1. Lifestyle
  2. Nyoman Nuarta Hadirkan “Rush Hour V” di Art Jakarta 2024
Lifestyle

Nyoman Nuarta Hadirkan “Rush Hour V” di Art Jakarta 2024

Nyoman Nuarta Hadirkan “Rush Hour V” di Art Jakarta 2024

"Rush Hour V" Karya Nyoman Nuarta di Art Jakarta 2024. (Ladiestory.id / Bulan Maghfira)

Ladiestory.id - Art Jakarta 2024 telah sukses digelar pada Jumat (4/10/2024) hingga Minggu (6/10/2024) di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat. Selama tiga hari tersebut, Art Jakarta 2024 akan menampilkan 73 galeri seni terkemuka, dengan rincian 39 galeri berasal dari dalam negeri dan 34 galeri berasal dari mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Korea Selatan, Rusia, hingga Australia.

Art Jakarta 2024 juga menampilkan berbagai karya seni luar biasa dari seniman ternama Tanah Air. Salah satunya adalah Nyoman Nuarta yang membawa karyanya, “Rush Hour V”. Karya seni patung berukuran 313 x 70 x 95 cm itu terinspirasi dari dunia yang kalang kabut tidak menghentikan manusia untuk dapat menikmati kehidupannya dalam suka cita.

“Rush Hour V” menjadi warna lain dalam serangkaian karya yang diproduksi Nyoman Nuarta dalam periode pandemi, yakni sebuah karya yang hangat di tengah gelapnya dunia.

"Armageddon" Karya Nyoman Nuarta di Art Jakarta 2024. (Ladiestory.id / Bulan Maghfira)

 

Selain itu, Nyoman Nuarta juga menghadirkan karya lainnya, “Armageddon”, yakni sebuah gambaran bencana besar yang muncul dalam imajinasi sang seniman. Armageddon berbentuk seperti ombak besar yang siap menghantam makhluk hidup di hadapannya. “Armageddon” mencerminkan ketidakberdayaan menusia saat berhadapan dengan sebuah bencana alam.

Sebagai informasi, seniman yang lahir di Tabanan pada tahun 1951 itu menyelesaikan pendidikannya di Institut Teknologi Bandung pada tahun 1979. Di masa akhir studi akademiknya, Nyoman Nuarta memenangkan Sayembara Patung Proklamator Kemerderkaan Negara Republik Indonesia. Ia merupakan salah satu anggota Gerakan Seni Rupa Baru Indonesia di periode pertengahan hingga akhir tahun 1970-an. 

Selama berkarier di dunia seni rupa, Nyoman Nuarta telah terlibat dalam 71 pameran nasional dan internasional yang terdiri dari 10 pameran tunggal dan 61 pameran bersama dalam kurun waktu 1977-2024.

Ratusan karyanya mencakup patung-patung monumental seperti Arjuna Wijaya yang berlokasi di Jakarta Pusat, Jalesveva Jayamahe di Surabaya, dan mahakarya patung arsitektur Garuda Wisnu Kencana di Bali.

Di tengah perjalanan 50 tahun berkarya sebagai seorang pematung, Nyoman Nuarta memenangkan Sayembara Desain Istana Negara Republik Indonesia di ibu kota baru yang berlokasi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang diberi nama Nusantara.

Dalam kurun waktu 1 tahun, Nyoman Nuarta berhasil menyelesaikan pembangunan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan sosok Garuda sebagai selubung kantor presiden di IKN yang kini diberi nama Istana Garuda.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel