1. Fashion
  2. Merek Mode Ini Berjuang Keras Memproduksi Jeans Ramah Lingkungan
Fashion

Merek Mode Ini Berjuang Keras Memproduksi Jeans Ramah Lingkungan

Merek Mode Ini Berjuang Keras Memproduksi Jeans Ramah Lingkungan

Tahukah kamu proses jeans yang hampir setiap hari kamu pakai itu berpotensi merusak lingkungan? Bahkan Greenpeace melaporkan bahwa rata-rata satu pasang jeans membutuhkan "7000 liter air untuk memproduksinya." Kasarnya, jika satu orang direkomendasikan untuk mengonsumsi tiga liter air setiap hari, maka proses pembuatan sepasang jeans merupakan jatah asupan satu orang dalam 2333 hari. Berita baiknya: semakin banyak merek yang berusaha untuk menciptakan jeans yang lebih ramah lingkungan dan sustainable. Entah itu mereka menggunakan air yang sudah didaur ulang, memanfaatkan kembali bekas atau sisa bahan jeans, atau menggunakan katun organik. Apakah nama merek jeans ramah lingkungan ini? Berikut di antaranya. 

Everlane

Everlane merupakan satu merek yang menghasilkan jeans yang super ramah lingkungan. Jeans yang diproduksi merek ini menggunakan 98% air hasil daur ulang. Tidak hanya itu, jeans yang dibuat juga dikeringkan dengan angin alami untuk mengurangi emisi karbon. 

Nudie Jeans

Merek asal Swedia yang menjadi salah satu pionir dalam program sustainability atau keberlanjutan, baik bagi lingkungan maupun sosial. Produk Nudie Jeans yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 2001 di Gotenberg oleh Maria Erixon Levin ini terbuat dari 100 persen kapas organik yang tersertifikasi. Hal ini sesuai dengan slogan mereka, "non toxic denim". Dan hebatnya lagi, jika kamu memiliki Nudie Jeans dan rusak, kamu tinggal mendatangi Nudie Jeans Repair Shop untuk diperbaiki secara gratis.

Pepe Jeans 

Dengan menggunakan sebuah inovasi baru bernama, Tru-Blu Project, merek asal London ini menciptakan jeans ramah lingkungan. Di antaranya, memilih katun organik dengan menggunakan tenaga kerja lokal. Merek ini memilih katun organik karena bisa mengurangi penggunaan pestisida sehingga memberikan kesempatan pada hewan liar untuk hidup bebas dan mengurangi polusi sungai dan air tanah.

Reformation Jeans 

Jika kamu pecinta dunia mode, pasti kenal merek terkenal asal Los Angeles, California, Amerika Serikat ini. Dan pasti juga sudah tahu bahwa produk yang mereka hasilkan adalah produk ramah lingkungan, termasuk jeans. Produk denim dari Reformation terbuat dari 100% bahan daur ulang, kain sisa, atau serat yang berkelanjutan dengan standar tinggi. Selain itu, mereka juga menghilangkan bahan kimia beracun yang biasa digunakan dalam proses pembuatan celana jeans. Sebagai gantinya, brand jeans ini menggunakan bahan kimia non-klorin dan enzim netral untuk mengurangi penggunaan air. 

Lee Jeans

Merek lama ini sepertinya tidak mau ketinggalan dalam gerakan menciptakan produk yang ramah lingkungan. Baru-baru ini, Lee Jeans merilis koleksi terbaru bernama "Back to Nature". Seperti namanya, koleksi ini sepenuhnya menggunakan bahan biodegradable, kecuali kancing-kancing yang dapat dibuka dan digunakan kembali. Kolekasi Back To Nature juga menggunakan linen kompos atau katun 85% dan linen rami 15% tanpa paku keling.

Sumber foto utama: Rawpixel.com

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel