1. Lifestyle
  2. Menjalani Cinta Beda Agama? Pastikan Kamu Siap Hadapi 5 Hal Ini
Lifestyle

Menjalani Cinta Beda Agama? Pastikan Kamu Siap Hadapi 5 Hal Ini

Menjalani Cinta Beda Agama? Pastikan Kamu Siap Hadapi 5 Hal Ini

ilustrasi pasangan. (Spesial)

Ladiestory.id - Menjalani cinta beda agama atau yang sering anak muda sebut dengan LDR “Long Different Religion” memang bukan sesuatu yang mudah. Ada banyak tantangan yang harus dilewati dan tidak semudah ketika menjalani pacaran dengan mereka yang seagama.

Restu orang tua biasanya menjadi salah satu tantangan, terutama ketika kamu memutuskan untuk serius dengan pasangan beda agama.

5 Hal yang Harus Dihadapi Saat Jalani Cinta Beda Agama

ilustrasi pasangan. (Spesial)

Pastinya kita berharap untuk jatuh cinta pada seseorang yang memiliki agama yang sama. Namun apa daya jika cupid cinta melabuhkan hati kita pada seseorang yang ternyata beda agama.

Jika kamu saat ini sedang menjalani hubungan beda agama dengan seseorang, sebaiknya kamu sudah siap untuk menghadapi 5 hal berikut.

1. Sulit Mendapatkan Restu dari Keluarga

Sesuatu yang wajar jika orang tua atau keluarga besarmu menginginkan untuk mendapatkan pasangan yang seagama. Mereka tidak membenci orang-orang dari agama lain, namun itulah yang mereka pikir terbaik untukmu.

Jika kamu sedang menjalani cinta beda agama, kamu harus sudah siap dengan konsekuensi sulit mendapatkan restu keluarga. Jika sudah begini, opsinya hanya dua, yaitu menuruti kemauan keluarga untuk berpisah dengan pacarmu, ataukah berusaha sebisa mungkin mendapatkan restu dari mereka.

2. Mendapatkan Tekanan dari Banyak Pihak

Tidak hanya dari keluarga saja, orang-orang terdekat seperti teman atau tetangga biasanya juga akan memberikan tekanan tersendiri. Mereka akan memberikan komentar mengenai hubunganmu dengan pasangan.

Namun di zaman sekarang yang sudah lebih modern, sebagian besar orang biasanya memiliki pemikiran terbuka dan tidak mempermasalahkannya. Sayangnya tidak sedikit juga orang yang julid dan berkomentar negatif untuk hubungan kalian.

ilustrasi pasangan. (Spesial)

 

3. Memiliki Perasaan Bersalah

Saat orang terdekat tidak mendukung hubungan beda agama yang kamu dijalani, biasanya akan menimbulkan perasaan bersalah dalam diri. Memang keputusan untuk menjalin hubungan dengan siapa saja merupakan hak kamu.

Namun menanggung perasaan bersalah juga tidak mudah. Maka dari itu, persiapkan hal ini saat memutuskan untuk menjalani cinta beda agama.

4. Rindu yang Sulit Terwujud untuk Ibadah Bersama Pasangan

Melakukan sesuatu bersama dengan pasangan tentu menjadi sesuatu yang menyenangkan. Termasuk untuk urusan ibadah bersama. Namun hal ini menjadi sulit terwujud ketika kamu memiliki hubungan beda agama dengan seseorang.

Alih-alih melakukan ibadah bersama, kamu harus sudah siap untuk toleransi kepada pasangan untuk menjalankan ibadah sesuai kepercayaannya.

5. Memiliki Dorongan Hati untuk Pindah Agama

Saat menjalani hubungan beda agama, kemungkinan besar kamu akan mulai membayangkan betapa bahagianya jika kamu dan pacar menjadi seiman. Kamu akan mulai berpikir apakah pacarmu mau diajak pindah agama.

ilustrasi pasangan. (Spesial)

 

Atau sebaliknya kamu yang memiliki dorongan hati untuk pindah agama. Semua agama mengajarkan hal yang baik. Dan kamu bisa mempelajarinya untuk membandingkan dengan keyakinanmu sekarang.

Sehingga kamu bisa memutuskan untuk memilih agama apa yang dianut. Namun sebaiknya jangan menganut agama apapun dengan hanya karena rasa cinta dengan pacar, karena hal ini tidak bermanfaat bagimu maupun pasanganmu.

Menjalani cinta beda agama memang sering mendapatkan pro dan kontra dari berbagai pihak. Sehingga jika kamu memang sedanng menjalani hubungan jenis ini, pastikan sudah siap dengan 5 hal di atas ya!.

 

 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel