1. Lifestyle
  2. Musim Mas Berdayakan Petani Perempuan & Istri Petani Lewat Women Smallholders Program
Lifestyle

Musim Mas Berdayakan Petani Perempuan & Istri Petani Lewat Women Smallholders Program

Musim Mas Berdayakan Petani Perempuan & Istri Petani Lewat Women Smallholders Program

Women Smallholders Program. (Ladiestory.id / Bulan Maghfira)

Ladiestory.id - Salah satu perusahaan kelapa sawit terintegrasi terbesar di dunia, Musim Mas Group telah berhasil menjalankan sebuah program pemberdayaan bagi petani perempuan dan istri petani kelapa sawit binaan Musim Mas di Provinsi Riau lewat Women Smallholders Program.

Program tersebut dilaksanakan di tiga kabupaten di Riau, yakni Rokan Hilir, Rokan Hulu, dan Pelalawan. Telah digelar pada bulan Mei hingga Oktober 2023, program ini dinilai berhasil dan akan diteruskan untuk diterapkan di wilayah lain pada tahun depan.

Pelaksanaan pelatihan perdana Women Smallholders Program di Riau terkait nutrisi dan kesehatan keluarga. (Musim Mas)

 

Linda Wati, selaku Women Smallholders Program - Project Leader, Musim Mas mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus komitmen untuk terus mengembangkan program pemberdayaan petani swadaya yang dimiliki, dan juga memandang bahwa perempuan memiliki peranan penting bagi keluarga dan keberlanjutan industri kelapa sawit.

“Women Smallholders Program bertujuan untuk membangun sebuah platform positif sebagai wadah untuk peningkatan kapasitas perempuan dalam mencapai potensi terbaik yang dimilikinya,” ujar Linda Wati dalam sebuah sesi diskusi yang digelar di Hotel Grandhika, pada Selasa (12/12/2023).

Lebih lanjut, Linda Wati juga mengungkapkan bahwa ada tiga topik pelatihan utama dalam Women Smallholders Program. Tiga topik utama tersebut adalah tentang nutrisi dan kesehatan, literasi dan keuangan, serta peluang bisnis rumahan.

Sebagai informasi, Women Smallholders Program dimulai dengan pelatihan nutrisi dan kesehatan keluarga. Musim Mas berkolaborasi dengan dua akademisi dari Universitas Sumatera Utara (USU), yaitu Dr. Fotarisman Zaluchu, S.K.M, M.P.H dan Dr. Putri C. Eyanoer, MS.Epi, Ph.D, untuk melaksanakan program pelatihan dengan materi yang dituangkan dalam tiga modul: ‘Generasi Sehat, Keluarga Sehat’ yang berisi nutrisi keluarga; ‘Emas Dari Dalam Kandungan’ mengenai gizi balita dan pola asuh; dan, ‘Sehat Diri, Sehat Sekitar’ yang menjelaskan mengenai perilaku hidup bersih dan sehat. 

Salah satu kelompok peserta Musim Mas Women Smallholders Program. (Musim Mas)

 

Pelatihan perdana yang digelar oleh Musim Mas ini diikuti oleh 500 perempuan dari tiga kabupaten, yakni  Rokan Hilir, Rokan Hulu, dan Pelalawan. Melalui tiga kali tatap muka, dengan materi yang berbeda, pelatihan menggunakan pendekatan participatory, reflective, dan interactive, mengombinasikan modul dengan games, diskusi, dan aktivitas peserta. 

Tujuan dari dipilihnya metode tersebut adalah agar peserta dapat mengingat keseluruhan materi untuk digunakan dalam praktik perilaku secara mandiri setelah pelatihan selesai.  Sebelum setiap pertemuan dilakukan, para peserta juga menjalani cek kesehatan berupa pencatatan berat dan tinggi badan, tekanan darah, kadar gula darah, asam urat, dan kolesterol. 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel