1. Health
  2. Menu Diet Untuk Golongan Darah A
Health

Menu Diet Untuk Golongan Darah A

Menu Diet Untuk Golongan Darah A

Diet golongan darah belakangan ini digandrungi banyak masyarakat di Indonesia, khususnya di wilayah perkotaan. Masyarakat modern sudah mulai menyadari masalah kesehatan, terutama mengenai obesitas dan berat badan, sehingga banyak jenis-jenis diet yang bermunculan, dan salah satunya adalah diet golongan darah. Diet ini dikembangkan oleh dokter naturopati yaitu Peter D’Adamo dalam bukunya yang berjudul “Eat Right for Your Type: The individualized diet solution to staying healthy, living longer & achieving your ideal weight”

Makanan Terbaik Untuk Diet Golongan Darah A 

Jika kamu ingin mencoba diet golongan darah A, kamu harus mengetahui terlebih dahulu hal ini. Pada dasarnya golongan darah A sangat mudah mengonsumsi sayuran dan karbohidrat. Namun, golongan darah ini ternyata sulit untuk menerima protein hewani dan lemak.

Golongan Darah A

Menurutnya, golongan darah A merupakan vegetarian. Golongan ini tidak baik untuk mengonsumsi daging, susu perah, kacang merah, kacang lima, dan gandum. Makanan yang baik untuk dicerna golongan ini adalah buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, seafood, padi-padian, dan biji-bijian yang organik dan segar. Hal tersebut karena orang dengan golongan darah A memiliki sistem kekebalan tubuh yang sensitif. Sedangkan makanan yang paling baik untuk menurunkan berat badan bagi pemilik golongan darah A adalah makanan yang mengandung minyak sayur, kedelai, sayuran, dan nanas.

Berikut ini adalah beberapa contoh jenis makanan yang dianjurkan dalam diet golongan darah A.

  • wortel, brokoli, bawang putih, lobak, jamur, mentimun, bawang merah, labu, bayam, asparagus.
  • Minyak sayur. minyak zaitun extra virgin.
  • Seafood (makanan laut). ikan kembung, kerapu, kakap merah, salmon, sarden, ikan laut lainnya.
  • Kacang-kacangan (kacang polong). kacang pinto, kacang lentil, kacang polong hitam.
  • Biji-bijian. oat, beras, mie soba dan gandum hitam.
  • Kacang dan biji. biji labu dan kacang tanah.
  • Buah-buahan. aprikot, berry (hitam, biru, cran, ceri), ara (kering atau segar), grapefruit (jeruk bali), lemon, nanas, plum/prem, kismis.
  • apricot, cherry hitam, grapefruit(jeruk bali), nanas, plum/prem, wortel, seledri.
  • Aneka minuman. kopi, teh hijau dan anggur merah.

Selain mengikuti pola makan sehat di atas, golongan darah A harus mengimbangi dengan olahraga, seperti taichi dan yoga. Mendapatkan berat badan ideal memang butuh perjuangan yang gak mudah, sih. Gak sekedar timbangan yang terkontrol, proses diet juga harus sehat ya. Tujuan utamanya untuk memiliki tubuh yang fit ya, soal berat badan itu bonus. Selamat mencoba ladies!

Sumber Foto Utama: Freepik.com

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel