1. Health
  2. Mengenal Istilah ‘Remaja Jompo’, Ini Penyebabnya!
Health

Mengenal Istilah ‘Remaja Jompo’, Ini Penyebabnya!

Mengenal Istilah ‘Remaja Jompo’, Ini Penyebabnya!

Ilustrasi bekerja. (Special)

Ladiestory.id - Saat pandemi yang mengharusnya semua orang untuk berdiam diri di rumah dan keterbatasan dalam beraktivitas. Istilah ini muncul saat pandemi covid-19, namun apa yang menyebabkan istilah ini muncul hingga saat ini dan apa penyebabnya.

Remaja jompo merupakan suatu istilah tentang anak muda atau remaja yang rentan mengalami badan yang lelah dan sakit.

Ilustrasi belajar. (Special)

Penyebab remaja jompo adalah akibat keterbatasan aktivitas, yang membuat semua orang menjalani aktivitasnya melalui daring seperti belajar di sekolah, bekerja bahkan berolahraga. Istilah ini terjadi karena kurangnya aktivitasi fisik seperti biasanya. misalnya saat kamu menjalani jadwal yang padat, lalu beralih dengan jadwal yang renggang karena dapat dilakukan di rumah.

Selain itu, kurangnya olahraga juga menjadi penyebab istilah remaja jompo ini timbul. Hal ini menyebabkan badan yang cepat lelah, pegal, sakit pinggang bahkan kram pada kaki.

Berikut penjelasan penyebab remaja jompo!

Kurang Berolahraga

Pose yoga berpasangan (Special)

Melakukan perenggangan tubuh ataupun berolahraga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Saat berolahraga kamu pasti akan mengeluarkan banyak keringat. Keringat inilah cairan kotor yang keluar dari dalam tubuh. Istilah remaja jompo terjadi akibat kurangnya aktivitas, oleh sebab itu kamu harus rutin melakukan olahraga.

Meskipun saat pandemi, olahraga dapat dilakukan di rumah seperti yoga, workout, lompat tali atau olahraga lainnya. Kamu juga harus rutin mengomsumsi makan-makanan yang sehat. Karena saat pandemi, tubuh harus memiliki daya tahan yang tinggi agar cegah berbagai penyakit.

Stres

Ilustrasi perempuan stres karena pekerjaan. (Special)

Stres atau penat yang terjadi saat melakukan berbagai aktivitas di rumah sering membosankan. Biasanya saat bekerja atau sekolah secara luring, kamu dapat bertemu teman. Sedangkan saat di rumah kamu harus menjalani kebosanan yang sering terjadi. Hal ini menyebabkan mudah stres dan penat terhadap pekerjaan.

Kamu bisa melakukan hobi yang bisa dilakukan di rumah atau melakukan DIY untuk atasi bosan saat waktu libur atau waktu luang. Selain itu, kamu bisa mendengarkan musik saat bekerja, mendengarkan musik dapat meningkatkan konsentrasi saat bekerja.

Anemia

Ilustrasi pusing saat cuaca panas. (Special)

Anemia terjadi karena tubuh kurang persediaan hemogoblin yang cukup. Hal ini menyebabkan seseorang mengalami sensasi pusing atau cepat lelah saat bekerja. Anemia juga dapat disebabkan kurangnya zat besi, oleh sebab itu kamu butuh asupan zat besi untuk mencegah anemia yang membuat tubuh menjadi cepat lelah.

Sering Begadang

Ilustrasi begadang. (Special)

Begadang menyebabkan kamu kurang tidur dan akan mempengaruhi emosional tubuh. Selain itu kurangnya tidur akan menyebabkan tubuh menjadi cepat lelah. Berbagai penyakit juga terjadi akibat kurangnya tidur seperti darah tinggi, penyakit jantung, diabetes.

Duduk Terlalu Lama

Ilustrasi kelelahan saat bekerja. (Special)

Seorang yang sering duduk terlalu lama akan mengurangi aktivitas fisiknya yang membuat ototnya tidak bekerja. Hal ini dapat menurunkan kerja tubuh untuk mencerna atau mengatuh gula darah dan lemak yang berbahaya dalam darah. Duduk terlalu lama juga menimbulkan efek mudah lapar, oleh sebabnya orang yang bekerja dengan posisi duduk terlalu lama biasanya menyediakan cemilan di dekatnya.

Meskipun bekerja dengan posisi duduk yang lama, kamu bisa melalukan perenggangan saat bekerja. Agar tubuh dapat bekerja dengan baik.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel