1. Health
  2. Olahraga Dapat Bantu Jaga Lemak Dengan Baik, Ini Kata Peneliti!
Health

Olahraga Dapat Bantu Jaga Lemak Dengan Baik, Ini Kata Peneliti!

Olahraga Dapat Bantu Jaga Lemak Dengan Baik, Ini Kata Peneliti!

Ilustrasi Perempuan Berolahraga. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Olahraga memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Berolahraga dapat membuat semua bagian tubuh bergerak, sehingga bisa meningkatkan fleksibilitas yang bisa membuat otot menjadi lebih elastis dan tidak kaku.

Selain itu, menurut sebuah penelitian terbaru yang diberitakan oleh CNN, disebutkan bahwa olahraga tidak hanya bisa membantu seseorang menghilangkan lemak, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan lemak.

“Menjalani gaya hidup aktif secara fisik, berolahraga secara teratur dari waktu ke waktu, membuat jaringan lemak kita menjadi tempat yang lebih mudah menampung energi tambahan dalam kondisi ketika berat badan kita bertambah,” jelas Dr. Jeffrey Horowitz, selaku profesor studi gerakan di sekolah kinesiologi di Universitas Michigan.

Para peneliti membandingkan jaringan lemak tepat di bawah kulit dari dua kelompok yang terdiri dari 16 orang dengan obesitas, untuk melihat bagaimana olahraga dapat memengaruhi lemak. 

Ilustrasi Perempuan Berolahraga. (Freepik.com)

 

Horowitz mengungkapkan bahwa mereka yang memiliki riwayat olahraga teratur memiliki sel-sel lemak yang menunjukkan karakteristik yang meningkatkan jumlah lemak yang dapat mereka simpan, jumlah pembuluh darah, komposisi protein, dan lebih sedikit sel inflamasi. 

Follow our
media updates!

Penting bagi jaringan lemak di bawah kulit untuk memiliki kapasitas lebih besar sehingga jika seseorang mengalami kenaikan berat badan, lemak tersebut dapat pergi ke sana dan bukan ke tempat yang lebih berbahaya, seperti jantung atau hati.

“Sayangnya, kebanyakan dari kita, bahkan mereka yang rutin berolahraga, bertambah berat badan seiring bertambahnya usia,” ungkap Horowitz. 

“Jika kita memiliki kapasitas lebih besar untuk menyimpan lemak di jaringan lemak, lemak tersebut akan lebih sedikit masuk ke hati, lebih sedikit masuk ke jantung, dan lebih sedikit masuk ke tempat-tempat lain yang jika berlebihan dapat menjadi masalah,” sambungnya.

Lebih lanjut, Horowitz juga mengungkapkan bahwa banyak orang yang langsung bereaksi negatif terhadap kata “gemuk”. Namun, pada nyatanya jaringan lemak itu sendiri juga penting bagi kesehatan, yang bisa menjadi tempat penyimpanan energi ekstra yang penting.

Meski begitu, kapasitas jaringan lemak yang berlebihan juga tidak baik bagi tubuh. Jaringan lemak seharusnya disimpan di bawah kulit, jika tidak maka lemak akan disimpan di tempat lain seperti hati, jantung, atau pankreas, yang tentunya dapat menghambat fungsinya dengan baik.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel