Ladiestory.id - McDonald’s Indonesia, di bawah naungan PT Rekso Nasional Food, kembali menyelenggarakan kegiatan “Community Month” atau Bulan Komunitas, sebuah employee volunteering program yang mendorong karyawan McDonald’s, atau yang disebut McFamily, untuk terjun langsung memberikan kontribusi positif kepada masyarakat melalui berbagai inisiatif.
Serentak dilakukan oleh McDonald’s di seluruh dunia sepanjang September 2023, aksi sosial ini melibatkan 255 karyawan McDonald’s Indonesia melalui beragam kegiatan sukarelawan dan berhasil menjangkau 3.221 anak usia 6 sampai 17 tahun dan 468 orang tua atau pengasuh mereka, serta sukses mendonasikan lebih dari 3.700 paket makanan.
Pertama kali diinisiasi pada 2022, “Community Month” merupakan bagian dari proses pengembangan diri McFamily untuk membangun rasa kepedulian dan empati mereka sehingga mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Membawa semangat program #McDBerbagi, aksi volunteering yang melibatkan ratusan karyawan McDonald’s Indonesia mulai dari jajaran staf hingga top manajemen ini meliputi berbagai kegiatan literasi dan edukasi untuk pengembangan potensi diri anak-anak Indonesia.
“Kami senang dapat menyelenggarakan kembali program ‘Community Month’ sebagai bentuk ungkapan terima kasih sekaligus partisipasi aktif karyawan dalam memberikan dampak positif bagi komunitas di mana pun restoran McDonald’s berada. Masih dalam semangat giving back dan berbagi kebahagiaan, jika tahun lalu kami berfokus pada peningkatan kualitas literasi anak Indonesia, pada kegiatan ‘Community Month’ tahun ini kami juga menjalankan berbagai aktivitas lainnya yang membantu mengasah keterampilan anak dan membantu perkembangan mereka," ujar Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia, Meta Rostiawati.
Demi memberikan dampak yang lebih besar dan menjangkau lebih banyak anak-anak, salah satu kegiatan volunteering tahun ini juga merupakan pengembangan dari program Inspirasi Literasi McD, sebuah program yang diinisiasi oleh McDonald’s Indonesia untuk mendorongtingkat literasi anak di Tanah Air melalui berbagai aktivitas, seperti donasi buku bacaan dan merenovasi Taman Bacaan Masyarakat (TBM).
Kegiatan turunan Inspirasi Literasi McD tersebut mengajak McFamily menjadi fasilitator untuk memberikan pembelajaran seputar pengembangan potensi diri kepada hampir 100 anak marginal di bawah naungan Inspiration Factory Foundation, sebuah lembaga non-profit untuk pemberdayaan anak-anak marginal melalui pendidikan abad ke-21 dan sosial emosional, di area Jembatan III, Pluit, Jakarta Utara.
Selain bekerja sama dengan Inspiration Factory Foundation, McDonald’s Indonesia juga melakukan kegiatan edukasi mengenai sopan santun dan kebersihan kepada lebih dari 2.900 anak-anak pantiasuhan sambil menjamu mereka di 53 restoran McDonald’s di 24 kota di Indonesia. McDonald’s Indonesia juga mengajak adik-adik dari Rumah Baca Zhaffa, atau dikenal sebagai McD Library, yang berlokasi di Manggarai, Jakarta Selatan, untuk bermain sambil mengasah keterampilan membuat mainan edukasi.
Tidak hanya anak-anak, program “Community Month” tahun ini juga menjangkau para orang tua. Dalam kegiatan pelayanan kesehatan terpadu dan imunisasi yang diinisiasi oleh Ronald McDonald Care Mobile di Kelurahan Kalibaru, Jakarta Utara, para relawan McFamily memberikan edukasi mengenai gizi seimbang kepada ibu-ibu serta membagikan sejumlah paket makanan dan buku.
Sementara di Ronald McDonald House Lebak Bulus, selain berbagi kebahagiaan bersama para pasien anak yang tinggal rumah singgah, karyawan McDonald’s Indonesia juga menyampaikan informasi seputar gizi dan makanan sehat yang diikuti dengan aktivitas memasak bersama para orang tua dan pengasuh anak.
Associate Director of HR & GS McDonald’s Indonesia, Yan Wibisono, yang berkesempatan menjadi salah satu relawan mengapresiasi kegiatan sosial ini karena selain sejalan dengan nilai dan budaya perusahaan, program ini juga menjadi pengingat untuk selalu berbagi kebahagiaan kepada sesama.
“Saya sangat senang dapat berpartisipasi dalam ‘Community Month’ tahun ini. Program employee volunteering ini memang sangat relevan dengan budaya dan nilai-nilai perusahaan. Kami diberikan kesempatan untuk menerapkan langsung nilai-nilai perusahaan yang selama ini diajarkan, seperti Humble, Humility, dan Humanity. Tak lupa juga, salah satu global value McDonald’s, yaitu Community. Melalui kegiatan ‘Community Month’, kami dapat berinteraksi langsung dengan anak-anak setempat, melatih empati, dan mengingatkan kami untuk selalu memberikan yang terbaik kepada seluruh pencinta McDonald’s yang datang dari berbagai latar belakang," ungkapnya.
“Sesuai dengan nilai utama kami, keluarga dan anak-anak adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari McDonald’s. Oleh karena itu, kami berupaya untuk memberikan kontribusi positif kepada anak-anak di seluruh Indonesia dengan mengajak McFamily untuk menjadi sukarelawan dalam berbagai kegiatan yang kami lakukan. Rangkaian kegiatan ini merupakan gambaran komitmen McDonald's Indonesia untuk menjadi perusahaan yang tidak hanya berfokus pada bisnis, tetapi juga sebagai agen perubahan sosial yang positif. Ke depannya, kami berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan secara rutin dan memberikan dampak lebih besar kepada masyarakat Indonesia,” tutup Meta.