1. Lifestyle
  2. 7 Pilihan Menu Sahur Praktis untuk Anak Kos, Bergizi dan Nikmat!
Lifestyle

7 Pilihan Menu Sahur Praktis untuk Anak Kos, Bergizi dan Nikmat!

7 Pilihan Menu Sahur Praktis untuk Anak Kos, Bergizi dan Nikmat!

Ilustari makan sahur anak kos. (Special)

Ladiestory.id - Menjadi anak kos di tanah perantauan memang harus serba mandiri. Bahkan untuk urusan sahur di kala menjalankan puasa Ramadan.

Sahur merupakan bagian penting dalam menjalankan puasa Ramadan. Sebab, jika dilakukan bisa mendapatkan pahala dan keberkahan. Selain itu, sahur juga memiliki alasan penting lain di baliknya. Sebut saja agar kuat menjalani puasa seharian penuh, hingga alasan kesehatan seperti tidak mengalami dehidrasi, meningkatkan konsentrasi, hingga mencegah hipoglikemia pada penderita diabetes.

Mempersiapkan menu sahur bagi anak kos bisa menjadi perjuangan berat, mengingat cukup sulit bangun secara mandiri pada dini hari untuk menyiapkan makanan yang hendak dikonsumsi. Karena alasan ribet, tak jarang anak kos melewatkan sahur.

Padahal ada banyak pilihan menu sahur yang enak dan praktis untuk dinikmati oleh anak kos. Nah, Ladiestory.id telah merangkum beberapa menu sahur yang bisa dipilih anak kos.

Oatmeal

Ilustrasi oatmeal. (Special)

Menu sahur yang satu ini ini pastinya sudah sangat populer di kalangan anak kos. Bagaimana tidak, oatmeal merupakan menu yang sangat praktis untuk dibuat, namun tetap enak untuk dinikmati.

Jika biasanya oatmeat Kamu gunakan untuk menu sarapan, maka saat Ramadan tiba, bisa Kamu alihkan sebagai menu sahur yang menyehatkan. Kandungan serat hingga karbohidrat kompleks dalam oatmeal akan membuat perut kenyang lebih lama. Kamu bisa menambahkan madu atau buah-buahan dalam olahan oatmeal agar semakin nikmat.  

Sereal

Ilustrasi sereal. (Special)

Hampir sama dengan oatmeal, menu sahur berupa sereal juga menjadi pilihan tepat bagi anak kos. Terutama jika Kamu terlambat bangun sahur dan tidak sempat menyiapkan makanan lain. Untuk penyajian sereal cukup mudah dan praktis. Kamu bia nikmati sereal dengan menuangkan susu rendah lemak secukupnya.

Abon

Ilustrasi abon. (Special)

Pilihan praktis menu sahur lainnya jatuh pada abon. Makanan yang satu ini biasanya dijadikan lauk dan dinikmati bersama dengan nasi putih.

Akan lebih baik jika Kamu menyiapkan juga menu sayur sebagai pendamping, seperti sayur bayam, atau tumisan sayur. Jika tidak memungkinkan mengonsumsi abon dengan nasi putih, sebagai alternatifnya juga bisa menikmatinya bersama dengan roti tawar.   

Telur Ceplok dan Orak-arik Sayur

Ilustrasi orak-arik sayur. (Special)

Jika Kamu memiliki bahan makanan berupa telur mentah di kos, maka bisa dimanfaatkan untuk membuat menu sahur yang mudah dan praktis. Kamu bisa mengolahnya menjadi telur ceplok atau orak-arik sayur.

Cara membuatnya pun juga tidak memerlukan banyak bumbu masakan, sehingga cukup ekonomis. Menu ini sangat cocok disantap bersama dengan nasi. Agar Kamu tidak harus menunggu nasi matang selama waktu sahur, sebaiknya masak nasi sebelum menjelang tidur.

Nasi Goreng

Ilustrasi nasi goreng. (Special)

Nasi goreng bisa menjadi menu sahur bagi anak kos. Untuk membuat nasi goreng terbilang simpel dengan bumbu yang mudah didapat, seperti bawang merah, bawang putih, cabai, hingga tomat. Jika Kamu ingin lebih praktis, bisa juga menggunakan bumbu instan saja. Agar lebih bernutrisi, Kamu bisa menambahkan telur ceplok untuk melengkapi nasi goreng buatanmu.

Chicken Nugget dan Sarden

Ilustrasi nugget. (Special)

Jika Kamu memiliki pendingin makanan di kos, bisa coba menu sahur dengan menggunakan chicken nugget. Selain itu juga ada pilihan berupa sarden yang pastinya meskipun simpel tetap enak dinikmati. Kamu bisa menyantap menu ini bersama dengan nasi dan juga tambahan sayur sebagai pelengkap.

Susu dan Buah-buahan

Ilustrasi susu dan buah-buahan. (Special)

Jika tidak memungkinkan untuk mengolah beberapa bahan makanan, maka bisa menggunakan alternatif berupa susu atau buah-buahan sebagai menu sahur. Untuk buah-buahan yang dikonsumsi, sebaiknya pilih yang mengandung serat tinggi agar kenyang lebih lama.

Selain itu, pilih juga yang mengandung banyak cairan agar mampu menghidrasi tubuh selama berpuasa seharian. Beberapa pilihan buah yang cocok sebagai menu sahur, seperti pisang, apel, alpukat, jeruk, kurma, hingga jambu biji. 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel