1. Lifestyle
  2. Paling Berkesan, Ini 7 Momen yang Dinanti Saat Ramadan
Lifestyle

Paling Berkesan, Ini 7 Momen yang Dinanti Saat Ramadan

Paling Berkesan, Ini 7 Momen yang Dinanti Saat Ramadan

Ilustrasi baca Al-Qur'an. (Special)

Ladiestory.id - Bagi umat muslim di seluruh dunia, kehadiran bulan Ramadan menjadi salah satu momen yang sangat dinanti. Pasalnya, Ramadan menjadi bulan suci yang penuh dengan keberkahan.

Melakukan amalan seperti puasa selama Ramadan bisa mendapatkan pahala dan ampunan dosa jika dikerjakan dengan sebaik-baiknya. Pada bulan ini juga terdapat satu malam penting yang dipercaya lebih baik dari seribu bulan atau yang kita kenal dengan sebutan malam Lailatul Qadar.

Selain itu, berikut beberapa momen yang berkesan saat Ramadan, sehingga bulan ini banyak dinanti umat muslim.

Puasa Ramadan

Ilustrasi puasa. (Special)

Saat Ramadan tiba, umat muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Dengan catatan bagi mereka yang mampu menunaikannya. Puasa berarti harus menahan lapar dan haus dari mulai terbit hingga tenggelamnya matahari.

Selain itu, juga harus menjaga hawa nafsu, berperilaku sabar selama menjalankan puasa. Melalui puasa Ramadan ini, umat muslim bisa belajar untuk merasakan kondisi saudara-saudaranya di luar sana, yang tak jarang hidup serba kekurangan, bahkan untuk sekadar makan minum.   

Ngabuburit

Ilustrasi baca Al-Qur'an. (Special)

Ngabuburit berasal dari bahasa Sunda “burit”, yang artinya waktu menjelang sore. Kemudian muncullah singkatan ngabuburit yang berasal dari kepanjangan kata “ngalantung ngadagoan burit”, yang artinya bersantai sambil menunggu waktu sore.

Seiring dengan berjalannya waktu, kata ngabuburit sangat identik dengan kegiatan untuk mengalihkan rasa haus dan lapar sebelum waktunya berbuka puasa. Ada banyak cara yang biasanya umat muslim lakukan untuk ngabuburit. Mulai dari jalan bersama dengan keluarga atau orang terdekat, melakukan hobi, atau bisa juga dengan melakukan hal positif seperti ikut kajian, hingga membaca Al-Qur’an.  

Buka Bersama

Ilustrasi buka bersama atau bukber. (Special)

Melakukan buka puasa bersama tentunya akan lebih berkesan dibandingkan sendirian saja. Biasanya saat Ramadan tiba, banyak agenda buka bersama atau bukber dengan teman, keluarga, atau bahkan relasi. Buka bersama bisa semakin mendekatkan hubungan silaturahmi dengan orang-orang terdekat.

Sahur

Ilustrasi sahur. (Special)

Untuk persiapan menjalani puasa Ramadan selama seharian, umat muslim disunahkan untuk melakukan sahur. Selain bisa mendapatkan pahala, melakukan sahur juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sebut saja seperti mempersiapkan tubuh dalam berpuasa, mencegah dehidrasi, mencegah naiknya asam lambung, hingga mencegah terjadinya hipoglikemia.

Sahur untuk persiapan puasa menjadi momen yang cukup berkesan bagi sebagian besar umat muslim. Karena mengharuskan bangun lebih dini untuk makan dan minum. Meskipun berat, namun sahur menjadi momen pelengkap dalam puasa Ramadan yang banyak dinanti.

Salat Tarawih

Ilustrasi salat Tarawih di masjid. (Special)

Salat Tarawih menjadi ibadah malam khusus yang hanya ada saat Ramadan. Menjalankan salat Tarawih saat Ramadan sangat dianjurkan karena mendatangkan banyak keberkahan dalam hidup.

Salat Tarawih bisa dilakukan sendiri, namun akan jauh lebih baik dikerjakan secara berjamaah di masjid. Selain bisa menjaga silaturahmi, juga ikut dalam memakmurkan masjid. 

Mudik Lebaran

Ilustrasi mudik. (Special)

Bagi mereka yang hidup di perantauan, mudik menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu saat Ramadan. Di Indonesia biasanya mudik dilakuakn saat sudah mendekati hari raya Idulfitri.

Momen mudik saat Ramadan ini sangat dinanti karena bisa berkumpul dengan keluarga tercinta yang ada di kampung halaman. Bisa melepas rindu sekaligus juga silaturahmi dengan kerabat atau teman dekat.

Hari Raya Idulfitri

Ilustrasi merayakan Idulfitri bersama keluarga. (Special)

Puncak dari Ramadan ini pastinya menjadi salah satu momen yang sangat dinanti oleh seluruh umat muslim di dunia. Karena setelah 30 hari lamanya berpuasa dan menjalankan ibadah sunah lainnya, mereka dipertemukan dengan hari kemenangan Idulfitri yang berlangsung pada 1 Syawal.

Di Indonesia hari raya Idulfitri umumnya dirayakan dengan berkumpul bersama keluarga besar dan saling meminta maaf. Semakin meriah dengan adanya sajian berupa kue maupun makanan khas lebaran. 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel