1. Lifestyle
  2. Mudah Dilakukan, 7 Cara Jitu Hilangkan Noda Bekas Tinta di Pakaian
Lifestyle

Mudah Dilakukan, 7 Cara Jitu Hilangkan Noda Bekas Tinta di Pakaian

Mudah Dilakukan, 7 Cara Jitu Hilangkan Noda Bekas Tinta di Pakaian

Ilustrasi Noda Tinta Pakaian. (Clenipedia)

Ladiestory.id -  Noda tinta yang menempel dipakaian umumnya susah hilang dengan sempurna khususnya bagi pakaian dengan warna-warna cerah. Ada beberapa tips dan cara jitu untuk membantu menghilangkan bekas noda tinta yang menempel dipakaian yang dapat kamu lakukan.

Umumnya menghilangkan noda tinta ini dapat dilakukan dengan cara merendam, mencuci maupun menggunakan bahan-bahan khusus yang bisa kamu atasi di rumah baik itu noda cair maupun noda permanen. Kamu pun tak perlu khawatir, ada tujuh cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan noda bekas tinta pada pakaian yang membandel seperti berikut ini.

1. Menggunakan Deterjen Khusus

Ilustrasi Deterjen. (LoveToKnow)

 

Umumnya menghilangkan noda tinta yang menempel pada pakaian dapat diatasi dengan deterjen khusus. Kamu bisa menggunakan deterjen cair kemudian oleskan ke permukaan noda tinta pada pakaian dan diamkan selama kurang lebih lima menit. Jika noda tinta membandel, kamu bisa merendammya semalaman dan gosok secara berkala.

Agar nodanya cepat menghilang kamu bisa menambahkan larutan amonia dan kemudian tambahkan dengan deterjen. Setelah itu cuci hingga noda nya hilang setelah itu jemur pakaian dibawah sinar matahari, usahakan jangan mengeringkan pakaian dengan pengering mesin cuci karena dapat membuat nodanya susah dihilangkan.

2. Rendam Menggunakan Air Panas

Ilustrasi Merendam Pakaian. (Better Home and Gardens)

 

Cara menghilangkan noda tinta pada pakaian selanjutnya yakni cuci dan rendam menggunakan air panas. Kamu pun bisa mencuci pakaian dengan cara biasa dan menambahkan deterjen dengan menggunakan air bersuhu panas. Sebelum menjemur pakaian, pastikan dahulu apakah noda bekas tinta diapakaian sudah menghilang atau masih menempel dipakaian.

3. Alkohol dan Garam

Ilustrasi Alkohol. (SilverBobbin)

 

Tips selanjutnya untuk membantu menghilangkan noda tinta pada pakaian ialah dengan menggunakan alkohol dan campuran garam. Alkohol memiliki sifat mengencerkan dan dapat membuat noda nya mudah untuk dicuci.

Kamu pun bisa menambahkan deterjen, alkohol dan garam untuk melarutkannya, kemudian diamkan selama lima menit setelah itu cuci dan bilas hingga bersih.

4. Menggunakan Cuka

Ilustrasi Cuka. (The Spruce)

 

Tips yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah membersihkan noda tinta menggunakan cuka dan tepung maizena. Caranya pun mudah, cukup larutkan cuka dan tepung jagung atau tepung maizena hingga membentuk pasta, kemudian oleskan ke bagian pakaian yang terkena noda tinta diamkan hingga mengering selama lima hingga sepuluh menit kemudian cuci hingga bersih.

5. Menggunakan Aseton

Ilustrasi Aseton. (ND Nails Supply)

 

Aseton atau yang biasa dikenal dengan penghapus cat kuku ini juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda bekas tinta pada pakaian, lho. Walaupun memiliki senyawa yang cukup keras menggunakan aseton yang berlebihan juga bisa merusak tekstur kain. Namun, kamu bisa mencobanya secara perlahan dan mencuci pakaian yang terkena noda tinta tersebut.

6. Menggunakan Hairspray

Ilustrasi Hairspray. (BuzzFeed)

 

Tak hanya digunakan sebagai riasan untuk menata rambut, ternyata hairspray juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda tinta pada pakaian. Hairspray memiliki kandungan alkohol yang dapat membantu melarutkan noda tinta khususnya pada pakaian.

Kamu pun bisa memilih hairspray yang memiliki kandungan alkohol tinggi kemudian menyemprotkannya pada pakaian yang terkena noda tinta. Setelah itu kamu bisa mencuci pakaian dengan cara biasa agar noda nya bisa hilang dengan optimal.

7. Pasta Gigi

Ilustrasi Pasta Gigi. (Parents)

 

Tak hanya membantu membersihkan noda dan kotoran yang menempel di gigi, menghilangkan noda tinta pada pakaian juga bisa diatasi dengan pasta gigi, lho.

Caranya pun mudah, cukup oleskan pasta gigi ke bagian pakaian yang terkena noda tinta, kemudian gosok hingga noda nya terangkat lakukan secara terus-menerus sampai nodanya berkurang setelah itu cuci kembali menggunakan deterjen cair agar kotorannya terangkat maksimal. Setelah itu bilas pakaian menggunakan air bersih. Semoga bermanfaat.

 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel