1. Beauty
  2. Mudah Dilakukan, 6 Tips Jaga Kesehatan Rambut dari Polusi Udara
Beauty

Mudah Dilakukan, 6 Tips Jaga Kesehatan Rambut dari Polusi Udara

Mudah Dilakukan, 6 Tips Jaga Kesehatan Rambut dari Polusi Udara

Ilustrasi Rambut Sehat. (Light The Mind)

Ladiestory.id - Ladies, polusi udara di sebagian kota besar dan wilayah Indonesia kian meningkat. Hal ini tentunya membuat kondisi lingkungan tercemar begitu halnya dengan udara bersih. Kondisi udara yang kotor akan berpengaruh pula terhadap kondisi pernapasan, kulit hingga rambut. 

Dampak dari pencemaran udara ini dapat menyebabkan kulit kepala dan rambut menjadi kering dan rusak, tak hanya itu tekstur rambutmu pun akan mudah patah dan rontok. Nah, untuk mengatasi hal tersebut kamu pun bisa melakukan enam  tips menjaga kesehatan rambut dari paparan polusi udara yang telah Ladiestory.id rangkum berikut ini.

Keramas Menggunakan Sampo yang Tepat

Ilustrasi Keramas. (Bustle)

Keramas tak hanya memberikan sensasi yang menyejukkan bagi kulit kepala dan membersihkan kotoran yang menempel pada rambut. Yup, cara ini pun menjadi salah satu tips yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi polusi dan debu yang menempel pada kulit kepala dan rambutmu. 

Jangan biarkan rambut yang kotor dan terpapar polusi terlalu lama karena kotoran dan polusi tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah pada kulit kepalamu. Keramas setiap hari juga sangat tidak disarankan karena dapat mengikis kelembapan alami pada kulit kepala, selain itu perhatikan pula penggunaan sampo yang tepat sesuai dengan masalah rambutmu untuk melakukan pembersihan rambut secara optimal.

Kurangi Styling Rambut

Ilustrasi Hair Styling. (Freepik)

Ladies, jika kamu adalah wanita yang terbiasa men-styling rambutmu maka kebiasaan ini pun dapat kamu kurangi apalagi saat kamu berada di kota yang terpapar polusi udara tinggi. Kondisi polusi udara yang sangat kotor dan tercemar ini bisa mempengaruhi kesehatan rambutmu bahkan rambut yang sering di styling akan lebih mudah rapuh dan rontok, maka dari itu kamu dapat memperlakukan rambutmu dengan lembut dan berhati-hati, begitu pula halnya saat menyisir rambut, lakukanlah dengan lembut dan perlahan dari bawah hingga ke atas agar helai rambutmu tidak semakin banyak rontok.

Gunakan Heat Protectant

Ilustrasi Serum Rambut. (Freepik)

Ladies, saat menggunakan styling rambut seperti alat catok rambut kamu pun bisa memanfaatkan heat protectant untuk melindungi rambutmu dari suhu panas alat styling untuk membantu menangkal rambut dari masalah rambut kering, bercabang dan patah, selain itu heat protectant ini pula dapat bermanfaat untuk melindungi rambutmu dari polutan saat berada di luar ruangan.

Jaga Kelembapan Kulit Kepala dan Rambut

Ilustrasi Kondisioner. (Freepik)

Selain kulit tubuh, kulit kepala pun tentu terjaga kelembapannya, apalagi bagi kamu yang aktif melakukan kegiatan di luar ruangan dan akan lebih mudah terpapar polusi, debu dan paparan sinar UV. Kamu bisa memanfaatkan kondisioner ataupun masker rambut untuk melindungi dan menghidrasi kulit kepala dan rambutmu. Kamu pun bisa memanfaatkan bahan alami untuk melembapkan kulit kepala dan rambutmu dengan membuat masker rambut dari lidah buaya minyak minyak almond, minyak kelapa maupun minyak jojoba serta menambahkan vitamin rambut agar tetap kuat dan sehat.

Konsumsi Makanan dan Minuman Sehat

Ilustrasi Makanan Sehat. (Freepik)

Selain kulit, rambut yang sehat juga perlu terjaga kesehatannya. Kamu pun bisa melakukan perawatan tersebut dari dalam dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat, seperti makanan yang kaya akan serat, nutrisi dan protein yang mampu melindungi rambutmu dari polusi udara maupun debu yang kotor. Kamu bisa mengonsumsi makanan sehat seperti telur, ikan, sayuran hijau, buah-buahan dan perbanyak konsumsi air putih.

Memotong Rambut

Ilustrasi Gunting Rambut. (Freepik)

Ladies, kondisi rambut yang terpapar polusi dapat pula diatasi dengan memotong rambut. Selain membuat tampilan rambutmu lebih rapi dan fresh dari sebelumnya. Memotong rambut juga dapat dilakukan selama tiga bulan sekali untuk terhindar dari masalah rambut bercabang. Nah, cara ini pun dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah polusi udara bagi kesehatan rambutmu.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel