan perut yang bisa kamu lakukan di rumah:

      1. Sit Up

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Mulailah sit up dengan cara berbaring di atas alas untuk meminimalisir rasa sakit di punggung. Tekuk lutut, dan posisikan kedua tangan di belakang leher atau kepala. Angkat leher, bahu, hingga punggung sampai mencapai lutut.

      2. Boat Pose

Boat pose dilakukan dalam posisi duduk. Angkat kedua kaki hingga membentuk sudut 45o dan condongkan badan sedikit ke belakang hingga badanmu terlihat seperti huruf V, kemudian letakkan kedua tangan di samping badan dan pastikan tanganmu melayang atau tidak berpegangan pada apapun. Tahan posisi ini selama yang kamu bisa.

      3. Side Plank

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Pada dasarnya side plank dilakukan seperti melakukan plank pada umumnya, namun kamu diharuskan memutar badan ke samping sehingga hanya satu tangan saja yang bertugas menopang badan. Tangan satunya yang tidak menyentuh lantai bisa diangkat ke atas atau diletakkan di pinggang.

      4. Bridge Pose

Berbaringlah di atas sebuah alas yang rata kemudian tekuk lutut seperti hendak melakukan sit up. Angkat panggul dan punggung ke atas tapi pastikan bahu, leher, dan kepala masih menyentuh lantai. Letakkan kedua tangan di samping badan atau kamu bisa menautkan kedua tanganmu dan meletakkannya di bawah panggul.

      5. Bow Pose

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Berbaringlah dengan kondisi tengkurap, kemudian angkat kedua kaki perlahan ke atas. Tahan kedua kaki yang terangkat tersebut dengan kedua tangan sehingga posisimu sekarang mirip seperti busur panah. Tahan posisi ini selama 30 detik.

Olahraga mengecilkan perut di atas cocok dilakukan oleh orang-orang yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk pergi ke gym. Hanya dengan 5-10 menit setiap pagi atau sore, kamu bisa melakukan olahraga yang bukan hanya bermanfaat mengecilkan perut tapi juga melatih kekuatan otot bahu, punggung, panggul, bokong, hingga betis.

Selain mudah, olahraga mengecilkan perut dalam ruangan di atas juga tidak memerlukan banyak barang untuk bisa dilakukan. Kamu bisa menggunakan alas apapun yang ada di rumah untuk bisa memulai melakukan olahraga ini.

 

Follow our
media updates!
Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel