1. Lifestyle
  2. 5 Mitos Penyebab Keguguran, Belum Terbukti Kebenarannya!
Lifestyle

5 Mitos Penyebab Keguguran, Belum Terbukti Kebenarannya!

5 Mitos Penyebab Keguguran, Belum Terbukti Kebenarannya!

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Ladiestory.id - Ibu hamil perlu menjaga kondisi fisik dan psikis agar tidak terjadi keguguran. Penyebab terjadinya keguguran sebenarnya sangat beragam, seperti janin tidak berkembang, usia ibu hamil, hingga kondisi kesehatan sang ibu. Selain itu, keguguran juga bisa disebabkan oleh sesuatu dari luar, seperti jatuh atau benturan.

Namun, beberapa orang masih mempercayai sejumlah mitos penyebab keguguran yang belum terbukti kebenarannya. Lalu, apa saja mitos penyebab keguguran yang masih banyak beredar di masyarakat? Berikut ulasannya.

Olahraga 

Ilustrasi ibu hamil olahraga. (Special)

Banyak yang mengatakan bahwa perempuan yang sedang hamil tidak boleh berolahraga. Ternyata, hal itu merupakan mitos belaka.

American Journal of Medicine melaporkan bahwa perempuan yang sedang hamil justru disarankan tetap aktif bergerak dan berolahraga ringan. Kegiatan berolahraga ringan ini justru dapat menurunkan risiko keguguran dan membantu lancarnya proses persalinan kelak.

Saat ini, banyak rumah sakit yang menawarkan olahraga untuk perempuan yang sedang hamil, seperti berjalan kaki, yoga dan berenang hingga senam hamil.  

Seks 

Ilustrasi melakukan hubungan intim saat kehamilan. (Special)

Mitos yang kedua dinilai masih banyak yang percaya bahwa ketika hamil perempuan tidak boleh melakukan hubungan seksual. Padahal, hal ini tidak akan berpengaruh kepada proses kehamilan.

Saat hamil, perempuan masih boleh melakukan hubungan seksual karena janin akan tetap aman di dalam perut. Janin dilindungi oleh otot-otot rahim yang sangat kuat. Namun, saat hamil perempuan juga harus berhati-hati agar tidak mengalami pendarahan.  

Angkat Barang Berat 

Ilustrasi ibu hamil olahraga angkat beban. (lovedbyparents.com)

Berikutnya mitos yang sering didengar oleh ibu hamil adalah tidak boleh mengangkat benda berat. Nyatanya, perempuan yang sedang hamil masih boleh untuk mengangkat benda berat.

Namun, yang perlu diperhatikan, benda yang berat ini juga harus dalam batas yang wajar, seperti tidak lebih dari 20 kilogram. Saat mengangkat benda berat juga harus memperhatikan posisi lutut, yakni tertekuk, alih-alih mebungkukan badan agar bisa tetap menjaga posisi perut tetap aman. 

Makanan Pedas 

Ilustrasi mie pedas. (Special)

Selanjutnya mitos yang masih sering didengar adalah tidak boleh mengonsumsi makanan pedas saat hamil. Tak sedikit orang yang berpendapat bahwa makanan pedas bisa menyebabkan keguguran.

Nyatanya, hingga saat ini belum ada bukti secara ilmiah yang menyebut bahwa makanan pedas bisa menyebabkan keguguran. Sehingga, makanan pedas masih aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Namun, perlu diperhatikan bahwa ibu hamil hanya boleh mengonsumsi makanan pedas dalam kadar yang wajar. Karena, jika berlebihan bisa menyebabkan gangguan maag hingga diare. 

Stres

Ilustrasi ibu hamil stres. (Special)

Mitos keguguran selanjutnya yang sering menjadi momok perempuan sedang hamil adalah stres. Tak sedikit orang yang bilang bahwa ibu hamil tidak boleh stres karena dapat menyebabkan keguguran.

Nyatanya, stres memang perlu dihindari oleh ibu hamil. Namun, pada kenyataannya stres tidak menyebabkan keguguran.  

Perlu diperhatikan, jika kamu mengalami keluhan tentang kehamilan, segera konsultasikan ke dokter ya, Ladies.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel